topbella

Selasa, 15 April 2025

MATERI AJAR RABU, 16 APRIL 2025

Hari, tanggal       : Rabu, 16 April 2025
Kelas                    : 1.B
Guru                    : Juwitasari Pebriani, S.Pd & Nur Aisyah, S.Pd
Mapel                   : Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila 

 
 

πŸ“Œ Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajaran
πŸ“Œ Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
  1. Memahami  kata – kata sederhana tentang arah dan letak
  2. Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.


    πŸ“Œ Tujuan Pembelajaran (TP):
    1. Peserta didik dapat membaca kata-kata sederhana tentang arah dan letak, arah dan pekerjaan di sekitar kalian.
    2. Peserta didik dapat Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.

    πŸ“Œ Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.

  • Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu mengenal ciri-ciri fisik lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menyebutkan contoh sikap dan perilaku menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikkannya di lingkungan keluarga dan sekolah. 

πŸ“Œ Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

πŸ“Œ  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita mempelajari tentang menunjukkan konsep lebih dari kurang dari dan selisih. Nah, untuk hari ini kita akan belajar materi Bahasa Indonesia dengan tujuan pembelajaran yakni melalui kegiatan membaca dan mengamati denah disekitar lingkungan rumah. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^


πŸ“ŒMateri Bahasa Indonesia

Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^

    
      Perhatikan denah berikut!
Contoh soal 
       1. Di samping kanan rumah Rafa adalah rumah Paundra
2     2. Di samping kiri rumah Asenka adalah rumah Gabriel
       3. Di depan rumah Seyna adalah rumah Yuri. 
        
        Latihan Soal
   

πŸ“Œ Materi Pendidikan Pancasila


Mari kita simak bersama video berikut ini!^^




Gotong Royong

  • Perhatikan gambar di atas! (pertanyaan pemantik)

  1.       Siapa yang suka membantu orangtua di rumah? 
  2.       Apakah kalian suka membantu orang tua di rumah?
  3.       Pekerjaan apa yang kalian lakukan untuk membantu orangtua di rumah?”

Apa itu Gotong Royong?

Gotong royong adalah bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan yang sama. Seperti bekerja bersama teman-teman di kelas untuk membersihkan kelas. Atau membantu ibu membersihkan rumah. Gotong royong membuat pekerjaan menjadi lebih ringan dan cepat selesai. Gotong royong membuat kita menjadi lebih akrab dengan teman-teman dan keluarga. Gotong royong mengajarkan kita untuk saling membantu dan peduli terhadap orang lain.

    Contoh Gotong Royong di Rumah

    • Membantu ibu membersihkan rumah.
    • Membantu ayah membersihkan halaman.
    • Merapikan mainan bersama-sama.
    • Mencuci piring bersama-sama setelah makan.

    Manfaat Gotong Royong

    • Pekerjaan menjadi lebih ringan.
    • Pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.
    • Mempererat persahabatan dan kekeluargaan.
    • Menumbuhkan sikap saling membantu.
    • Menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.
    AYO BERLATIH!
       


    πŸ“ŒREFLEKSI/KESIMPULAN PEMBELAJARAN 

    Berdasarkan pembelajaran ini, dapat diketahui bahwa peserta didik juga sudah mampu mengenal arah dari denah di depan, dipojok jalan, sebelah kanan, sebelah kiri dan di jalan pada suatu tempat serta peserta didik sudah mampu mengidentifikasi bentuk dan manfaat  gotong royong di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.








    0 komentar:

    Posting Komentar

    About

    Mengenai Saya

    Foto Saya
    Nur Aisyah, S. Pd.
    Lihat profil lengkapku