Hari, tanggal : Rabu, 14 Agustus 2024
Kelas : 1.B
Guru : Juwitasari Pebriani, S.Pd. dan Nur Aisyah, S.Pd.
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia & Pendidikan Pancasila
1. Alur Tujuan Pembelajaran
- Mengenali abjad
- Mengenali huruf kapital dan huruf kecil
- Merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b'
- Menulis huruf ‘B’ dan ‘b'
- Mengidentifikasi hubungan simbol dan sila Pancasila
2. Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik dapat mengenali abjad
- Peserta didik menyebutkan kata yang diawali suku kata ba-, bu-, bi-
- Peserta didik dapat mengerjakan soal latihan bahasa Indonesia
- Peserta didik dapat mengidentifikasi hubungan simbol dan sila Pancasila
3. Capaian Pembelajaran
- Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
- Peserta didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.
4. Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B.. How are you today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa anak sholeh sholehah Aamiin.
Walaupun hari ini kita belajar dirumah jangan lupa sebelum mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah surat terlebih dahulu yaa sholeh sholehah bu guru.
5. Apersepsi
Pada pertemuan sebelumnya kita telah melaksanakan Sumatif Harian Matematika tentang bilangan 1-10. Nah, untuk hari ini kita akan belajar suku kata ba-, bu- dan bi- dan simbol simbol Pancasila kembali. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa..
6. Materi Pembelajaran
BAHASA INDONESIA
Melafalkan Huruf Bersama-sama
- Bacalah huruf secara berurut dengan menunjuk pada poster abjad di kelas atau kartu huruf. Tanyakan kepada para peserta didik, apakah mereka dapat melakukannya sendiri.
- Sebagai variasi, peserta didik dapat diminta untuk menyanyikan lagu abjad.
gambar terkait abjad yang dapat dilafalkan oleh peserta didik
peserta didik mengenali bunyi serta bentuk huruf kapital dan huruf kecil.
Mengidentifikasi Bentuk Huruf pada Deret Abjad
- Tanyakan beberapa huruf kepada seorang peserta didik. Apabila ia belum dapat menjawab pertanyaan, tawarkan kepada peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut.
- Ajak peserta didik untuk membedakan bentuk huruf kapital dan huruf kecil.
- Peserta didik bisa diminta untuk bergantian menyebutkan nama huruf yang ditunjuk oleh guru.
- Minta peserta didik untuk mengidentifikasi abjad pada kata-kata ‘bola’, ‘biru’, ‘Boni’, dan ‘batu’.
- Lakukan kegiatan membaca huruf ini secara rutin setiap sebelum memulai pembelajaran Bahasa Indonesia, hingga seluruh peserta didik mengenali bunyi serta bentuk huruf kapital dan huruf kecil.
gambar terkait huruf kapital dan huruf kecil
setelah mempelajari suku kata berawalan dari huruf B, ayo kita berlatih.
LATIHAN SOAL
PENDIDIKAN PANCASILA
Yuk, nyanyikan lagu Garuda Pancasila dengan penuh semangat😊
Video ini adalah video lagu Garuda Pancasila yang dapat dinyanyikan peserta didik
Dan untuk pendidikan pancasila kalian masih mempelajari simbol simbol Pancasila, tugas untuk ananda nanti ananda Sholeh Sholehah silahkan hafalkan bunyi Pancasila dan ceritakan tentang simbol-simbol Pancasila.
7. REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu membaca dan mengerjakan soal latihan materi abjad dan awalan suku kata ba, bu, bo dengan baik serta menyebutkan simbol dan bunyi Pancasila namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal dikarenakan peserta didik tersebut dapat membaca untuk mengatasi hal tersebut maka guru akan melakukan bimbingan kepada peserta didik tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar