Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Kelas / Semester : V/ 2
Tema 6 : Panas dan Perpindahannya
Subtema 1 : Suhu dan Kalor
Pembelajaran 4 : Bahasa Indonesia (KD.3.3) PKN ( KD. 3.2) dan IPS ( KD. 3.2)
1. Sapaan
Hello, how are you my lovely student?
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yarobbalamin
jangan lupa untuk mengerjakan solat duha dan murojaah ya nak...
2. Apersepsi
Alhamdulillah kita kemarin sudah belajar tentang interaksi sosial dengan lingkungan alam, nah sekarang kita akan membahas pengaruh negatif interaksi manusia dengan lingkungan alam ....
lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya..
3. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengisi diagram berdasarkan bacaan, siswa mampu menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi secara tepat dan jelas.
2. Dengan mengamati lingkungan sekitarnya dan melengkapi tabel, siswa mampu menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan secara tepat.
3. Dengan membaca dan mempresentasikan isi bacaan, siswa mampu menjelaskan makna kewajiban secara percaya diri.
4. Materi Ajar
Bahasa Indonesia
Menjelaskan teks eksplanasi Menggunakan Peta Pikiran
Konsep teks eksplanasi dapat dijelaskan menggunakan peta pikiran. Peta pikiran merupakan cara mencatat yang kreatif, efektif dan memetakan pikiran-pikiran kita.
IPS
Perhatikan gambar- gambar dibawah ini!
Gambar di atas merupakan contoh pengaruh negatif interaksi manusia dengan lingkungan alamnya.
Yaitu perilaku masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan misalnya, dapat merusak lingkungan alam di sekitarnya. Membuang sampah di sungai dan di laut, dapat merusak makhluk hidup
lain yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya dapat membahayakan manusia sendiri.
Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya. Contohnya, terjadi banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah dari kegiatan manusia merupakan salah satu contohnya. Demikian juga dengan bencana tanah longsor, disebabkan karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai. Kebakaran hutan karena kecerobohan manusia pun, menyebabkan kerusakan dan kerugian yang sangat besar.
PKN
Hak dan Kewajiban sebagai Siswa dan Warga Negara
Hak adalah sesuatu yang harus kita terima.
Contoh hak siswa di sekolah antara lain :
1. mendapatkan perhatian atau kasih sayang dari guru
2. mengikuti pelajaran dan mendapatkan pengajaran
3. mengikuti pemilihan atau dipilih menjadi ketua kelas
Hak-hak yang dimiliki oleh warga negara adalah sebagai berikut :
1. hak untuk berpendapat di depan orang banyak
2. hak untuk menggunakan fasilitas umum
3. hak untuk meenganut agama dan melaksanakan ibadah
4. hak untuk memperoleh pendidikan
Kewajiban
Kewajiban adalah sesuatu yang kita lakukan.
berikut ini adalah contoh kewajiban siswa di sekolah :
1. Membuang sampah ke tempat sampah
2. mendengarkan tugas dengan bersungguh -sungguh
3. Mendengarkan pendapat teman saat melakukan diskusi
4. Melaksanakan piket sesuai dengan jadwal
5. bertanya kepada guru dengan santun
selain sebagai siswa, kita juga memiliki kewajiban sebagai warga negara. Kewajiban sebagai warga negara dapat dilakukan dengan menaati peraturan. berikut ini contoh kewajiban yang harus di lakukan oleh warga negara :
Contoh soal
1.Sebutkan contoh interaksi manusia dengan lingkungan alam yang dapat merusak alam adalah ...
alternatif jawaban : membuang sampah sembarangan, menebang pohon secara liar
2. Sebutkan contoh kewajiban siswa di sekolah dan hak yang akan diperoleh
alternatif jawaban :
5.contoh soal :
Sebutkan 3 contoh hak di sekolah ...
1. mendapatkan perhatian atau kasih sayang dari guru
2. mengikuti pelajaran dan mendapatkan pengajaran
3. mengikuti pemilihan atau dipilih menjadi ketua kelas
6. Evaluasi
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut ....
a. konduksi
b. kolarasi
c. isolator
d. konduktor
2. Bahan yang digunakan untuk pegangan setrika bersifat ....
a. isolator
b. konduktor
c. mudah berkarat
d. penghantar listrik
3. Benda ini bersifat isolator. Benda ini memiliki sifat ringan, lentur, dan tahan terhadap panas. Benda tersebut adalah ....
a. kaca
b. karet
c. besi
d. aluminium
4. Perhatikan sifat-sifat benda berikut!
(1) Termasuk bahan konduktor
(2) Kedap air.
(3) Tidak sebaik logam sifat konduktornya.
(4) Tembus pandang.
Benda yang memiliki sifat-sifat tersebut adalah ....
a. kaca
b. seng
c. buku
d. kayu
5. Kita sering menggunakan bahan konduktor dan isolator dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu
benda tersebut adalah setrika. Bagian setrika yang dapat menghantarkan panas adalah ....
a. alat pemutar panas
b. bagian dasar
c. bagian atas
d. pegangan
1. Benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut ....
a. konduksi
b. kolarasi
c. isolator
d. konduktor
2. Bahan yang digunakan untuk pegangan setrika bersifat ....
a. isolator
b. konduktor
c. mudah berkarat
d. penghantar listrik
3. Benda ini bersifat isolator. Benda ini memiliki sifat ringan, lentur, dan tahan terhadap panas. Benda tersebut adalah ....
a. kaca
b. karet
c. besi
d. aluminium
4. Perhatikan sifat-sifat benda berikut!
(1) Termasuk bahan konduktor
(2) Kedap air.
(3) Tidak sebaik logam sifat konduktornya.
(4) Tembus pandang.
Benda yang memiliki sifat-sifat tersebut adalah ....
a. kaca
b. seng
c. buku
d. kayu
5. Kita sering menggunakan bahan konduktor dan isolator dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu
benda tersebut adalah setrika. Bagian setrika yang dapat menghantarkan panas adalah ....
a. alat pemutar panas
b. bagian dasar
c. bagian atas
d. pegangan
6. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga soleh soleha sudah memahami materi teks eksplanasi, pengaruh negatif interaksi manusia dengan lingkungan alam, serta hak dan kewajiban seorang siswa dan warga negara, jangan lupa melaksanakan shalat 5 waktu dan murojaah ya nak :)
Wassalamualaikum.wr.wb.
0 komentar:
Posting Komentar