topbella

Kamis, 11 Mei 2023

MATERI AJAR JUM'AT, 12 MEI 2023

Hari, tanggal : Jum'at, 12 Mei 2023
Kelas : 3A
Tema : Praja Muda Karana (8)
Subtema : Aku Anak Mandiri (2)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, 
PPKn, MTK, SBdP
Pembelajaran : 3 dan 4
Apersepsi :
Pada hari kemarin anak anak sudah belajar tema 8 subtema 1 pembelajaran 1 dan 2 mengenai lambang pramuka yang berbentuk bangun datar dan menari tempurung kelapa serta contoh sikap sila sila pancasila ke 4. Hari ini anak anak akan belajar materi hari ini yaitu tema 8 subtema 2 pembelajaran 3 dan 4 tentang mandiri dalam mengerjakan pekerjaan rumah, menjelaskan salah satu atribut pramuka, mengenal sifat bangun datar dan contoh sikap dari sila pancasila pertama.

Tujuan Pembelajaran :
1. siswa mampu mengidentifikasi informasi tentang mandiri dalam sesuatu dan lambang pramuka
2. siswa mampu memahami bentuk sebuah bangun datar
3. siswa mampu menirukan gerakan tari tempurung kelapa
4. siswa mampu memahami sikap dari sila Pancasila pertama.

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video!
Latihan pramuka membuat menjadi mandiri. Untuk dapat mengerjakan kegiatan secara mandiri perlu berlatih. Latihan akan menyenangkan jika dikerjakan secara bersama-sama. 
Ayo Membaca!
Lingkari tanda kecakapan khusus yang sudah dimiliki Udin!
Bentuk dan tingkatan tanda kecakapan khusus setiap kelompok pramuka berbeda. Untuk pramuka siaga berbentuk segitiga dan hanya satu tingkatan. Untuk pramuka penggalang ada tiga tingkatan dengan bentuk yang berbeda. Tingkat purwa berbentuk lingkaran. Tingkat madya berbentuk persegi. Tingkat utama berbentuk segilima. 
Berikut contoh gambar TKK menabung sesuai tingkatan. 

Bentuk Tanda kecakapan khusus berbentuk bangun datar. Bangun datar adalah bangun dua dimensi yang hanya memiliki panjang dan lebar yang dibatasi oleh garis lurus atau lengkung. Contohnya persegi, persegi panjang, segitiga dsb
Bangun datar memiliki sifat-sifat. Berikut sifat bangun datar.

Selanjutnya anak anak akan belajar contoh sila pancasila ke-1. Bunyi sila pertama adalah Ketuhanan yang Maha Esa. Lambang dari sila pertama Pancasila berbentuk bintang. Salah satu sikap dari sila ini adalah Taat dalam beribadah sesuai dengan janji pramuka. Salah satu janji pramuka yaitu takwa kepada Tuhan yang Maha Esa. 
Berikut ini beberapa contoh sikap pengamalan sila pertama Pancasila. 
Anggota pramuka harus menjadi orang yang taat terhadap Tuhan. Taat beribadah termasuk sikap pengamalan sila pertama Pancasila. Mencintai dan menjaga makhluk ciptaan Tuhan juga pengamalan sila pertama Pancasila.
Memanfaatkan tanaman dengan cara yang baik termasuk menjaga makhluk ciptaan Tuhan. Misalkan memanfaatkan pohon kelapa.
Poho kelapa memiliki tunas kelapa. Tunas pohon kelapa merupakan lambang pramuka. Mari mengenal lambang pramuka. Kita dapat mencontoh sikap yang sesuai dengan lambang pramuka.

Ayo Berlatih! (Buka halaman 89)
Tuliskan kembali arti tunas kelapa sebagai lambang gerakan pramuka!
Tuliskan berdasarkan bacaan sebelumnya!

Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 3 dan 4 tentang mengenal kepramukaan khusus dan sifat bangun datar. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini besok kita akan belajar tema 8 subtema 2 pembelajaran 5 dan 6 tentang berlatih mandiri, sikap sila pancasila dan sifat bangun datar. Sampai ketemu dihari senin anak sholih sholihah...

Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 
Wassalamu'alaikum wr. wb. 

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku