topbella

Rabu, 25 Januari 2023

MATERI AJAR KAMIS, 26 JANUARI 2023

Hari, tanggal : Kamis, 26 Januari 2023
Kelas : 3A
Tema : Cuaca (5)
Subtema : Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia (3)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PKn, Matematika
Pembelajaran : 6

Apersepsi : 
Pada kemarin kita sudah belajar amacam macam tarian nusantara dan melengkapi informasi melalui sebuah cuaca. Hari ini anak anak akan melanjutkan materi tentang Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 6 Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia mengenai surat yang berakitan dengan perubahan cuaca, sikap tolong menolong kepada sesama, dan penjumlahan pecahan. 

Tujuan Pembelajaran :
Tujuan dari pembelajaran hari ini anak anak dapat menuliskan makna dari kata kata yang berkaitan dengan cuaca melalui sebuah surat, siswa juga dapat menuliskan sikap tolong menolong kepada sesama walaupun berbeda suku bangsa serta siswa dapat menyelesaikan soal penjumlahan pecahan. 
Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video
Menolong sesama adalah perbuatan mulia. Untuk menolong sesama, kita tidak boleh pilih-pilih. Apa pun latar belakang suku dan daerah asalnya. Perbedaan warna kulit bahkan agamanya. Kita wajib menolongnya.
Ini yang dilakukan oleh Udin dan teman-teman. Mereka mendapat kabar tentang pengungsi Gunung Agung. Mereka segera bergerak menghimpun bantuan.

Apakah kamu pernah menunjukkan sikap menolong selama ini?
Tuliskan sikap menolong yang pernah kamu lakukan. Setelah itu jawablah pertanyaan dibawah ini sesuai dengan pengalaman anak sholih-sholihah menolong seseorang.
Dayu akan membawa bantuan teman-teman SD Nusantara. Ayah akan mengendarai mobil ke Bali. Dibutuhkan waktu 48 jam perjalanan ke Bali dari
Jakarta.
Yuk, kita temani Dayu selama perjalanan ke Bali. 
Selesaikan soal hitungan di bawah ini.
1. Ibu membawa melon untuk bekal di jalan. Melon dipotong menjadi 8 bagian. Dayu makan 2 dari 8 bagian melon. Ayah makan 3 dari 8 bagian melon. Berapa jumlah melon yang telah dimakan Ayah dan Dayu? 
2/8 + 3/8 = 5/8

2. Selama perjalanan Dayu tak henti makan kue lapis. Satu loyang kue lapis dipotong menjadi 12 bagian. Dayu makan 4 bagian kue lapis. Ibu
12 makan 2. 12 bagian kue lapis. Berapa bagian kue yang telah dimakan Ibu dan Dayu?''

3. Dayu membawa bekal 15 batang cokelat untuk dinikmati selama perjalanan. Dayu telah memakan 5 batang cokelat. Ibu dan ayah menghabiskan 5 batang juga. Berapa bagian cokelat yang telah dihabiskan? Masih tersisa berapa bagian untuk diberikan pada saudara di Bali?

4. Selesaikan operasi hitungan berikut ini!
a. 3/4 + 4/4 = ...
b. 2/10 + 3/10 =....
c. 1/5 + 4/5 =

Setelah menyelesaikan soal diatas, Siti dan teman-teman menitipkan barang bantuan untuk warga Bali. Mereka juga menitipkan surat untuk Komang, sepupu Dayu.

Temukan kata-kata yang berhubungan dengan cuaca dalam surat di atas.
Tuliskanlah kata-kata tersebut pada awan-awan yang berarak di halaman berikut ini!
Jelaskan makna kata-kata dari surat tersebut. 

Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah ternyata sudah belajar pengaruh perubahan cuaca, sikap tolong menolong Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, besok kita akan PH tema 5 subtema 3 pembelajaran 1- 6 mengenai Pengaruh Perubahan cuaca bagi Kehidupan manusia.

Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku