topbella

Rabu, 11 Januari 2023

MATERI AJAR KAMIS, 12 JANUARI 2023

Hari, tanggal : Kamis, 12 Januari 2023
Kelas        : 3A
Tema         : Cuaca (5)
Subtema    : Perubahan Cuaca (2)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP
Pembelajaran   : 3

Apersepsi : 
Pada hari kemarin kita sudah belajar perubahan cuaca yang berubah-ubah dan dapat berdampak dalam kegiatan manusia dan bisa menjelaskan manfaat dari bersatu dalam keberagaman. Hari ini anak anak akan melanjutkan materi tentang Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 3 mengenai dampak perubahan cuaca.

Tujuan Pembelajaran :
Tujuan dari pembelajaran hari ini anak anak dapat menyampaikan informasi yang tepat mengenai dampak perubahan cuaca, dengan mengamati sebuah gambar, siswa dapat menentukan nilai pecahan dan anak sholih-sholihah dapat menampilkan hasil gerakan menari melalui lagu burung kutilang.
Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video
Sejak pagi hingga siang hari, hujan turun. Sore ini hujan telah reda, cuaca terlihat mendung. Dayu, Lani, Beni, Edo, dan Udin pergi ke rumah Siti.
Mereka akan belajar bersama. 
Mereka akan mencari berita di koran tentang perubahan cuaca di Indonesia. Di rumah Siti, banyak koran. Orang tua Siti berlangganan koran setiap hari. Siti, Lani, dan Dayu sudah menemukan artikel berita yang pertama. Mereka diminta mencari kata atau istilah khusus tentang perubahan cuaca.
Berikut artikel yang mereka temukan.
Setelah membaca artikel diatas, tugas anak anak adalah Temukan istilah khusus pada artikel tentang dampak perubahan cuaca. Perhatikan kata-kata yang dicetak tebal. Diskusikan bersama teman disampingmu.
Tuliskan hasil diskusi dikolom ini.
Setelah itu anak sholih-sholihah akan belajar mengenai pecahan. Pecahan adalah bilangan yang terdiri dari pembilang dan penyebut. 
Saat istirahat Siti mengambil dua kotak kue cokelat dan vanilla. Kue-kue tersebut diletakkan di atas meja. 
Mari kita amati sekali lagi.
Perhatikan lambang bilangan pecahan beserta potongan kue cokelat dan kue vanila berikut.
Lambang bilangan pecahan di atas memiliki pembilang yang sama, yaitu 1. Namun, bilangan penyebutnya berbeda-beda. Jadi untuk pecahan dengan angka pembilang sama:
“Makin besar angka penyebutnya, makin kecil nilai pecahan tersebut.”

Sekarang bandingkan potongan kue tersebut. Manakah yang lebih besar? Manakah yang lebih kecil? Berilah tanda “>” (lebih besar dari) atau “<” (lebih kecil dari) di tempat yang telah tersedia. 
Masih ingatkah kamu dengan Tari Burung Kutilang yang sudah dipelajari sebelumnya? 
Apakah kamu dapat melakukan gerakan tari Burung Kutilang?
Gerakan mana yang paling kamu senangi? Gerakan mana yang paling sulit kamu ikuti? Adakah gerakan yang ingin kamu ubah?

Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah ternyata sudah belajar dampak perubahan cuaca yang tiba tiba, melalui gambar bisa membandingkan suatu pecahan dan bisa mengkreasikan gerak tari yang sesuai dengan lagu burung kutilang. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, besok kita akan belajar tema 5 subtema 2 pembelajaran 4 mengenai menemukan kata atau istilah khusus tentang perubahan cuaca dalam artikel 1 dan 2 dan aktivitas/ permainan yang cocok dimainkan didalam kelas jika terjadinya perubahan cuaca. 

Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 










0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku