topbella

Rabu, 22 Februari 2023

MATERI AJAR KAMIS, 23 FEBRUARI 2023

Hari, tanggal : Kamis, 23 Februari 2023
Kelas : 3A
Tema : Energi dan Perubahannya (6)
Subtema : Perubahan Energi (2)
Muatan Pelajaran :  B.Indonesia, PPKn dan Matematika
Pembelajaran : 5

Apersepsi :
Pada hari kemarin kita sudah belajar tema 6 subtema 2 pembelajaran 4 tentang contoh perubahan energi, kewajiban dalam perubahan energi dan menentukan lamanya waktu dalam kehidupan sehari-hari. Hari ini anak anak akan melanjutkan materi tema 6 subtema 2 pembelajaran 5 masih tentang peristiwa dalam perubahan energi, hak kewajiban dalam perubahan energi dan menentukan lamanya waktu dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa mampu mengidentifikasi peristiwa dalam perubahan energi dikehidupan sehari-hari.
2. siswa mampu mengidentifikasi hak dan kewajiban dalam penggunaan energi.
3. siswa mampu menyelesaikan soal tentang lamanya suatu kegiatan dalam kehidupan sehari hari.


Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video
Kalian sudah mempelajari bahwa perubahan energi selalu terjadi kapanpun dan di manapun. Seringkali kita tidak menyadari terjadinya perubahan energi.
Contohnya, ketika menonton televisi. Kalian tidak menyadari bahwa telah terjadi perubahan energi listrik menjadi energi cahaya.
Perubahan energi lainnya yang sering tidak disadari, misalnya saat buah jatuh. Saat buah jatuh juga terjadi perubahan energi. Perubahan tersebut energi gerak menjadi energi bunyi. Perubahan energi adalah peristiwa yang setiap saat dapat diamati. 
Sekarang, susunlah informasi perubahan energi. Mulai dari bangun tidur sampai kamu tiba di sekolah. Lihat tabel berikut untuk membantumu!


Perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Perubahan inilah yang dapat dimanfaatkan. Siapapun berhak memanfaatkan energi yang ada di muka bumi ini. Namun, jika ada hak, maka akan ada kewajiban yang harus ditunaikan. Contohnya kita berhak menggunakan listrik. Akan tetapi kita juga berkewajiban membayar rekening listrik. 
Sekarang, lengkapi tabel berikut! Isi dengan hak dan kewajiban yang saling berhubungan. Selain itu juga yang terkait dengan penggunaannya. 

Lama dan besarnya penggunaan energi listrik mempengaruhi besarnya biaya yang harus dibayar. Tentukan lama penggunaan alat-alat listrik pada tabel berikut! Kemudian, bandingkan penggunaan alat-alat tersebut dari yang paling lama sampai yang paling besar biaya listriknya.
Latihan Soal!
1. Hari Minggu, ibu menyalakan mesin air dari pukul 04.30 sampai dengan pukul 05.00 atau 04.30-05.00. Pada hari apakah ibu lebih lama menyalakan mesin air?

2. Ketika pulang sekolah, Fahmi duduk beristirahat sambil membaca buku cerita. Dia membaca dari pukul 13.30–14.30. Pada sore hari sepulang mengaji, Fahmi melanjutkan membaca buku dari pukul 17.00–17.30. Kapan Fahmi membaca lebih lama?

3. Setiap pagi, ibu mencuci pakaian menggunakan mesin cuci. Selanjutnya, ibu
melicinkannya dengan seterika listrik. Hari ini, ibu mulai mencuci dari pukul 06.30 - 07.15. Kegiatan menyeterika dilakukan dari pukul 14.00-15.30. Kegiatan mana yang lebih singkat?

4. Ibu menyiapkan nasi goreng, roti panggang, dan susu untuk sarapan. Ibu menyiapkan nasi goreng dari pukul 05.30–05.45. Setelah itu, ibu menyiapkan roti panggang dan susu. Pukul 05.55 sarapan sudah siap di meja. Mana yang
lebih lama dilakukan ibu? Menyiapkan nasi goreng atau menyiapkan roti panggang dan susu?

Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar Tema 6 Subtema 2 pb 6 tentang peristiwa dalam perubahan energi, hak kewajiban dalam perubahan energi dan menentukan lamanya waktu kegiatanSebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini besok kita akan belajar melakukan PH tema 6 subtema 2 dan kalau waktunya cukup bu guru akan menjelaskan materi baru tentang energi alternatif (tema 6 subtema 3 pembelajaran 1).

Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku