topbella

Selasa, 24 Januari 2023

MATERI AJAR RABU, 25 JANUARI 2023

Hari, tanggal : Rabu, 25 Januari 2023
Kelas : 3A
Tema : Cuaca (5)
Subtema : Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia (3)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PKn, Matematika
Pembelajaran : 5

Apersepsi : 
Pada hari jumat kemarin kita sudah belajar akibat pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia dan mengenal macam suku bangsa. Hari ini anak anak akan melanjutkan materi tentang Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 5 Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia mengenai percakapan perubahan cuaca, beragam tari nusantara, dan penjumlahan pecahan. 

Tujuan Pembelajaran :
Tujuan dari pembelajaran hari ini anak anak dapat melengkapi percakapan perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia, siswa juga dapat mengenal dan menirukan beragam tari dari nusantara serta siswa dapat menyelesaikan soal penjumlahan pecahan. 
Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video
Sepulang sekolah, Siti menonton berita di televisi. Pembawa acara menyampaikan prakiraan cuaca hari ini. Cuaca di daerah Siti diperkirakan hujan. Awalnya, Siti berencana bermain sepeda bersama Lani. Setelah mendengar prakiraan cuaca di televisi. Siti mengurungkan niatnya. Ia akan menelepon Lani
untuk membatalkan rencana mereka.
Simaklah percakapan di telepon antara Siti dan Lani.
Lengkapi kalimat yang rumpang dengan kata yang ada pada kotak di bawah ini!

Siti membatalkan rencana bersepeda bersama Lani. Ia menggantinya dengan membaca buku. Buku yang baru dibeli Ayah kemarin.
Selain hobi membaca, Siti juga suka menari. Ayah menghadiahi Siti sebuah buku. Buku itu bercerita tentang tarian tradisional Indonesia.
Tahukah kamu tarian apa saja yang ada di Indonesia?
Tarian Nusantara sangat beragam. Kita boleh mempelajarinya. Tidak selalu harus sesuai dengan daerah asal kita. 

Latihan menari sungguh menyenangkan. Ini dapat dijadikan kegiatan alternatif di saat hujan. Selesai berlatih, Siti beristirahat sejenak. Siti menikmati buah semangka yang telah disiapkan oleh Ibu. Satu buah semangka, awalnya dipotong menjadi 2 bagian. Lalu dipotong lagi menjadi 4 bagian. Siti baru memakan seperempat bagian. Ia akan melanjutkan seperempat bagian lagi setelah makan malam. 
Pernyataan di atas dapat kita tulis dalam bentuk operasi matematika.
Selesaikanlah soal-soal di bawah ini. Lakukan dengan menulis bentuk operasi matematika. Lalu tentukan hasilnya!
1. Seorang petani memiliki sepetak sawah. Ia mencangkul 1 bagian sawah. Kemudian, ia 2 mencangkul lagi 4 bagian sawah. Berapa bagian sawah yang telah dicangkul petani?
_______________________________________
2. Beni memiliki pohon rambutan yang sedang berbuah. Beni berhasil memetik 1
Sementara ayah berhasil memetik keranjang 3 . Berapa jumlah rambutan yang berhasil dipetik Beni dan ayah?
_______________________________________
3. Ibu dan Siti akan membuat kue bolu. Ibu menghabiskan 3 kg tepung untuk satu loyang kue bolu. Ibu akan membuat 3 loyang kue bolu. Berapa jumlah tepung yang ibu butuhkan untuk 3 loyang kue bolu?

Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah ternyata sudah belajar melengkapi pengaruh perubahan cuaca, macam macam tarian nusantara dan penjumlahan pecahan.  Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, besok kita akan belajar tema 5 subtema 3 pembelajaran 6 masih mengenai Pengaruh Perubahan cuaca bagi Kehidupan manusia, penjumlahan pecahan dan sikap tolong menolong kepada sesama

Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku