topbella

Selasa, 20 Mei 2025

MATERI AJAR RABU, 21 MEI 2025

Hari, tanggal       : Rabu, 21 Mei 2025
Kelas                    : 1.B
Guru                    : Juwitasari Pebriani, S.Pd & Nur Aisyah, S.Pd
Mapel                   : Bahasa Indonesia (Menulis) dan Pendidikan Pancasila 

 
 

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional 
  •        Media ajar: buku lalisba
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
  1. Mengidentifikasi huruf tegak bersambung
  2. Mengidentifikasi arah mata angin


    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
    1. Peserta didik dapat menulis tegak bersambung dengan baik dan benar
    2. Peserta didik dapat mengidentifikasi arah mata angin dengan benar
    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.

  • Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu mengenal ciri-ciri fisik lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menyebutkan contoh sikap dan perilaku menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikkannya di lingkungan keluarga dan sekolah. 

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita mempelajari tentang menunjukkan diagram gambar dan warna panas serta warna dingin. Nah, untuk hari ini kita akan belajar menulis tegak bersambung dan arah mata angin.  Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^

📌Materi Bahasa Indonesia
      Perhatikan gambar berikut!
Berdasarkan KBBI, menulis adalah mengungkap gagasan, opini dan ide dalam rangkaian kalimat. Selain itu, menulis juga membuat huruf dengan pena atau pensil, menyampaikan pikiran atau pandangan, mengarang cerita dan menggambarkannya. Menulis tidak hanya sekadar merangkai kata-kata. Penulis perlu paham tentang tujuan menulis sebelum akhirnya tercipta sebuah karya sastra yang indah. Selain itu, tulisan juga merupakan media komunikasi antara penulis dan pembacanya. 
Dalam menulis perlu tulisan yang benar dan indah. Menulis terdiri dari menulis latin/biasa ada juga menulis tegak bersambung. Untuk di SD Al Azhar 2 Bandar Lampung menggunakan tulisan tegak bersambung. Maka dari itu ananda sholih sholihah kelas 1B harus tetap berlatih agar tulisan tegak bersambung nya semakin baik ya agar bu guru mudah untuk membaca tulisan anak anak.

      Latihan!
       Lanjutkan menulis yang bagus dan rapih di buku Lalisba anak anak sholih-sholihah yaa..
       (Untuk halaman lanjutkan halaman terakhir anak anak sebanyak 1 lembar saja)


📌 Materi Pendidikan Pancasila

Mari kita simak bersama video berikut ini!^^




Arah Mata Angin

  • Pengertian: Arah mata angin adalah petunjuk arah yang digunakan untuk menentukan posisi suatu tempat. Ada delapan arah mata angin utama, yaitu:
    • Utara (U)
    • Timur (T)
    • Selatan (S)
    • Barat (B)
    • Timur Laut (TL)
    • Tenggara (TG)
    • Barat Daya (BD)
    • Barat Laut (BL)
  • Cara Menentukan: Kita bisa menentukan arah mata angin dengan bantuan kompas atau dengan mengamati posisi matahari terbit dan terbenam. Matahari terbit di timur dan terbenam di barat.
  • Manfaat: Mengetahui arah mata angin membantu kita untuk tidak tersesat saat bepergian, membaca peta, dan memahami denah.   

📌REFLEKSI/KESIMPULAN PEMBELAJARAN 
Berdasarkan pembelajaran ini, dapat diketahui bahwa peserta didik juga sudah mampu menulis tegak bersambung dengan baik dan rapi tentang profesi serta peserta didik sudah mampu mengidentifikasi arah mata angin

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku