topbella

Selasa, 10 Januari 2023

MATERI AJAR RABU, 11 JANUARI 2023

Hari, tanggal : Rabu, 11 Januari 2023
Kelas : 3A
Tema : Cuaca (5)
Subtema : Perubahan Cuaca (2)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PPKn
Pembelajaran : 2

Kompetensi Dasar (KD) :
Bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

PPKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan tepat.
2. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat menjelaskan dan menuliskan pentingnya sikap bersatu dalam keberagaman kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan lengkap
Apersepsi : 
Pada hari kemarin kita sudah belajar terjadinya perubahan cuaca dan membandingkan sebuah pecahan serta belajar dinamika gerak tari melalui lagu burung kutilang. Hari ini anak anak akan melanjutkan materi tentang Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 2 masih mengenai perubahan cuaca.

Tujuan dari pembelajaran hari ini anak anak dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan tepat dan menjelaskan manfaat pentingnya sikap bersatu dalam keberagaman kehidupan sehari-hari .
Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video
Cuaca dapat berubah-ubah dalam sehari maupun dalam waktu tertentu.
Lani dan teman-teman mengamati keadaan langit. Sejak pagi, cuaca di sekolah terlihat mendung. Tanda akan turun hujan. 
Ketika hujan turun, mereka bersama-sama merapikan semua mainan. Mereka melakukan itu untuk kepentingan bersama. Tidak ada yang mengeluh saat saling membantu. 
Mengapa Lani dan teman-teman saling membantu? Mengapa sikap saling membantu itu penting? Apakah manfaat dari sikap tersebut? 
Diskusikan manfaat dari sikap Lani dan teman-teman. Tuliskan hasil diskusimu pada kolom yang tersedia.
Itulah pentingnya sikap bersatu dalam keberagaman. Manfaatnya banyak untuk
kepentingan bersama. Usai bermain, mereka berkumpul di tengah ruang kelas.
Setelah berdiskusi ternyata yang dapat disimpulkan cuaca dapat mempengaruhi kehidupan manusia. Lebih jelasnya anak anak silahkan membaca teks di buku tematik tentang “Cuaca dan Kehidupan Manusia” pada halaman 65.
Kemudian anak anak silahkan Tuliskan informasi tentang kegiatan manusia berdasarkan teks bacaan tersebut!
Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah ternyatasudah belajar  perubahan cuaca yang tiba tiba dapat berdampak dalam kegiatan manusia dan bisa menjelaskan manfaat dari bersatu dalam keberagaman. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, besok kita akan belajar tema 5 subtema 2 pembelajaran 3 mengenai perbandingan pecahan dalam suatu gambar pada benda dan belajar dampak dari terjadinya perubahan cuaca. 

Penutup :
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita.
Wassalamualikum warrahmatulahi wabarakatuh
Tetap semangat anak sholih-sholihah





0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku