Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Kelas / Semester : V/ 2
Tema 6 : Panas dan Perpindahannya
Subtema 1 : Suhu dan Kalor
Pembelajaran 5 : IPA, PKN ( KD. 3.2), Bahasa Indonesia (3.3) dan SBdP ( KD. 3.2)
1. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membuat kesimpulan dari bacaan, siswa mampu menyajikan ringkasan teks penjelasan secara tepat dan mudah dimengerti.
2. Dengan menuliskan tanggung jawabnya, siswa mampu memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari secara benar.
3. Dengan melengkai tabel tangga nada, siswa mampu menentukan jenis tangga nada pada musik yang diperdengarkan secara benar.
4. Dengan mengamati energi panas, siswa dapat mempelajari manfaat energi panas
2. Sapaan
Hello, how are you my lovely student?
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yarobbalamin
jangan lupa untuk mengerjakan solat duha dan murojaah ya nak...
3. Apersepsi
Alhamdulillah kita kemarin sudah belajar tentang hak dan kewajiban, sekarang kita akan belajar materi mengenai tanggung jawab ya nak ...
lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya..
4. Materi Ajar
IPA
Ayo Mengamati
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Gambar halaman 49
Berdasarkan gambar di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut!
1. Bagaimana ukuran kedua panci tersebut?
2. Manakah panci yang berisi air lebih banyak? A atau B?
3. Jika kedua panci berisi air itu dididihkan, panci manakah yang akan memerlukan waktu lebih lama untuk mendidihkan air di dalamnya?
4. Mengapa?
5. Bagaimana hubungan antara energi panas yang dibutuhkan untuk mendidihkan air di dalam panci dengan suhu air di dalamnya? (Air mendidih pada suhu 100°C).
6. Apakah kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan di atas?
PKN
Perhatikanlah kedua gambar di atas dengan saksama!
Apakah yang dapat kamukatakan mengenai kedua gambar di atas?
Setiap warga yang tinggal dalam sebuah masyarakat tertentu, memiliki tanggung jawab sebagai anggota masyarakat tersebut. Demikian juga sebagai warga Negara Republik Indonesia. Apakah yang dimaksud dengan tanggung jawab? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tanggung jawab adalah keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun yang dilakukan bersama dengan orang lain. Oleh karenanya, tanggung jawab warga negara berhubungan dengan perannya di dalam masyarakat.
Contoh tanggung Jawab seorang siswa dan seorang warga negara antara lain :
1. Menaati peraturan yang telah ditetapkan, baik oleh sekolah maupun oleh negara
2. Mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3. Melaksanakan tugas dengan disiplin dan tanpa menunda-nunda waktu.
4. Selalu mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan sendiri.
5. Menghormati hak-hak orang lain.
BAHASA INDONESIA
Membuat ringkasan teks eksplanasi dengan langkah sebagai berikut ini :
1. Membaca isi keseluran teks
2. Menentukan kata – kata kunci pada teks yang kamu anggap penting
3.Menjawab pertanyaan – pertanyaan yang berkaitan dengan teks
4. Membuat ringkasan
SBdP
Tangga Nada Pelog
Tangga nada pelog adalah tangga nada yang memiliki 5 nada dan digunakan dalam musik gamelan Jawa dan Bali. Berikut ini adalah susunan nada pelog sebagai berikut.
Contoh lagu daerahnya :" Gambang Suling" dari Jawa Tengah , "Tari Bali" dari Bali, "Jamura" dari Jawa Tengah dan Jawa Timur
Contoh soal :
1. Sebutkan contoh sikap tanggung jawa seorang siswa ?
2. Sebutkan susunan nada pelog?
alternatif jawaban nomor 1:
1. mengerjakan tugas dengan disiplin tanpa menunda-nunda
2. menaati tata tertib / peraturan sekolah
alternatif jawaban nomor 2 : do mi fa sol si do
5.Contoh soal :
Contoh soal :
1. Sebutkan contoh sikap tanggung jawa seorang siswa ?
2. Sebutkan susunan nada pelog?
alternatif jawaban nomor 1:
1. mengerjakan tugas dengan disiplin tanpa menunda-nunda
2. menaati tata tertib / peraturan sekolah
alternatif jawaban nomor 2 : do mi fa sol si do
6. Evaluasi
Tuliskan contoh sikap tanggung jawab sebagai seorang siswa dan seorang warga negar
1. Pada saat menyeduh kopi, ternyata dinding luar cangkir kaca yang kita gunakan sebagai wadahnya juga ikut panas. Kesimpulan yang dapat ditarik dalam peristiwa tersebut adalah ....
a. pada cangkir kaca terjadi perambatan panas secara konduksi
b. cangkir kaca dapat menghantarkan panas secara konveksi
c. cangkir kaca tersebut bermutu tinggi
d. harga cangkir tersebut murah
2. Kayu digunakan untuk membuat gagang sudip. Hal ini karena kayu bersifat ....
a. tidak mudah meleleh
b. menyerap panas
c. menahan panas
d. kuat dan keras
3. Terjadinya angin darat merupakan contoh perpindahan panas secara ....
a. konduksi
b. konveksi
c. radiasi
d. isolasi
4. Pada saat kita berjemur di bawah sinar matahari, maka lama-kelamaan kulit akan terasa hangat. Hal ini merupakan contoh perpindahan panas secara ....
a. konduksi
b. konveksi
c. radiasi
d. isolasi
5. Warna pakaian yang paling mudah menyerap panas matahari adalah ....
a. abu-abu
b. putih
c. kuning
d. hitam
6. Temperatur udara di siang hari sangat panas, Untuk mengurangi efek panas, sebaiknya menggunakan pakaian yang longgar dan berwarna ....
a. pakaian yang ketat berwarna gelap
b. pakaian yang longgar dan berwarna putih
c. jaket bulu kapas buatan
d. jaket kulit yang tebal
7.
Soal Tematik Kelas 5 Tema 6 Mapel IPA dan Kunci Jawaban Gambar 1
Bagian yang diberi huruf A terbuat dari ....
a. besi
b. kayu
c. plastik
d. aluminium
8. Perpindahan kalor secara konveksi terjadi pada ..
a. gas secara pancaran
b. zat cair secara aliran
c. zat padat secara rambatan
d. ruang hampa neraca pancaran
9. Sendok terasa panas saat digunakan untuk mengaduk teh panas. Hal ini membuktikan terjadinya aliran panas secara ....
a. radiasi
b. konduksi
c. konveksi
d. konveksi dan radiasi
10. Bahan yang digunakan pada peralatan wajan tergolong dapat menghantarkan panas. Peralatan tersebut terbuat dari bahan ....
a. kayu
b. karet
c. plastik
d. aluminium
7. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga soleh soleha sudah memahami materi tanggung jawab, tangga nada slendro, jangan lupa melaksanakan shalat 5 waktu dan murojaah ya nak :)
Wassalamualaikum.wr.wb.
0 komentar:
Posting Komentar