topbella

Kamis, 30 Maret 2023

MATERI AJAR JUM'AT, 31 MARET 2023

Hari, tanggal : Jum'at, 31 Maret 2023
Kelas : 3A
Tema : Perkembangan Teknologi (7)
Subtema Perkembangan Teknologi Produksi Pangan (1)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PPKn, MTK
Pembelajaran : 5 & 6
Apersepsi :
Pada hari kemarin kita sudah belajar tema 7 materi baru tentang ara pengolahan makanan singkong dan keberagaman dalam pakaian adat. Hari ini anak anak akan lanjutkan materi tema 7 subtema 1 pembelajaran 5 dan 6 tentang cara pengolahan makanan tempe, memahami volume benda dan keberagaman dalam sifat dan ciri setiap individu. 

Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi mengenai teknologi produksi pangan dengan tepat.
2. Siswa dapat membedakan keberagaman dalam sifat dan ciri setiap individu. 
3. Siswa dapat memahami tentang volume benda

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video
Setiap individu memiliki kebiasaan dan kesukaan yang berbeda-beda.
Sifat dan ciri setiap individu juga amat beragam. Beragam artinya bermacam-macam.  Dengan memahami keberagaman atau macam- macam sifat dan ciri-ciri setiap individu, sifat tenggang rasa dalam diri kita akan terasah. Tenggang
rasa artinya kita dapat menghargai perasaan orang lain. 

Ayo Berdiskusi
Bacalah teks bacaan berikut!
Setelah membuat tempe, Siti dan teman-teman akan mengolah tempe yang sudah jadi. Mereka membayangkan menu masakan yang akan dibuat dari tempe. Siti ingin membuat tempe balado karena Siti suka pedas. Edo ingin membuat semur tempe karena Edo suka rasa manis. Lani ingin membuat tempe asam manis karena Lani suka rasa asam dari saus tomat. Beni, Dayu, dan Udin, lebih suka tempe yang digoreng. Rasanya asin dan gurih. Siti memaksa ingin membuat tempe balado. 
Demikian pula, Edo tetap bertahan ingin membuat semur tempe. Karena tidak ada yang mau mengalah, hampir saja tempe tidak jadi diolah. Keinginan setiap orang berbeda-beda. Jika setiap orang memaksakan kehendak, akan terjadi
pertengkaran. 
Akhirnya, Siti dan kawan-kawan berdiskusi untuk menentukan jenis masakan yang akan dibuat. Siti tidak ingin memaksakan kehendak. Siti paham bahwa tidak semua orang suka pedas. Siti memiliki tenggang rasa terhadap teman-temannya. Begitu pula Edo dan Lani, mereka tidak memaksakan keinginan pribadi. Dari hasil diskusi, semua sepakat untuk membuat tempe mendoan. 
Perbedaan sifat dan kebiasaan dapat menimbulkan pertengkaran jika tidak ada yang mau mengalah. Sikap itu tentu saja tidak baik. Perbedaan sifat dan  kebiasaan tidak akan menjadi masalah, jika bertoleransi terhadap sifat dan kebiasaan orang lain. Tenggang rasa adalah sikap mau memahami
keadaan orang lain.

Diskusikan dengan temanmu mengenai hal baik dan tidak baik yang mungkin terjadi jika terdapat perbedaan sifat dan kebiasaan dari tiap orang!
Sikap yang perlu ditiru memberikan akibat yang positif atau baik. Sikap yang harus dihindari adalah sikap yang dapat memberikan akibat negatif atau tidak baik.


Setelah belajar keragaman sikap dan ciri setiap individu, sekarang anak anak belajar mengenai cara pengolahan membuat tempe. Berikut video membuatnya!

Lengkapi kalimat di bawah ini!
Gunakan kata-kata dalam kotak untuk membantumu. 

Kesimpulan:
Ayo Mengamati!
Volume Benda
Setelah bermain peran, Beni merasa haus. Dia ingin membeli susu. Beni melihat susu disimpan dalam berbagai kemasan.
Contoh:

Ayo Berlatih
1. Lingkari gambar yang memiliki volume lebih banyak!
2. 
Urutkan kotak susu di atas mulai dari kotak yang bervolume paling sedikit hingga kotak yang bervolume paling banyak!
3. Urutkan mulai dari gelas yang memiliki volume paling banyak hingga volume yang paling sedikit!

Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar Tema 7 Subtema 1 pembelajaran 5 dan 6 tentang informasi mengenai cara membuat tempe, memahami volume benda dan keberagaman dalam sikap ciri setiap individu. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini besok kita akan belajar tema 7 subtema 2 pembelajaran 1 tentang informasi pengolahan teknologi sandang tetapi sebelum masuk ke subtema yang baru kita ph terlebih dahulu ya anak sholih sholihah. Jangan lupa belajar...

Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 
Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku