topbella

Senin, 02 Oktober 2023

MATERI AJAR SELASA, 03 OKTOBER 2023

 


Tema 3           : Makanan Sehat 

Subtema 2      : Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh

Pembelajaran   : 4

Muatan pelajaran:                                                                             

IPS (KD 3. 2, 4. 2)

PPKn (KD 3.3, 4.3)

 1. Sapaan 


Hello, how are you my lovely student?
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yarobbalamin 


2. Apersepsi 
adakah yang masih ingat materi yang kemarin? ..... iya betul kemarin kita sudah membahas materi terkaithari ini kita akan belajar terkait perbedaan iklan media cetak dan media elektronik , hari ini kita akan membahas tentang upaya pembengunan sosial dalam masyarakat

lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya..


 4. Materi Ajar 

IPS (KD 3. 2, 4. 2)

Upaya Pembangunan Sosial dalam MasyarakatSetiap negara memiliki rancangan pembangunan dibidang sosial, budaya, dan ekonomi sesuai dengan program dan kemampuannya masing-masing.Pembangunan sosial adalah semua aktivitas yang terkait dengan aspek sosial dan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan sosial.Contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial, antara lain penyuluhan kesehatan, koperasi, dan kegiatan ekonomi pasar.

Aktivitas Masyarakat dalam Upaya Pembangunan sosial BudayaPembangunan adalah serangkaian proses yang dilakukan manusia untuk memperbaiki taraf hidupnya. Negara Indonesia melakukan pembangunan digegala bidang agar masyarakat makmur sejahtera. Kerja sama yang baik sangat dibutuhkan agar tujuan pembangunan social budaya tercapai. Keragaman justru menjadi motivasi untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Berikut beberapa upaya untuk menyukseskan pembangunan social budaya di Indonesia

ü Berlatih tari di sanggar tari

ü Berlatih memainkan alat musik daerah

ü Menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi

ü Mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah 

Objek wisata pantai merupakan salah satu upaya pembangunan sosial ekonomi bagi masyarakat pesisir.

5.Contoh Soal

Sebutkan 3 hal yang dapat kamu lakukan dalam rangka pembangunan social budaya di Indonesia?

ü Berlatih tari di sanggar tari

ü Berlatih memainkan alat musik daerah

ü Menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi


6. Evaluasi
Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar!
1. Manusia disebut sebagai makhluk sosial karena …………………………………………………………..
2. Lingkungan yang terbentuk secara alamiah disebut ……………………………………………………….
3. Hubungan timbal balik individu dengan individu, individu dan kelompok, serta kelompok dengan 
kelompok disebut ......................................................................................................................................
4. Hubungan manusia dengan lingkungannya adalah .............................................................................
5. Air dan udara merupakan komponen ...................................................................................................
6. Di halaman sekolah, terdapat banyak tanaman. Berbagai tanaman yang ada di halaman menambah sejuk udara di sekolah. Berbagai tanaman yang ada di halaman sekolah termasuk komponen .................................................................................................................................................
7. Ayam, itik, dan burung termasuk jenis peternakan ………………………………………………………
8. Menghabiskan makanan termasuk jenis kegiatan ekonomi .................................................................
9. Memindahkan barang dari pabrik gula ke toko disebut kegiatan …………………………………………
10. Andi berkunjung ke rumah pamannya. Di sana, ternyata pamannya membuka usaha membuat kerajinan berbahan dasar bambu. Usaha yang dilakukan pamannya termasuk kegiatan ekonomi berupa ……………………………………………………………………………………………………………...

7. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu ya nak
 
8. Kesimpulan
Dalam pertemuan sebelumnya yaitu tema 3 subtema 2 pembelajaran 1 pada hari selasa, dapat disimpulkan, 7,4% siswa yaitu sebanyak 4 orang siswa dari total 24 siswa kelas 5B masih belum memahami tentang perbedaan media iklan elektronik

Wassalamualaikum.wr.wb.

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku