topbella

Selasa, 28 Maret 2023

MATERI AJAR RABU, 29 MARET 2023

Hari, tanggal : Rabu, 29 Maret 2023
Kelas : 3A
Tema : Perkembangan Teknologi (7)
Subtema : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan (1)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, MTK, SbdP
Pembelajaran : 3


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Apersepsi :

Pada hari kemarin kita sudah belajar tema 7 materi tentang perkembangan teknologi produksi pangan dan keberagaman dalam kebiasaan makanan anak anak sudah mewawancarai guru mengenai macam macam makanan. Hari ini anak anak akan lanjutkan materi tema 7 subtema 1 pembelajaran 3 tentang macam macam pengolahan produksi pangan, menentukan luas permukaan bidang dan memahami pola irama dalam lagu tukang sayur.


Tujuan Pembelajaran :

1. siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi mengenai teknologi produksi pangan dengan memperhatikan penggunaan kaidah Ejaan Bahasa Indonesia yang tepat.

2. Dengan mengamati banyak satuan luas yang menutupi suatu daerah, siswa dapat menemukan luas suatu daerah. 

3. Dengan mendengarkan lagu “Tukang Sayur”, siswa dapat mengenal pola irama sebuah lagu dengan tepat dan percaya diri.


Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 

Lets check this video

Hari ini, rumah Lani dikunjungi oleh bibi. Udin, Edo, Beni, Dayu, dan Siti juga berkunjung ke rumah Lani. Mereka berkumpul di ruang makan.

Bibi Lani bekerja di pabrik pengolahan makanan. Bibi menceritakan macam-macam cara mengolah bahan makanan. Bibi menunjukkan teks bacaan tentang teknologi pangan. Udin, Edo, Beni, Dayu, Siti, dan Lani membaca bersama-sama.

Setelah membaca teks diatas, Kelompokkan jenis makanan hasil panen dan makanan hasil teknologi pangan.

Tuliskan hasilnya pada tabel berikut!

Setelah membaca dan bercerita tentang teknologi pangan, Lani mengajak teman-teman bernyanyi bersama. Bibi Lani memperkenalkan sebuah lagu baru. 

Masih ingatkah kamu arti dari pola irama? Pola Irama adalah susunan sekelompok bunyi yang muncul berulang-ulang secara teratur dalam sebuah lagu.

Apakah lagu “Tukang Sayur” memiliki pola irama yang berbeda? Nyanyikan lagu tersebut secara bergantian dengan temanmu.Iringi nyanyian temanmu dengan berbagai gerakan untuk menunjukkan pola irama berbeda. Pola irama 1 diiringi dengan tepuk tangan. Pola irama 2 diiringi dengan petikan jari.

Pada lirik lagu tersebut, pola irama yang berbeda ditandai dengan gambar alat musik yang berbeda.


Setelah bernyanyi anak-anak akan mempelajari tentang luas permukaan bidang. Makanan tempe berasal dari bahan kacang kedelai yang sudah diolah melalui teknologi pangan. Tempe yang berbentuk persegi, dapat dipotong menjadi bentuk segitiga.

Amati bentuk di bawah ini!


Ayo Berlatih!

Hitunglah luas permukaan bidang berikut.


Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar Tema 7 Subtema 1 pembelajaran 3 tentang informasi mengenai macam macam olahan dari perkembangan teknologi produksi pangan, menentukan luas permukaan bidang dan memahami pola irama melalui sebuah lagu. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini besok kita akan belajar tema 7 subtema 1 pembelajaran 4 tentang informasi teknologi pangan proses pengolahan singkong dan keberagaman pakaian adat.


Penutup:

Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. Tetap semangat puasa nya ya!🙆

Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku