Hari, tanggal : Rabu, 24 Mei 2023
Kelas : 3A
Tema : Praja Muda Karana (8)
Subtema : Aku Suka Berkarya (4)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PPKn, MTK
Tema : Praja Muda Karana (8)
Subtema : Aku Suka Berkarya (4)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PPKn, MTK
Pembelajaran : 5 & 6
Apersepsi :
Pada hari kemarin anak anak sudah belajar tema 8 subtema 4 pembelajaran 3 dan 4 tentang menuliskan diagram batang, menentukan arah mata angin, sikap pada sila pancasila dan teknik potong dan lipat. Hari ini anak anak akan belajar materi baru yaitu tema 8 subtema 4 pembelajaran 5 dan 6 masih tentang menuliskan diagram batang, menentukan arah mata angin, sikap pada sila pancasila.
Apersepsi :
Pada hari kemarin anak anak sudah belajar tema 8 subtema 4 pembelajaran 3 dan 4 tentang menuliskan diagram batang, menentukan arah mata angin, sikap pada sila pancasila dan teknik potong dan lipat. Hari ini anak anak akan belajar materi baru yaitu tema 8 subtema 4 pembelajaran 5 dan 6 masih tentang menuliskan diagram batang, menentukan arah mata angin, sikap pada sila pancasila.
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa mampu menentukan arah mata angin dari suatu tempat.
2. siswa mampu menyajikan diagram batang dari sebuah data
1. siswa mampu menentukan arah mata angin dari suatu tempat.
2. siswa mampu menyajikan diagram batang dari sebuah data
3. siswa mampu mengidentifikasi sikap sikap dari sila pancasila
Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah.
Lets check this video!
Lets check this video!
Hari ini kita akan belajar kembali mengenai data dan diagram. kalau kemarin kita belajar diagram batang sekarang kita kan belajar diagram gambar.
Berikut ini adalah data banyaknya sumbangan buku dalam waktu satu minggu.
Pembuatan diagram akan menggunakan tanda π
Setiap satu tanda π mewakili 2 buah buku.
Tanda ππ berarti ada 4 buah buku.
Tanda πππ berarti 6 buah buku.
Diagram akan digambar seperti berikut ini!
Jawablah pertanyaan berikut sesuai diagram yang tersedia!
1. Berapa banyak buku sumbangan yang diterima pada hari Jumat?
2. Berapa banyak buku sumbangan yang diterima pada hari Sabtu?
3. Hari apakah terdapat buku sumbangan paling banyak?
4. Hari apakah terdapat buku sumbangan paling sedikit?
5. Berapa banyak perbedaan buku sumbangan pada hari Rabu dan Sabtu?
Buatlah diagram dengan menggunakan data berikut ini!
Gunakan tanda ❤ untuk mewakili setiap 5 orang!
Tuliskan data dalam tabel berikut!Selanjutnya kita akan belajar mengenai pengamalan sila Pancasila. Kemarin sudah bu guru jelaskan bahwa sila pertama salah satu sikapnya adalah berdoa, sila kedua membantu teman, sila ketiga menjunjung persatuan dan kesatuan, sila keempat bermusyawarah untuk mengambil keputusan, dan sila kelima adalah mengerjakan hak dan kewajiban kita baik disekolah ataupun dirumah.
Baca dan diskusikanlah bersama teman- temanmu!
Tentukan sila Pancasila yang sesuai dengan perilaku tersebut!
Beri tanda centang pada kolom yang sesuai!
Kamu bisa memberi centang lebih dari satu di setiap perilaku!
Perhatikan denah taman bermain berikut ini!
Pelajari cara membaca denah tersebut!
Lalu, tentukan area penghijauan yang paling tepat pada gambar denah tersebut!
Posisi seluncuran ada di A1.
Posisi ayunan ada di A2.
Posisi tempat duduk ada di A3.
Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan. Salah satunya menanam pohon dan merawat tanaman. Selain itu menjaga kebersihan lingkungan. Kegiatan tersebut membuat lingkungan tetap nyaman dan bersih.
Jika lingkungan bersih, hidup pun akan lebih sehat.
Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar Tema 8 Subtema 4 Pembelajaran 5 dan 6 masih tentang menuliskan diagram batang, menentukan arah mata angin pada suatu tempat , sikap pada sila pancasila. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini besok kita akan PH tema 8 dan meriview materi karena sebentar lagi kita akan PAS.
jangann lupa belajar dirumah anak anak.
Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian.
Wassalamu'alaikum wr. wb.
0 komentar:
Posting Komentar