topbella

Minggu, 26 Februari 2023

MATERI AJAR SENIN, 27 FEBRUARI 2023

Hari, tanggal : Senin, 27 Februari 2023
Kelas : 3A
Tema : Energi dan Perubahannya (6)
Subtema : Energi Alternatif (3)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, MTK, SBdP
Pembelajaran : 1

Apersepsi :
Pada hari kemarin kita belajar tema 6 subtema 2 tentang perubahan energi. Hari ini anak anak akan masuk dengan tema 6 subtema 3 pembelajaran 1 tentang informasi energi alternatif.
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan energi altenatif dengan benar.
2. siswa dapat menyebutkan cara menentukan lamanya suatu kejadian dengan benar.
3. siswa dapat mengidentifikasi kombinasi unsur-unsur garis, bidang , dan warna dalam sebuah karya dekoratif.


Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video
Kebutuhan manusia akan energi semakin lama makin tinggi. Hai ini dikarenakan penduduk dunia semakin banyak. Juga karena perkembangan teknologi yang semakin pesat. Perkembangan teknologi membutuhkan banyak energi. Bahan bakar minyak (BBM) adalah energi yang penggunaannya paling besar selama ini. Karena terlalu banyak digali, maka persediaannya semakin sedikit.  Untuk mengatasi hal tersebut dicarilah berbagai energi alternatif. Tujuannya untuk menggantikan bahan bakar minyak.
Marilah pelajari energi alternatif dan manfaatnya!

Ayo Membaca
Apakah energi alternatif itu?
Energi alternatif adalah sumber energi yang dapat menggantikan bahan bakar minyak (BBM). Pencarian dan penggunaan energi alternatif sebenarnya sudah lama diupayakan manusia. Namun hingga saat ini usaha tersebut belum diperoleh secara maksimal. Akan tetapi, penggunaannya semakin meningkat. Usaha ini dilakukan karena semakin sedikitnya persediaan bahan bakar minyak.
Apa sajakah yang termasuk energi alternatif?
Perhatikan gambar-gambar berikut!
Ada beberapa contoh energi alternatif. Ada energi panas matahari. Ada energi gerak angin dan energi gerak air. Energi-energi tersebut mudah diperoleh,
murah, dan berlimpah. 
Panas matahari, gerak air, dan gerak angin/bayu, dapat diubah menjadi energi listrik. Listrik yang dihasilkan oleh matahari, air, dan angin inilah yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak. Energi matahari dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).
Energi air dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Energi angin dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Angin/ Bayu (PLTB). Pembangkit listrik tenaga angin merupakan sumber energi yang sangat ramah lingkungan. 
Kalian dapat memanfaatkan energi matahari, air, dan angin. Dengan energi alternatif dapat menghemat penggunaan bahan bakar minyak. Manusia tidak lagi tergantung pada bahan bakar minyak.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Apa yang dimaksud dengan energi alternatif?
2. Mengapa perlu energi alternatif?
3. Apa sajakah yang termasuk sumber energi alternatif?
4. Berikan satu contoh penggunaan energi alternatif!
5. Apa akibatnya jika tidak ada energi alternatif?

Angin merupakan contoh energi alternatif. Angin ada di mana-mana. Ada banyak contoh kegiatan pemanfaatan angin. Angin dapat menggerakkan layang-layang.
Pernahkah kalian bermain layang-layang?
Bermain layang-layang biasanya dilakukan di tempat yang lapang. Tempat yang lapang membuat kita bergerak lebih leluasa. Tempat yang lapang biasanya banyak angin. Semakin banyak angin, semakin cepat terbang dan gerak layang-layang.
Layang-layang digambar dan diberi hiasan agar menarik. Garis digunakan untuk menghias layang- layang. Bidang juga digunakan untuk hiasan tersebut. Layang-layang tersebut memiliki warna yang berbeda. Warna, garis, dan bidang menjadi
motif dalam gambar layang-layang.
Selain pemanfaatan angin dapat menggerakan layang layang angin juga dapat juga menggerakan kincir angin. 
Cobalah menghias gambar layang-layang dan membuat kincir angin berikut!
Gunakan garis, bidang, dan warna sesuai keinginanmu!
Berikut cara membuat kincir angin

Setelah mempelajari sbdp anak anak akan menentukan lamanya kegiatan. 
Semakin lama bermain, semakin banyak energi yang dibutuhkan.
Perhatikan contoh untuk menentukan waktu berikut!
Udin bermain layang-layang dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 16.30.
Lama waktu dapat digambarkan sebagai berikut!
Lama Udin bermain layang-layang adalah 60 menit.
Ayo Berlatih
1. Beni bermain layang-layang dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 16.45.
Lamanya Beni bermain layang-layang adalah ... menit.

2. Edo bermain layang-layang dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 16.00.
Lama Edo bermain layang-layang adalah ... menit.

3. Siti bermain layang-layang dari pukul 16.30 sampai dengan pukul 17.00.
Lama Siti bermain layang-layang adalah ... menit.

4. Lani bermain layang-layang dari pukul 16.30 sampai dengan pukul 16.45.
Lama Lani bermain layang-layang adalah ... menit.

5. Dayu bermain layang-layang dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 16.45.
Lama Dayu bermain layang-layang adalah ... menit.

Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar Tema 6 Subtema 3 pembelajaran 1 tentang energi alternatif, menentukan waktu dalam kegiatan sehari hari dan menghias gambar dekoratif. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini besok kita akan belajar melanjutkan tema 6 subtema 3 pembelajaran 1 tentang manfaat angin sebagai energi alternatif dan hak dan kewajiban dalam energi alternatif.

Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku