topbella

Senin, 20 Februari 2023

MATERI AJAR SELASA, 21 FEBRUARI 2023

Hari, tanggal : Selasa, 21 Februari 2023
Kelas : 3A
Tema : Energi dan Perubahannya (6)
Subtema : Perubahan Energi (2)
Muatan Pelajaran :  PPKn dan Matematika
Pembelajaran : 4

Apersepsi :
Pada hari kemarin kita sudah belajar tema 6 subtema 2 pembelajaran 3 tentang satuan waktu, perubahan energi dan menari. Hari ini anak anak akan melanjutkan tema 6 subtema 2 pembelajaran 4 tentang hak kewajiban dalam perubahan energi dan menentukan lamanya waktu dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa mampu memahami hak dan kewajiban dalam perubahan energi dengan benar.
2. siswa mampu menentukan lamanya suatu kegiatan dalam kehidupan sehari hari.


Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video
Setelah kemarin anak sholih sholihah mempelajari contoh dalam perubahan energi kali ini anak anak akan belajar mengenai hak dan kewajiban dalam perubahan energi. Yuk kita simak teks bacaan mengenai informasi berikut ini!
Coba, sekarang pikirkan baju yang dipakai.
Mulai dari menanam pohon kapasnya sampai menjadi baju. Perhatikan gambar proses pembuatan baju berikut!
Energi apa sajakah yang dikeluarkan untuk menghasilkan selembar kain? Apa kewajiban yang harus dilakukan terhadap pakaian yang kita miliki?
Waktu yang dibutuhkan begitu lama. Energi yang digunakan juga begitu besar. Oleh karena itu kita harus menghargai setiap proses waktu dan energi.

Baju yang dipakai tidak tersedia begitu saja. Ada proses yang harus dilalui hingga baju dapat dipakai. Untuk membuat sebuah baju, seorang penjahit membutuhkan waktu yang cukup. Mulai dari membeli bahan di pasar atau di toko. Kemudian, bahan dipotong dan dijahit. Setelah itu baju dapat dipakai.
Coba hitung waktu kegiatan berikut! 
Bu Nia pergi ke pasar. Bu Nia akan membeli bahan untuk menjahit. Dia berangkat dari rumah pukul 08.30. Setelah 45 menit, Bu Nia selesai belanja. Dia pun segera pulang. Pukul berapa Bu Nia pulang dari pasar? Gambarkan dengan jarum jam!
Latihan Soal
Nah, berikut ini beberapa soal tentang lamanya suatu kejadian. Jawablah soal-soal tersebut!
1. Pak Ahmad menanam bibit cabai pada awal bulan Maret. Pada bulan akhir Juni cabai-cabai tersebut sudah siap dipanen. Berapa lama proses menanam cabai tersebut?
2. Seorang penjahit bisa menjahit 3 baju dalam sehari. Jika dia harus menjahit 15 baju, berapa hari yang dia butuhkan?
3. Pada hari Senin, ibu membawa bahan ke tukang jahit. Ibu ingin menjahit bajunya. Pada hari Sabtu baju tersebut sudah selesai dijahit. Berapa hari waktu yang dibutuhkan untuk menjahit baju ibu?
4. Lani membantu ibu membuat kue bolu di dapur. Ibu mulai membuat kue pukul 09.00. Pukul 10.30 kue pun matang. Berapa lama waktu yang dihabiskan untuk membuat kue tersebut?
5. Ayah mulai mencuci mobil pukul 08.00. Lamanya ayah mencuci mobil adalah 45 menit. Pukul berapa ayah selesai mencuci mobil? Gambarkan dengan menggunakan jarum jam.

Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar Tema 6 Subtema 2 pb 4 tentang hak kewajiban dalam perubahan energi. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini besok kita akan belajar melanjutkan tema 6 subtema 2 pembelajaran 5 tentang contoh perubahan energi, kewajiban dalam perubahan energi dan menentukan lamanya waktu kegiatan.

Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku