Hari, tanggal : Kamis, 24 Oktober 2024
Kelas : 1.B
Guru : Juwitasari Pebriani, S.Pd. dan Nur Aisyah, S.Pd.
Materi : Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
Metode Pembelajaran: Demonstrasi
๐ Tujuan Projek:
Dengan mengangkat tema “Bhineka Tunggal Ika” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, topik “Keberagaman Budayaku”, projek ini bertujuan untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki karakter kebhinnekaann terhadap keberagaman etnik, agama, dan budaya. Selain itu projek ini juga bertujuan untuk mengenali dan memahami perbedaan sehingga melahirkan sikap saling menghargai, menghormati, toleransi, dan terpatri rasa bersyukur bahwa keberagaman Bangsa Indonesaia merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa serta menjunjung tinggi nilai Bhinneka Tunggal Ika dengan cara mempelajari dan menampilkan keberagaman tersebut melalui berbagai karya seperti membuat mahkota adat khas daerahnya masing-masing.
- Pada tahap observasi atau pengenalan peserta didik diajak untuk mengamati keberagaman suku, agama, budaya dan sebagainya pada teman-teman di kelas lalu peserta didik menulis hasil pengamatannya. Pendidik mengajak peserta didik berdiskusi dan melakukan tanya jawab tentang keragaman Bangsa Indonesia, seperti asal daerah, makanan daerah, pakaian adat, lagu daerah dan tarian daerah.
- Pada tahap kontekstual, peserta didik berdiskusi tentang keberagaman etnik, agama, dan budaya. dari berbagai suku daerah di Indonesia, kemudian mengenal kebudayaan dan ciri khas daerah Lampung.
- Pada tahap Aksi, peserta didik belajar dan berlatih membuat karya atau media yang menunjukkan ke khasan dari daerah Lampung, seperti mahkota siger, kopian, dalan aksesoris adat Lampung.
- Tahap Evalausi dan Refleksi dilakukan setelah tahapan aksi nyata selesai, akan mengolah masukan dari kepala sekolah, para guru, para orang tua murid dan peserta didik untuk perbaikan dan penyempurnaan proyek di waktu mendatang.
๐ Target Projek
Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi profil pelajar Pancasila yaitu:
1. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinil dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
2, Berkhebinekaan global, khususnya elemen mengenali dan menghargai budaya
3. Gotong royong, khususnya elemen kolaborasi
๐ Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
๐ Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan P5 sebelumnya kita sudah melaksanakan kegiatan membuat sketsa papan jajar. Nah, untuk hari ini kita akan belajar melanjutkan membuat kalung papan jajar. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^
TAHAP AKSI NYATA
PERTEMUAN 12
Jenis Kegiatan : Tatap Muka dan Tugas Mandiri
Tanggal Pelaksanaan : Kamis, 24 Oktober 2024
Waktu : 1 x pertemuan
Materi : Menghias Aksesoris adat Lampung (Mahkota siger dan kalung papan jajar)
Peran Pendidik : Fasilitator dan Narasumber
Persiapan:
1. Pendidik menyiapkan video pembelajaran tentang tutorial menghias aksesoris adat lampung
2. Mahkota siger dan kalung papan jajar dari kardus
Pelaksanaan:
1. Pendidik gambar contoh mahkota siger dan kalung papan jajar
2. Pendidik menampilkan cara membuat gelang adat lampung dari bahan kardus: https://youtu.be/NYuqbnbZV1k?si=nkz1I4NEoXRWQV9Y
3. Pendidik memberikan penjelasan sederhana mengenai Langkah-langkah yang akan dilakukan untuk menghias aksesoris adat Lampung
4. Bersama Pendidik, peserta didik mencoba menghias mahkota siger dan kalung papan jajar seperti yang ada pada video.
LEMBAR KERJA PERTEMUAN 12
MENGHIAS MAHKOTA SIGER DAN KALUNG PAPAN JAJAR
Alat dan Bahan:
· Manik-manik
· Kertas marmer emas
· Lem
· Alat tulis
· Gunting
· Penggaris
Langkah-Langkah:
1. Peserta didik menyiapkan alat dan bahan
2. Pendidik memberikan gambar contoh mahkota siger dan kalung papan jajar kepada peserta didik
3. Peserta didik menyaksikan videp pembelajaran yang te;ah disiapkan oleh guru
4. Peserta didik menyiapkan mahkota siger dari kardus dan kalung papan jajar yang sebelumnya telah dibuat dan siap untuk dihias
5. Peserta didik melapisi mahkota siger dan kalung papan jajar dengan kertas marmer emas
6. Kemudian, Mahkota siger dan kalung papan jajar dihias dan ditempeli dengan manik-manik sesuai arahan dari guru
7. Setelah itu tambahkan manik-manik Mutiara ditengah mahkota siger sebagai hiasan
8. Setelah ajdi tunggu hingga semua manik-manik merekat dan simpah aksesoris yang telah jadi ditempat yang telah disediakan guru.
๐REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat disimpulkan bahwa seluruh peserta didik mampu menghias mahkota siger dan kopiah emas dengan baik.
0 komentar:
Posting Komentar