topbella

Kamis, 12 Januari 2023

MATERI AJAR JUM'AT, 13 JANUARI 2023

Hari, tanggal : Jum'at, 13 Januari 2023
Kelas : 3A
Tema : Cuaca (5)
Subtema : Perubahan Cuaca (2)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PPKn
Pembelajaran : 4

Apersepsi : 
Pada hari kemarin kita sudah belajar dampak perubahan cuaca yang berubah-ubah dan dapat berdampak dalam kegiatan manusia dan bisa menjelaskan manfaat dari bersatu dalam keberagaman. Hari ini anak anak akan melanjutkan materi tentang Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 4 mengenai menuliskan pengalaman aktivitas dalam keberagaman sikap bersatu dan menemukan kata/istilah dalam artikel perubahan cuaca.

Tujuan Pembelajaran :
Tujuan dari pembelajaran hari ini anak anak dapat menemukan sebuah kata/istilah dalam suatu artikel dan siswa dapat menuliskan sebuah pengalaman aktivitas dalam keberagaman sikap bersatu.
Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video
Cuaca begitu mendung. Angin bertiup cukup kencang. Udara terasa lebih dingin. Edo dan teman-teman memakai jaket saat berjalan ke sekolah. Mereka juga membawa artikel koran. Artikel tentang pengaruh perubahan cuaca bagi kehidupan manusia. Saat tiba di sekolah, mereka menunjukkan artikel masing-masing. 
Ayo membaca
Edo, Beni, dan Udin telah selesai membaca kedua artikel berita tentang perubahan cuaca. Mereka lalu berdiskusi untuk menemukan kata atau istilah khusus dari kedua artikel tersebut. 


Diskusikan bersama teman di sampingmu. 
Tuliskan hasil diskusi di kolom berikut ini. 

Setelah anak anak belajar menemukan kata/istilah khusus dalam sebuah artikel, kemudian kita akan belajar keberagaman sikap bersatu yang mana salah satu manfaat kita bersikap bersatu dalam suatu perbedaan atau keragaman adalah dengan bersatu kita akan hidup rukun, damai dan saling menghargai antar sesama serta pekerjaan akan cepat selesai jika dikerjakan bersama-sama. 
Kegiatan apa yang kamu pilih saat cuaca hujan? 
Bicarakan dengan teman-temanmu.

Latihan Soal
Tuliskan pengalaman kegiatanmu dalam suatu sikap bersatu pada suatu keragaman di lembar yang tersedia. Jika telah selesai menulis, ceritakanlah pengalaman kegiatanmu didepan kelas.

Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah ternyata sudah belajar menemukan kata/istilah khusus dalam sebuah artikel perubahan cuaca dan menuliskan pengalaman dalam memberikan contoh sikap bersatu dalam keberagaman. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, besok kita akan belajar tema 5 subtema 2 pembelajaran 5 mengenai pengaruh perubahan cuaca untuk kehidupan manusia, membandingkan pecahan dan menuliskan pentingnya kita bersikap bersatu dalam keberagaman

Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku