Hari, tanggal : Selasa, 12 novemober 2024
Kelas : 1.B
Guru : Juwitasari Pebriani, S.Pd & Nur Aisyah, S.Pd
Mapel : Matematika dan Seni Rupa
π Metode dan Media ajar
Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
Media ajar: Video pembelajarana dan buku cetak
π Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Menyelesaikan masalah terkait pengurangan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
Menggambar bentuk berulang
π Tujuan Pembelajaran (TP):
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait pengurangan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai bentuk berulang dengan baik
π Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
Peserta didik mampu menciptakan karya dengan mengeksplorasi dan menggunakan elemen seni rupa berupa garis, bentuk dan warna.
Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
π Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Alhamdulillah pada pertemuannya sebelumnya kita telah memepelajari materi tentang cara menyimak cerita serta kita juga akan mempelajari tentang identitas diri.
Adakah yang masih ingat identitas diri terdiri dari hal apa saja? Yaps Good job, salah satu yang ada di dalam identitas diri adalah nama lengkap, umur, dan hobi kitaa anak-anak. Nah, pada hari ini kita akan belajar matematika yaitu tentang operasi hitung penjumlahand an pengurangan dengan cara bersusun ke bawah, selain itu kita juga akan mempelajari macam-macam warna.
Sebelum memulai pembelajaran, mari kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu agar semangat kita semakin bertambah untuk mengikuti kegiatan belajar hari ini.^^
π Materi Matematika
Penjumlahan (Addition)
Penjumlahan itu seperti menggabungkan dua kelompok benda.
Contoh: Jika kamu punya 3 buah apel, lalu diberi 2 buah apel lagi, maka kamu punya 3 + 2 = 5 buah apel.
Gambar apples: 3 apples + 2 apples = 5 apples
apples: 3 apples + 2 apples = 5 apples
Pengurangan (Subtraction)
Pengurangan itu seperti mengurangi jumlah benda.
Contoh: Jika kamu punya 5 buah permen, lalu kamu makan 2 buah permen, maka sisanya adalah
5 - 2 = 3 buah permen.
Kalau sudah paham mari kita mengerjakan sumatif harian ketiga matematika ya anak sholih sholihah
πMateri Seni Rupa
Bentuk berulang dapat kita temui disekitar. Bentuk berulang adalah susunan beberapa bentuk yang berurutan dan berulang sehingga membentuk pola. Bentuk berulang dapat membentuk motif atau ragam hias. Motif atau ragam hias biasanya terdapat pada kain batik, kain tenun dan anyaman. Berikut contoh motifnya:
0 komentar:
Posting Komentar