Tema 3 : Makanan Sehat
Subtema 2 : Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh
Pembelajaran : 3
Muatan pelajaran: PPKn (KD 3.3, 4.3),
Bahasa Indonesia (KD 3. 4, 4.4)
Tujuan :
v 1. Peserta didik mampu menceritakan dan memberikan contoh keanekaragaman adat istiadat di lingkungan sekitarnya.
2. peserta didik mampu mengidentifikasikan ciri-ciri bahasa iklan elektronik
1. Sapaan
Hello, how are you my lovely student?
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yarobbalamin
jangan lupa untuk mengerjakan solat duha dan murojaah ya nak...
2. Apersepsi
Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya..
4. Materi Ajar
Keragaman Adat IstiadatAdat istiadat adalah perilaku masyarakat yang menjadi ciri khas suatu daerah tertentu. Adat istiadat diterapkan secara turun temurun sehingga menjadi sebuah kebiasaan dalam kehidupan masyarakatnya.
Adat istiadat dibedakan menjadi 2 jenis :
1. Tertulis (peraturan atau dokumen)
2. Tidak tertulis (ceritarakyat, tarian daerah, dan upacara adat)
Contoh adat istiadat : Ngaben(Bali), Tabuik (Sumatera Barat), Dugderan (Semarang), dan Lompat Batu Fahombo (Nias)
Makna Semboyan Bhineka Tunggal Ika
Kita harus saling menghormati dan menghargai yang dapat terwujud melalui kerja sama.
Bahasa Indonesia (KD 3. 4, 4.4)
Perbedaan Bahasa Iklan Media Cetak dan Elektronik
Iklan media cetak
ü Iklan disampaikan tertulis, sehingga dapat dibaca kapan saja.
Iklan media elektronik
ü Iklan dilihat, didengar, dan dibaca teksnya
ü Iklan hanya ditampilkan dalam waktu singkat
ü Bahasa yang digunakan dapat berupa formal maupun nonformal
Persamaannya, sama-sama dibuat untuk meyakinkan dan memengaruhi pembaca atau pendengarnya.
Isi pada Iklan Media ElektronikUntuk dapat memahami isi iklan pada radio, dengarkanlah iklan dengan seksama. Sedangkan pada televisi, lihat, dengar, dan bacalah teks yang disajikan dengan seksama.Kita perlu mengingat kata kunci yang terdapat pada iklan elektonik karena biasanya disampaikan dalam waktu yang singkat. Kata kunci pada iklan dapat ditemukan pada slogan serta kalimat persuasif yang ada pada iklan tersebut.
Perbedaan Bahasa Iklan Media Cetak dan Elektronik
Iklan media cetak
ü Iklan disampaikan tertulis, sehingga dapat dibaca kapan saja.
Iklan media elektronik
ü Iklan dilihat, didengar, dan dibaca teksnya
ü Iklan hanya ditampilkan dalam waktu singkat
ü Bahasa yang digunakan dapat berupa formal maupun nonformal
0 komentar:
Posting Komentar