topbella

Rabu, 10 Mei 2023

MATERI AJAR KAMIS, 11 MEI 2023

Hari, tanggal : Kamis, 11 Mei 2023
Kelas : 3A
Tema : Praja Muda Karana (8)
Subtema : Aku Anak Mandiri (2)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, 
PPKn, MTK, SBdP
Pembelajaran : 1 dan 2
Apersepsi :
Pada hari kemarin anak anak sudah belajar tema 8 subtema 1 pembelajaran 6 tentang atribut yang ada dalam pramuka dan sudut bangun datar. Hari ini anak anak akan belajar materi hari ini yaitu tema 8 subtema 2 pembelajaran 1 dan 2 mengenai lambang pramuka yang berbentuk bangun datar dan menari tempurung kelapa serta contoh sikap sila sila pancasila ke 4.
Oke sebelum masuk pembelajaran silahkan anak sholih-sholihah mengerjakan PH Tema 8 Subtema 1 untuk mengetahui apakah anak anak sudah memahami materi yang kemarin sudah dipelajari.
Berikut link mengerjakan PH : https://forms.gle/EvY8Eh8WrmSEH8wT7

Tujuan Pembelajaran :
1. siswa mampu mengidentifikasi informasi tentang lambang dari pramuka
2. siswa mampu memahami bentuk sebuah bangun datar
3. siswa mampu menirukan gerakan tari tempurung kelapa
4. siswa mampu memahami sikap dari sila Pancasila keempat.

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video!
Lambang gerakan pramuka berupa tunas kelapa. Buah kelapa disebut juga nyiur. Buah kelapa dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal. Arti cikal adalah penduduk asli yang pertama. Pramuka menggunakan pohon kelapa sebagai lambang karena banyak manfaatnya. Buah, batang, juga daun, dan akar semua bermanfaat. 
Anggota pramuka harus bisa bermanfaat bagi semua orang. Anggota pramuka dilatih memiliki banyak keterampilan dan mandiri. Anak mandiri selalu berusaha melakukan kegiatan tanpa bantuan orang lain. Buah kelapa dapat dimanfaatkan dalam kegiatan menari dan berolahraga. Mari mengenal lebih lanjut pramuka dan lambangnya. Selain itu, kita juga akan berlatih untuk mandiri melalui kegiatan pramuka.

AYO MEMBACA
Bacalah dengan nyaring!
Perhatikan intonasi pada saat membaca!
Apa saja kegiatan yang sudah kamu lakukan secara mandiri?
Berilah tanda centang ( ✔ ) pada kolom yang tepat

Perhatikan seragam pramuka Udin dan Siti!

Seragam yang dikenakan Udin dan Siti merupakan seragam pramuka siaga
Bentuk tanda pramuka merupakan bentuk bangun datar. Ada lingkaran, segitiga, persegi, dan persegi panjang. 

Pohon kelapa dipilih menjadi lambang pramuka karena banyak manfaatnya. Anggota pramuka juga harus bermanfaat untuk orang lain. Salah satu bagian kelapa yang dapat dimanfaatkan yaitu tempurungnya kelapa. Tempurung kelapa digunakan untuk membuat kerajinan. Tempurung kelapa dapat dijadikan hiasan, alat permainan, juga alat menari.
Dalam tarian ada yang namanya dinamika gerak tari. Dinamika gerak tari adalah dinamika naik turunnya suasana tarian yang menentukan struktur tarian. Dinamika dalam tari memberikan kesan yang menarik tidak membosankan dan tidak monoton. 
Silahkan anak anak ikuti gerakan tarian berikut ini.
Setelah selesai menari anak anak sekarang belajar mengenai sila pancasila. Bermusyawarah juga merupakan salah satu pengamalan sila Pancasila. Bermusyawarah merupakan pengamalan sila keempat. Sila keempat berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Simbol sila keempat Pancasila berupa kepala banteng.

Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 1 dan 2 tentang lambang pramuka yang berbentuk bangun datar dan menari tempurung kelapa serta contoh sikap sila sila pancasila ke 4.  Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini besok kita akan belajar tema 8 subtema 2 pembelajaran 3 dan 4 tentang mengenal kepramukaan khusus dan sifat bangun datar.

Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 
Wassalamu'alaikum wr. wb. 

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku