topbella

Minggu, 07 Mei 2023

MATERI AJAR SENIN, 08 MEI 2023

Hari, tanggal : Senin, 08 Mei 2023
Kelas : 3A
Tema : Praja Muda Karana (8)
Subtema : Aku Anggota Pramuka (1)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, 
PPKn, MTK, SBdP
Pembelajaran : 2 & 3
Apersepsi :
Pada hari kemarin anak anak sudah belajar tema 8 subtema 1 pembelajaran 1 tentang praja muda karana. Hari ini anak anak akan belajar dirumah ya dikarenakan pekan ini sekolah sedang ada Ujian untuk kelas tinggi, mari kita lanjutkan materi hari ini yaitu tema 8 subtema 1 pembelajaran 2 dan 3 tentang lambang garuda pancasila dan sudut bangun datar.

Tujuan Pembelajaran :
1. siswa dapat mengidentifikasi informasi tentang sudut bangun datar.
2. siswa dapat mengidentifikasi informasi tentang garuda pancasila
3. siswa mampu menirukan gerakan tepuk pramuka
4. siswa mampu menuliskan informasi tentang lambang garuda pancasila

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video!
Pramuka memiliki tepuk tangan yang khas. Tepuk tersebut disebut Tepuk Pramuka. Cobalah kembali Tepuk Pramuka berikut!
Selain harus bisa tepuk pramuka, anggota pramuka harus mengenal baik negaranya. Anggota pramuka harus mengenal bahasa dan lambang negara. Anggota pramuka juga harus mengenal lagu kebangsaan. Mengenal lambang negara untuk melatih rasa cinta terhadap tanah air. Mengenal lagu kebangsaan juga untuk melatih rasa cinta terhadap tanah air Salah satu kegiatan mengenal negara adalah memahami arti lagu Garuda Pancasila. 
Syair lagu Garuda pancasila memiliki arti bahwa kita sebagai warga negara akan selalu mendukung Pancasila. Warga negara Indonesia berjiwa patriot. Berjiwa patriot berarti siap berjuang dan rela berkorban untuk negara. Rakyat Indonesia akan hidup makmur sentosa jika melaksanakan nilai-nilai Pancasila. Untuk itu, bangsa Indonesia harus terus maju. Bangsa Indonesia harus pantang mundur. 
Setelah membaca informasi tentang lambang garuda pancasila, sekarang anak sholih sholihah tuliskan kembali informasi tentang teks bacaan diatas. Bisa dibuka di buku cetak tema 8 halaman 12. 
Jika sudah selesai bisa dikumpulkan ke miss Aisyah melalui whatsApp, selanjutnya kita akan membahas tentang sudut bangun datar. 
Lihatlah posisi tangan Edo. Masih ingatkah kamu tentang sudut?
Sudut adalah besaran sudut yang diciptakan oleh dua buah garis yang memotong pada bidang datar. 
Jika dijiplak tepi lurusnya, manakah dari posisi gambar edo tersebut membentuk sudut?  Iya gambar ketiga merupakan gambar edo berbentuk sudut karena membentuk dua buah garis. 
Ayo Berlatih!
Tuliskan nama sudut pada gambar dibawah ini.
Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 dan 3 tentang mengenal lambang garuda pancasila, sudut Bangun datar. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini besok kita akan belajar tema 8 subtema 1 pembelajaran 4 dan 5 masih tentang informasi arti lambang negara. 

Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 
Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku