topbella

Kamis, 13 Februari 2025

MATERI AJAR JUM'AT 14 FEBRUARI 2025

Hari, tanggal : Jum'at, 14 Februari 2025
Kelas : 1.B
Guru : Juwitasari Pebriani, S.Pd dan Nur Aisyah, S.Pd
Mapel : Matematika



πŸ“Œ Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Menentukan nilai tempat pada bilangan dengan benar
    πŸ“Œ Tujuan Pembelajaran (TP):
Peserta didik dapat menentukan nilai tempat pada suatu bilangan dengan benar

    πŸ“Œ Capaian Pembelajaran (CP):

Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.

 πŸ“Œ Metode dan Media ajar

       Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
       Media ajar: Video pembelajaran, buku cetak

πŸ“ŒKegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^


πŸ“Œ Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang mengenal budaya kearifan lokal lampung yaitu membuat properti drama. Nah hari ini ananda sholeh sholehah akan belajar kembali bilangan 1-20 dan menentukan nilai tempat. Oke mari kita mulai pembelajaran hari ini. Semangat ananda sholih sholehah dalam KBM^^.

πŸ“Œ Materi Matematika

Bilangan 1-20
Menghitung banyak benda 

Merapikan Mainan 
Halim dan Malosi selesai bermain kelereng. Mereka merapikan kelereng. Halim menghitung banyak kelereng. 9, 10, 11, .... Lalu, kelereng disimpan ke dalam stoples. Halim selalu ingat pesan Ibu. Selesai bermain, rapikan mainanmu.
Ayo kita bantu Halim menghitung kelereng.

Ternyata Halim mempunyai 15 kelereng. 


Satuan adalah nilai angka yang memiliki 1 angka saja. Puluhan adalah nilai angka yang berkelipatan 10. Ratusan adalah nilai angka yang berkelipatan 100. Jadi, jika ada angka 19, maka 1 adalah puluhan dan 9 adalah satuan. Contoh lain pada angka 31, berari 3 adalah puluhan dan angka 1 adalah satuan. 


πŸ“ŒREFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan pembelajaran hari ini alhamdulillah peserta didik sudah mampu menentukan satuan puluhan pada bilangan dan sebagian peserta didik sudah dapat mengoperasikan hitung penjumlahan. 

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku