topbella

Minggu, 15 Januari 2023

MATERI AJAR SENIN, 16 JANUARI 2023

Hari, tanggal : Senin, 16 Januari 2023
Kelas : 3A
Tema : Cuaca (5)
Subtema : Perubahan Cuaca (2)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn
Pembelajaran : 5

Apersepsi : 
Pada hari kemarin kita sudah belajar menuliskan pengalaman aktivitas dalam keberagaman sikap bersatu dan menemukan kata/istilah dalam artikel perubahan cuaca. Hari ini anak anak akan melanjutkan materi tentang Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 5 mengenai pengaruh cuaca bagi kehidupan manusia, pentingnya bersatu dalam keberagaman dan membandingkan suatu pecahan.

Tujuan Pembelajaran :
Tujuan dari pembelajaran hari ini anak anak dapat menyusun informasi tentang pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia dalam bentuk kalimat efektif dengan tepat melalui teks bacaan, dan dengan mengamati gambar siswa dapat menuliskan pentingnya bersatu dalam keragaman serta siswa dapat membandingkan pecahan dengan penyebut yang sama.

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video
Lani dan teman-teman beristirahat sejenak dari permainan mereka. Mereka duduk-duduk di pinggir lapangan. Lani lalu bercerita tentang berita tadi malam di radio. Ternyata, pengaruh cuaca terhadap kehidupan manusia itu sangat besar.
Ayo Menulis
Dapatkah kamu menyusun informasi dari berita yang didengar oleh Lani?
Tuliskan informasi tersebut pada tempat yang telah disediakan.
Setelah anak sholih-sholihah menyusun sebuah informasi mengenai pengaruh perubahan cuaca sekarang anak anak amati sebuah gambar dibawah ini.
Udara masih terasa sejuk. Lani dan teman-teman kembali bermain lompat tali. Talinya terbuat dari rangkaian karet gelang. Saat asyik bermain, tiba-tiba talinya putus. Karet-karet gelang berceceran di atas lapangan. Teman-teman langsung membantu Siti memperbaiki tali itu. 
Edo dan Beni memungut karet gelang yang berceceran di atas lapangan. Mereka
mengumpulkan karet gelang itu ke Udin. Udin kemudian menyerahkan karet gelang tersebut kepada Siti. Dayu dan Lani membantu merangkai kembali karet gelang tersebut. 

Sekarang tugas anak anak adalah menuliskan pentingnya sikap bersatu dalam sebuah keberagaman...
Hari sudah makin sore. Cuaca masih tetap berawan. Siti dan teman-teman selesai bermain. Mereka akan kembali ke rumah. Mereka mulai merapikan alat-alat permainan yang digunakan. Udin mengamati kotak-kotak permainan tapak gunung yang hendak dihapus. Kotak-kotak itu mengingatkannya tentang materi pecahan yang dipelajari di kelas.
Amati pecahan-pecahan yang terbentuk dari kotak berikut.
Pecahan pada gambar di atas memiliki angka pembilang yang sama. Namun, angka penyebutnya berbeda. Jadi kesimpulannya adalah "Semakin besar angka penyebutnya, maka semakin kecil pula nilai bagian pecahan tersebut".
Contoh:

Ayo Berlatih
Sekarang anak anak kerjakan soal berikut ini!
Beri tanda “>” (lebih dari) atau “<” (kurang dari) pada tempat yang telah tersedia.
Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah ternyata sudah belajar pengaruh cuaca bagi kehidupan manusia, pentingnya bersatu dalam keberagaman dan membandingkan suatu pecahanSebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, besok kita akan belajar tema 5 subtema 2 pembelajaran 6 masih mengenai pentingnya bersatu dalam keberagaman dan membandingkan suatu pecahan yang berpenyebut sama ataupun yang berbeda serta prakiraan cuaca bagi kehidupan manusia.

Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 


0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku