topbella

Kamis, 26 Januari 2023

MATERI AJAR JUM'AT, 27 JANUARI 2023

Hari, tanggal : Jum'at, 27 Januari 2023
Kelas : 3A
Tema : Cuaca (5)
Subtema : Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia (3)
Muatan Pelajaran : B.Indonesia, PKn, MTK dan SBdP

Apersepsi : 
Pada hari kemarin kita sudah belajar Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia mengenai menuliskan makna dalam perubahan cuaca,  penjumlahan pecahan dan sikap tolong menolong dalam kehidupan. Hari ini kita belajar dirumah dulu ya, semoga tetap semangat karena hari ini kita akan mengulas Tema 5 Subtema 3 tentang Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia. 

Tujuan Pembelajaran :
Tujuan dari pembelajaran hari ini anak anak dapat memahami informasi tentang perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia, dan siswa dapat menjumlahkan sebuah pecahan yang berpenyebut sama, siswa dapat menyebutkan keanekaragaman suku, budaya, tarian, rumah, makanan Indonesia serta siswa dapat mengidentifikasi kombinasi unsur seni dekoratif yaitu garis, bidang dan warna.

Kita baca doa terlebih dahulu ya anak sholih sholihah
Anak anak sholih-sholihah sudah selesai Tema 5 subtema 3 tentang Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia jadi di hari senin anak anak akan melakukan penilaian harian, tujuan dilakukan PH untuk mengetahui kemampuan anak anak apakah sudah paham atau belum tentang Tema 5 Subtema 3 ini. Jadi hari ini anak sholih sholihah meriview Subtema 3.

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video
PKn
Indonesia adalah negara yang memiliki banyak suku bangsa. Tiap suku bangsa juga memiliki beragam kebudayaan, serta bahasa, bentuk rumah, makanan tradisional, pakaian adat, yang berbeda-beda. Keragaman itu seharusnya tidak membuat kita berpecah-belah, justru keragaman itu menjadikan kita kuat dan bersatu. 
Berikut tabel keragaman suku bangsa dan tari di Indonesia.

Semboyan kita "Bhineka Tunggal Ika" yang berarti "Walaupun berbeda-beda namun tetap satu jua" itu, juga harus kita praktikkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkungan sekolah,  rumah, masyarakat, bangsa dan negara. Karena dengan bekerja sama, pekerjaan yang berat akan terasa ringan untuk dikerjakan, akan terasa lebih mudah jika dikerjakan bersama, pekerjaan jadi lebih cepat selesai dan dapat mempererat persatuan dan kesatuan.

Sekarang anak sholih-sholihah tuliskan contoh kerjasama dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkungan sekolah dan lingkungan rumah.
Bahasa Indonesia
Indonesia merupakan negara beriklim tropis. Cuaca berubah-ubah. Terkadang panas, berawan, mendung, atau hujan. Keadaan cuaca dipengaruhi oleh tiga unsur. Ketiganya adalah matahari, angin, dan air. Cuaca saat ini memang mudah berubah. Hujan turun sepanjang hari. Saluran air tak mampu menampung air hujan. Akibatnya jika terus menerus hujan maka akan terjadi banjir dan perubahan cuaca yang tiba tiba atau biasa disebut dengan cuaca ekstrim dapat mengakibatkan sakit, maka dari itu kita harus menjaga tubuh kita dengan makan-makanan yang bergizi, berolahraga dan berisirahat yang cukup. 

MTK
Selesaikanlah soal-soal di bawah ini. 

SBdP
Poster adalah sebuah karya dua dimensi, isinya berupa ajakan untuk melakukan kebaikan. Misalnya, ajakan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan; menghemat air; hemat listrik; gemar membaca buku; membuang sampah di tempat sampah; menjaga sungai tetap bersih; gemar menabung; dan sebagainya. Dalam membuat  poster anak anak harus memahami dulu unsur seni dekoratif dari mulai garis, bidang, titik dan warna.
contoh Poster:
Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah ternyata sudah belajar tema 5 subtema 3 mengenai pengaruh perubahan cuaca, penjumlahan pecahan, keanekaragaman suku, makanan dan tarian nusantara dan unsur dalam seni dekoratif. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, dihari senin kita akan PH tema 5 subtema 3 terlebih dahulu sebelum masuk ke pembelajaran baru dalam subtema 4 dengan membuat kreasi 3 dimensi, jadi anak anak dihari senin membawa kain flanel, gunting, jarum jahit, benang, kardus ukuran 23x30 cm dan lem tembak (jika ada). 

Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku