topbella

Rabu, 29 Maret 2023

MATERI AJAR KAMIS, 30 MARET 2023

Hari, tanggal : Kamis, 30 Maret 2023
Kelas : 3A
Tema : Perkembangan Teknologi (7)
Subtema Perkembangan Teknologi Produksi Pangan (1)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PPKn
Pembelajaran : 4
Apersepsi :
Pada hari kemarin kita sudah belajar tema 7 materi baru tentang macam macam hasil perkembangan teknologi produksi pangan. Hari ini anak anak akan lanjutkan materi tema 7 subtema 1 pembelajaran 4 tentang cara pengolahan makanan singkong dan keberagaman dalam pakaian adat. 

Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi mengenai teknologi produksi pangan dengan tepat.
2. Siswa dapat membedakan keberagaman dalam berpakaian sesuai dengan daerah

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video

Pagi ini, Udin dan teman-teman bersemangat.
Pakaian yang mereka kenakan berbeda dari
biasanya. Pakaian mereka berwarna-warni.
Semua siswa kelas 3 diminta memakai pakaian
daerah. Udin memakai baju dari daerah Sunda.
Edo memakai baju dari Papua. Dayu memakai
pakaian adat Bali. Demikian pula dengan Beni,
Siti, Lani, dan yang lainnya. 
Mereka juga membawa makanan khas daerah.
Udin membawa combro dari Sunda. Edo membawa kue sagu dari Papua. Dayu menyiapkan sate lilit dari Bali. Beni membawa panada dari Manado. Siti membawa keripik singkong dari Padang. Tak ketinggalan, Lani membawa kue keranjang yang merupakan makanan khas Tionghoa.
Pada hari itu, semua siswa tampil berbeda. Satu
sama lain bertukar cerita tentang daerah di
Indonesia. Ternyata, setiap pakaian dan makanan daerah, memiliki ciri khas masing-masing. Perbedaan bukanlah hal yang harus
diperdebatkan. Walau setiap siswa berasal dari
daerah yang berbeda, namun satu sama lain tetap saling menghargai. Tidak ada yang merasa lebih baik ataupun lebih hebat. 

Ayo Mengamati
Amati gambar dan informasi berikut!
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari teks tersebut:
• Apakah pakaian yang dikenakan oleh Bapak Presiden beserta para undangan menunjukkan keragaman Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)?
• Apakah penting bagi kita untuk menghargai keragaman?

Setelah mempelajari tentang keberagaman pakaian daerah sekarang anak anak belajar cara pengolahan pangan singkong.
Bacalah teks berikut.
Tentukan kalimat utama dari teks bacaan di atas
1. Paragraf 1 : Di daerah Sumatera Barat, singkong diolah menjadi berbagai macam makanan.
2. Paragraf 2 :
____________________________________________
____________________________________________
____________________________________________
3. Paragraf 3 :
____________________________________________
____________________________________________
____________________________________________

Buatlah ringkasan dari isi teks “Pengolahan Singkong”!
Ceritakan ringkasan yang telah kamu buat di hadapan teman-temanmu!
_____________________________________________
_____________________________________________
_____________________________________________
_____________________________________________

Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar Tema 7 Subtema 1 pembelajaran 4 tentang informasi mengenai pengolahan singkong dan keberagaman dalam pakaian daerah. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini besok kita akan belajar tema 7 subtema 1 pembelajaran 5 tentang informasi pengolahan teknologi pangan susu sapi , mengenal volume benda dan keragaman dalam ciri dan sifat dalam kehidupan sehari-hari.

Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 
Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku