topbella

Kamis, 26 September 2024

MATERI AJAR JUM'AT, 27 SEPTEMBER 2024

Hari, tanggal : Jum'at, 27 September 2024

Kelas : 1.B

Guru : Juwitasari Pebriani, S.Pd dan Nur Aisyah, S.Pd

Mapel : Matematika


πŸ“Œ Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

    1. Menentukan pengurangan yang hasilnya 1-10 dengan benar


    πŸ“Œ Tujuan Pembelajaran (TP):

        1. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait penjumlahan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

 

    πŸ“Œ Capaian Pembelajaran (CP):

Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.


πŸ“ŒKegiatan Awal (Sapaan)


Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^


πŸ“Œ Apersepsi

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang membuat sketsa mahkota siger dan kopiah emas. Ada yang masih ingat kemarin kita belajar p5 tentang apa? iya benar tentang membuat sketsa mahkota siger dan kopiah emas. Oke mari kita mulai pembelajaran hari ini. Semangat ananda sholih sholehah dalam KBM^^.


πŸ“ŒMateri Matematika

Penjumlahan adalah cara untuk menggabungkan dua kelompok benda atau lebih menjadi satu kelompok.

Tanda penjumlahan: (+) Contoh: 2 + 3 = 5 (Dua ditambah tiga sama dengan lima)

Cara menjumlahkan:

Menggunakan benda-benda di sekitar kita (misalnya, kelereng, pensil).

Menggunakan garis bilangan.

Menggunakan jari.

Pengurangan

Apa itu pengurangan? Pengurangan adalah cara untuk mengurangi jumlah benda dalam suatu kelompok.

Tanda pengurangan: (-) Contoh: 5 - 2 = 3 (Lima dikurangi dua sama dengan tiga)

Cara mengurangkan:

Menggunakan benda-benda di sekitar kita.

Menggunakan garis bilangan.

Menggunakan jari.

Kata-kata yang sering digunakan dalam penjumlahan dan pengurangan:

Penjumlahan: ditambah, jumlah, seluruhnya, gabungan.

Pengurangan: dikurangi, sisa, selisih.

Contoh Soal:

Penjumlahan:

Andi punya 3 buah apel, Budi punya 2 buah apel. Berapa jumlah apel mereka? (3 + 2 = 5 buah apel)

Pengurangan:

Ibu membeli 5 buah jeruk. Ayah makan 2 buah jeruk. Berapa sisa jeruk? (5 - 2 = 3 buah jeruk)

LATIHAN SOAL


πŸ“ŒREFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN

Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat disimpulkan bahwa peserta didik memahami materi mengenai operasi hitung pengurangan bilangan 1-10 dengan baik namun ada beberapa siswa yang belum memahami operasional hitung pengurangan.









0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku