Hari, tanggal : Selasa, 23 Mei 2023
Kelas : 3A
Tema : Praja Muda Karana (8)
Subtema : Aku Suka Berkarya (4)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PPKn, MTK, SBdP
Tema : Praja Muda Karana (8)
Subtema : Aku Suka Berkarya (4)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PPKn, MTK, SBdP
Pembelajaran : 3 & 4
Apersepsi :
Pada hari kemarin anak anak sudah belajar tema 8 subtema 4 pembelajaran 1 dan 2 tentang menuliskan diagram batang, menentukan arah mata angin, sikap pada sila pancasila dan teknik potong dan lipat. Hari ini anak anak akan belajar materi baru yaitu tema 8 subtema 4 pembelajaran 3 dan 4 masih tentang menuliskan diagram batang, menentukan arah mata angin, sikap pada sila pancasila.
Apersepsi :
Pada hari kemarin anak anak sudah belajar tema 8 subtema 4 pembelajaran 1 dan 2 tentang menuliskan diagram batang, menentukan arah mata angin, sikap pada sila pancasila dan teknik potong dan lipat. Hari ini anak anak akan belajar materi baru yaitu tema 8 subtema 4 pembelajaran 3 dan 4 masih tentang menuliskan diagram batang, menentukan arah mata angin, sikap pada sila pancasila.
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa mampu menentukan arah mata angin dari suatu tempat.
2. siswa mampu menyajikan diagram batang dari sebuah data
1. siswa mampu menentukan arah mata angin dari suatu tempat.
2. siswa mampu menyajikan diagram batang dari sebuah data
3. siswa mampu mengidentifikasi sikap sikap dari sila pancasila
Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah.
Lets check this video!
Lets check this video!
Paragraf bisa disebut dengan alinea. Sementara itu,
pengertian paragraf adalah bagian bab dalam suatu karangan yang biasanya
mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru.
Gagasan pokok atau ide pokok paragraf bisa diletakan di
awal, tengah, akhir, atau bisa digabungkan di awal dan akhir. Gagasan pokok
dalam paragraf berfungsi sebagai kunci isi paragraf. Gagasan pokok tersebut
mempermudah pembaca untuk memahami maksud yang disampaikan penulis.
Perhatikan gambar dibawah ini
Tuliskan karangan sebanyak 4 paragraf!
Tuliskan karangan berdasarkan pikiran pokok yang diberikan!
Perhatikan gambar untuk membantumu!
Berikut ini adalah pikiran pokok dari setiap paragraf.
Tuliskan karangan berdasarkan pikiran pokok yang diberikan!
Perhatikan gambar untuk membantumu!
Berikut ini adalah pikiran pokok dari setiap paragraf.
1. Hari Minggu Udin melakukan perjalanan di lingkungan sekitar.
2. Sebelum melakukan perjalanan, Udin mempelajari denah lokasi terlebih dahulu.
3. Selama perjalanan, Udin dan teman-teman selalu bekerja sama.
4. Udin dan teman-teman merasa senang melakukan kegiatan perjalanan.
Kegiatan perjalanan dalam pramuka disebut penjelajahan. Kegiatan penjelajahan melatih banyak keterampilan. Kegiatan penjelajahan juga banyak memberikan pengalaman menarik. Salah satu yang diperlukan saat melakukan penjelajahan adalah peta lokasi atau denah. Denah membantu kita lebih mudah mencapai tempat tujuan.
Kemarin kita sudah membuat gambar denah sekolah, kira kira dalam denah tersebut ada apa saja?
Tugas kalian sekarang, Kumpulkan terlebih dahulu informasi yang lengkap
mengenai sekolah.
Tuliskan paling sedikit 7 informasi sekolahmu sesuai arah mata angin.
Selanjutnya anak anak membuat diagram dari sebuah tabel berikut!
Perhatikan beberapa peraturan perpustakaan berikut ini!
Adakah kaitan aturan tersebut dengan sikap pengamalan sila Pancasila?
Sebutkan bunyi dan simbol sila Pancasila yang sesuai dengan aturan tersebut!
1. Meminjam buku sesuai dengan waktu yang ditetapkan.
Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?
Sikap tersebut sesuai dengan sila ke _________
Bunyi sila ke ______ adalah: ______________
2. Memperbaiki buku yang rusak dan mengganti buku perpustakaan yang hilang.
Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?
Sikap tersebut sesuai dengan sila ke _________
Bunyi sila ke ______ adalah: ______________
3. Menjaga ketertiban selama berada di perpustakaan.
Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?
Sikap tersebut sesuai dengan sila ke _________
Bunyi sila ke ______ adalah: ______________
4. Ikut serta menjaga kebersihan perpustakaan dengan cara kerja bakti bersama anggota perpustakaan lainnya.
Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?
Sikap tersebut sesuai dengan sila ke _________
Bunyi sila ke ______ adalah: ______________
Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar Tema 8 Subtema 4 Pembelajaran 3 dan 4 masih tentang menuliskan diagram batang, menentukan arah mata angin, sikap pada sila pancasila. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini besok kita akan belajar tema 8 subtema 4 pembelajaran 5 dan 6 masih tentang menuliskan diagram batang, menentukan arah mata angin pada suatu tempat , sikap pada sila pancasila.
Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian.
Wassalamu'alaikum wr. wb.
0 komentar:
Posting Komentar