Hari, tanggal : Kamis, 31 Oktober 2024
Kelas
:
1.B
Guru
: Nur Aisyah, S.Pd
Mapel
: Bahasa Indonesia
Materi : Tanda tanya dan Tanda Seru
📌Capaian
Pembelajaran:
Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta
didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali
menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu
merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar
orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu
percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau
tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu
isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi
yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Memahami
kalimat yang diakhiri tanda tanya dan tanda seru mengenai bunyi di sekitar.
📌 Tujuan
Pembelajaran (TP):
1. Peserta didik dapat mengenal kalimat yang diakhiri tanda
tanya dan tanda seru mengenai bunyi di sekitar
2. Peserta didik dapat menulis tanda tanya dan
tanda seru pada akhir kalimat.
📌 Metode Pembelajaran: Model Diskusi Kelompok
📌 Media/Alat Peraga: PPT, Bentuk Tanda tanya dan Seru, LKPD
📌 Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning
ananda sholih sholihah 1.B.. How's your feel today? semoga selalu diberikan
kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai
pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan
murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌 Apersepsi
:
Selamat pagi ananda
sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang
melengkapi operasi hitung penjumlahan yang hasilnya sampai 10. Nah, untuk
hari ini kita akan mempelajari materi tentang mengenal tanda baca
(tanya dan seru) . Oke mari kita mulai pembalajran hari ini. Semangat ananda
sholih sholehah dalam KBM^^.
📌 Materi Pembelajaran
Tanda baca tanya (?) dan tanda seru (!) memiliki
fungsi yang berbeda, yaitu:
Tanda tanya digunakan untuk mengakhiri
kalimat tanya dan menandai bagian kalimat yang diragukan. Contoh kalimat
tanya adalah "Sampai di mana ini?"
Tanda seru digunakan untuk mengakhiri
kalimat seru, larangan, dan perintah. Contoh kalimat perintah yang
diakhiri dengan tanda seru adalah "Tolong matikan lampu di ruang
itu!" Tanda seru juga bisa digunakan untuk menunjukkan perasaan yang
intens atau mendapatkan perhatian.
Tanda tanya dan tanda seru termasuk tanda
baca yang menandai akhir kalimat.
📌 Latihan
Kerjakan latihan berikut di LKPD ya anak anak.
Tentukan tanda tanya dan tanda seru pada LKPD berikut.
📌 Penutup
Baiklah anak-anak demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga apa yang kita pelajari pada hari ini dapat diterima dengan baik ya nakk. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!!
📌 KESIMPULAN / REFLEKSI PEMBELAJARAN
Dari pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa peserta didik sudah mampu mengenal kalimat yang menggunakan tanda baca tanya dan tanda baca seru. Dan dalam mengerjakan latihan di LKPD Alhamdulillah peserta didik mampu mengerjakannya dengan mandiri. Namun kendala yang dihadapi yaitu masih terdapat beberapa peserta didik yang kesulitan dalam mennentukan akhir dari kalimat tanya dan perintah/ajakan/larangan. Tindak lanjut yang dilakukan untuk menghadapi kendala tersebut yaitu guru memerikan penjelasan ulang terkait materi dan memberikan bimbingan secara invividu kepada peserta didik yang bersangkutan.
0 komentar:
Posting Komentar