topbella

Senin, 08 Mei 2023

MATERI AJAR SELASA, 09 MEI 2023

Hari, tanggal : Selasa, 09 Mei 2023
Kelas : 3A
Tema : Praja Muda Karana (8)
Subtema : Aku Anggota Pramuka (1)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, 
PPKn, MTK
Pembelajaran : 4 & 5
Apersepsi :
Pada hari kemarin anak anak sudah belajar tema 8 subtema 1 pembelajaran 2 & 3 tentang praja muda karana. Hari ini anak anak akan belajar dirumah ya dikarenakan pekan ini sekolah sedang ada Ujian untuk kelas tinggi, mari kita lanjutkan materi hari ini yaitu tema 8 subtema 1 pembelajaran 4 dan 5 tentang lambang garuda pancasila dan sudut bangun datar dan menghargai perbedaan.

Tujuan Pembelajaran :
1. siswa dapat mengidentifikasi informasi tentang sudut bangun datar.
2. siswa dapat mengidentifikasi informasi tentang garuda pancasila
3. siswa mampu menuliskan keberagaman dalam menghargai perbedaan

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video!
Kegiatan yang menarik dalam pramuka adalah permainan. Salah satu permainan yang disukai adalah permainan Arung Jeram. Dalam permainan arung jeram, anggota kelompok dilatih untuk selalu bekerja sama. Kegiatan ini juga untuk melatih kekuatan kaki.
Kita harus bekerja sama agar dapat melakukan permainan. Kita harus berdiskusi untuk membagi tugas dengan adil.
Setiap perlombaan ada yang menang dan kalah. Bersikaplah santun saat berhasil. Berlapang dada dan tidak menyerah saat mengalami kegagalan. Bersikap santun sesuai dengan salah satu janji pramuka, yaitu patriot yang sopan dan kesatria. Patriot artinya pecinta atau pembela tanah air. 
Sopan artinya selalu berperilaku, berkata, dan berpakaian sesuai aturan. Kesatria berarti orang yang gagah berani dalam kebenaran. Pramuka memiliki sepuluh janji yang disebut dengan Dasa Dharma. Dasa berarti sepuluh. Dharma berarti janji. Salah satu janji dalam Dasa Dharma adalah menjadi patriot yang sopan dan kesatria. 
Amati lambang negara Garuda Pancasila berikut ini!
Hitunglah banyaknya bulu pada ekor, sayap, dan leher burung garuda!
Selanjutnya anak anak akan belajar kembali mengenai sudut bangun datar.  
Perhatikan penjelasan berikut untuk mengenal jenis-jenis sudut.
1. Sudut siku-siku : Kedua ruas garis saling tegak lurus dan bertemu pada pangkalnya membentuk sudut siku-siku
2. Sudut Lancip : Sudut yang dibuat lebih kecil daripada sudut siku-siku
3. Sudut tumpul : Sudut yang dibuat lebih besar daripada sudut siku-siku 

Ayo Berlatih! (Buka Buku Tema hal 36)
Perhatikan gambar sudut di bawah ini!
Tentukan macam sudut pada gambar berikut!
Keberagaman lambang pramuka ini sesuai dengan semboyan negara kita. Semboyan negara kita adalah Bhinneka Tunggal Ika. Arti kata Bhinneka adalah "beraneka ragam" atau berbeda-beda. Kata Tunggal berarti "satu". Kata Ika berarti "juga". Arti Bhinneka Tunggal Ika adalah “Berbeda-beda tetapi tetap satu juga”.  
Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia terdiri atas beraneka ragam budaya. Bangsa Indonesia memiliki banyak bahasa daerah. Bangsa Indonesia juga terdiri atas berbagai agama dan kepercayaan. Keberagaman yang dimiliki Indonesia adalah kekayaan kebudayaan. Keberagaman harus disyukuri dan dipelihara. 
Keberagaman membuat situasi menjadi lebih indah. Meskipun berbeda, kalian harus tetap saling menyayangi. Meskipun berbeda, kalian harus tetap saling menghargai. Kita semua makhluk ciptaan Tuhan. Menerima perbedaan merupakan bentuk syukur kepada Tuhan. 

Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 4 dan 5 tentang mengenal lambang garuda pancasila, sudut Bangun datar dan keberagaman indonesia. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini besok kita akan belajar tema 8 subtema 1 pembelajaran 6 tentang arti dari warna dalam atribut pramuka dan garuda pancasila. 

Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 
Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku