topbella

Minggu, 14 Januari 2024

MATERI AJAR SENIN, 15 JANUARI 2024

 


SATUAN PENDIDIKAN.       : SD  Al Azhar 3 Bandar Lampung

TEMA 6                                 :  Panas dan Perpindahannya

SUB TEMA 1                        :  Suhu dan Kalor

PEMBELAJARAN 3             : Bahasa Indonesia KD 3.3 PKN (3.2),  dan IPS (3.2)

 1. Sapaan 

Hello, how are you my lovely student?
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yarobbalamin 
jangan lupa untuk mengerjakan solat duha dan murojaah ya nak...

2. Apersepsi 
Alhamdulillah kita kemarin sudah belajar tentang teks perbedaan suhu dan panas , nah hari ini kita akan membahas materi tentang perbendaan  suhu dan panas....

lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya..


3. Tujuan Pembelajaran  :

1. Dengan membuat kesimpulan dari bacaan “Manusia dengan Lingkungan Alam”, siswa mampu menyajikan ringkasan teks penjelasan secara benar. 

2. Dengan melakukan kegiatan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi  interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya secara benar.  

3. Dengan kegiatan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan makna hak sebagai siswa dan warga negara secara benar.


4. Materi Ajar 
Bahasa Indonesia

Perhatikanlah gambar di atas! Buku merupakan salah satu media cetak yang menjadi sumber informasi yang paling sering digunakan masyarakat hingga saat ini. Perhatikan kembali gambar pada buku di atas. Tahukah kamu bahwa matahari adalah sumber energi yang tidak pernah habis dan diperlukan oleh seluruh makhluk hidup yang ada di bumi, termasuk masyarakat Indonesia? Manusia dan lingkungan sekitar memerlukan sumber energi panas untuk kelangsungan hidupnya. 



IPS 
Matahari adalah sumber kehidupan yang memungkinkan lingkungan manusia berjalan sebagaimana mestinya.  Lingkungan manusia terdiri atas lingkungan alam dan juga lingkungan masyarakat. Lingkungan masyarakat tempat kita tinggal dipengaruhi oleh kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya.
Perhatikan gambar dibawah ini adalah contoh kegiatan interaksi manusia dengan lingkungan alam. 
Hubungan antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua. Pertama hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam. Kedua adalah hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya. Salah satu cara manusia untuk menyesuaikan diri dengan alam, adalah dengan mempelajari peristiwa alam yang ada di lingkungannya.

PKN
Konvensi Hak Anak, merupakan sebuah dokumen yang dibuat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang secara resmi memberikan hak-hak kepada anak-anak sedunia. Hak anak dikelompokkan dalam 4 golongan, yaitu:
1.  Hak Kelangsungan hidup
2. Hak Perlindungan
3. Hak Tumbuh Kembang
4. Hak Berpartisipasi

Hak- hak  sesorang siswa 
Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Setiap anak yang menjadi warga negara berhak atas kesempatan untuk mengikuti pendidikan. 

Menurut Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990, yang dimaksud dengan hak-hak siswa adalah hak untuk:
1. mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya;
2. memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang  dianutnya;
3. mengikuti program pendidikan yang bersangkutan atas dasar  pendidikan berkelanjutan, baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan;
4. mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku;
5. pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak dimasuki;
6. memperoleh penilaian hasil belajarnya;
7.  menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang  ditentukan;
8. mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.


5.contoh soal
Apa sajakah hak anak Menurut konvensi anak?
Jawaban
1.  Hak Kelangsungan hidup
2. Hak Perlindungan
3. Hak Tumbuh Kembang
4. Hak Berpartisipasi


6. Evaluasi / Latihan Soal
1. sebutkan contoh kegiatan interaksi dengan lingkungan alam ?
2. Sebutkan 3 hak seorang siswa di sekolah 

7. Penutup

Demikian pembelajaran hari ini semoga soleh soleha sudah memahami materi interaksi dengan lingkungan alam, macam-macam hak anak dan hak siswa dan jangan lupa melaksnakan shalat   5 waktu ya nak
 Wassalamualaikum.wr.wb.

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku