Tema 8 : Lingkungan sahabat kita
Subtema 3 : Upaya Pelestarian lingkungan
Pembelajaran : 5
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8), IPS (KD 3.3 dan KD 4.3) PKN (KD 3.3 dan 4.3)
Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8), SBdP (KD 3.1 dan KD 4.1), IPA(KD 3.8 dan KD 4.8),
2. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca materi, siswa mampu menyebutkan langkah-langkah membuat gambar cerita dengan benar.
2. Dengan membaca materi, siswa dapat menjelaskan cara-cara memelihara ketersediaan air bersih dengan baik.
4.Dengan membaca materi, siswa mampu menyebutkan contoh cerita tentang arti pentingnya memahami keragaman social budaya masyarakat.
Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8)
Menuliskan Peristiwa dari teks Nonfiksi dalam bentuk Peta pikiran
Informasi-informasi yang berkaitan dengan peristiwa dalam teks sebaiknya ditulis secara ringkas dan jelas agar pembaca dapat memahaminya.Kita dapat menyampaikan peristiwa dalam teks melalui sebuah peta pikiran.Dengan peta pikiran , kamu dapat menyajikan gambaran menyeluruh atau suatu hal, dalam waktu yang lebih singkat. Dengan kata lain, peta pikiran mampu memangkas waktu sehingga lebih efektif. Selain itu, peta pikiran juga dapat membantu kita untuk banyak hal seperti merencanakan, berkomunikaasi, menjadi lebih kreatif, menyelesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun, dan menjelaskan pikiran-pikiran, mengingat dengan lebih baik, belajar lebih cepat dan efisien, serta melatih mengingat gambaran teks keseluruhan. Pada peta pikiran, informasi yang kamu dapat pada sebuah teks ditulis dalam bentuk kotak-kotak dan saling berkaitan.Informasi dalam peta pikiran ditulis dengan ringkas dan jelas.
Menuliskan Peristiwa dalam Teks Nonfiksi
Peristiwa dapat ditemukan dengan membaca keseluruhan isi teks. Saat membaca, kita tentu akan menemukan gagasan pokok deri setiap paragraph. Gagasan pokok adalah inti dari pembahasan pada sebuah paragraph.Kita dapat mengetahui peristiwa berdasarkan gagasan pokok tersebut. Dengan memahami gagasan pokok setiap paragraf dalam teks, maka kamu akan dapat memahami isi teks secara keseluruhan. Gagasanpokok terletak pada kalimat utama.Biasanya, kalimat utama sebuah paragraph terletak pada awal atau akhir sebuah paragraf.
SBdP (KD 3.1 dan KD 4.1)
Langkah-Langkah Membuat Gambar Cerita
1. Persiapan Bahan dan Alat
Sebelum menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya kamu tentukan dahulu jenis teknik yang akan kamu gunakan, teknik basah atau teknik kering? Setelah itu, persiapkan alat dan bahannya.
2. Menentukan Tema
Pemilihan tema akan menentukan gambar yang akan dibuat. Penentuan tema dapat dilakukan dengan melihat lingkungan sekitar atau pengalaman diri sendiri dan orang lain.
3. Pembuatan Sketsa
Setelah menentukan tema langkah selanjutnya yaitu membuat sketsa.Sketsa sebaiknya dibuat lebih dari satu agar kita dapat memilih yang terbaik.
4. Penyelesaian Gambar
Dari beberapa sketsa yang dibuat dapat dipilih satu yang menurutmu paling baik.Kemudian, sempurnakan dengan menghapus garis-garis yang tidak perlu dan menambah garis atau coretan yang dirasa perlu agar gambar tampak lebih hidup.Jika sudah mantap, warnai gambarmu dengan rapi.Kamu dapat mewarnai dengan teknik basah atau teknik kering.Pewarnaan dengan teknik basah menggunakan cat air, cat minyak, atau tinta.Sebaliknya, pewarnaan dengan teknik kering menggunakan pensil warna, krayon, atau oil pastel.
Tahap Mewarnai Gambar dalam Membuat Gambar Cerita
Setelah menentukan tema dan membuat sketsa sesuai tema, tahap berikutnya ialah mewarnai gambar.Ada dua macam teknik pewarnaan, yaitu pewarnaan basah dan pewarnaan kering.Teknik pewarnaan basah ialah pewarnaan menggunakan media yang memerlukan pengencer, misalnya tinta, cat air, atau cat minyak.Sebaliknya, teknik pewarnaan kering ialah pewarnaan
menggunakan media yang tidak memerlukan bahan pengencer, misalnya pensil warna, krayon, atau oil pastel. Gambar berikut merupakan gambar dari sebuah cerita tentang seorang anak yang tidak mau bekerja sama dengan temannya dalam menyelesaikan tugas mewarnai. Saat melihat teman-teman lain telah menyelesaikan tugas, si anak mau bekerja sama untuk segera menyelesaikan tugas. Perhatikan gambar sebelum diwarnai dan setelah diwarnai.
Perhatikan gambar-gambar tersebut.Gambar pertama merupakan gambar sketsa yang telah disempurnakan.Gambar berikutnya merupakan gambar yang telah diwarnai.
IPA (KD 3.8 dan KD 4.8)
Penghematan Air
Amatilah penggunaan air di rumahmu! Air digunakan untuk mandi, mencuci pakaian, memasak, dan mencuci piring.Berapa banyak air yang digunakan di rumahmu setiap hari?
Walaupun hingga saat ini air selalu tersedia di alam, tetapi kita harus menggunakan air secara bijaksana.Menghemat penggunaan air sangat bermanfaat, terutama jika air diperoleh melalui pompa air listrik atau PDAM. Semakin sering kita menghidupkan pompa tersebut, semakin besar
tagihan listrik yang harus kita bayar. Demikian juga jika kita menggunakan air dari PDAM.Semakin banyak air yang kita pakai, tagihan air per bulannya juga semakin besar.Mungkin kamu belum dapat membayangkan tentang pemborosan penggunaan air.
SBdP (KD 3.1 dan KD 4.1)
Langkah-Langkah Membuat Gambar Cerita
1. Persiapan Bahan dan Alat
Sebelum menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya kamu tentukan dahulu jenis teknik yang akan kamu gunakan, teknik basah atau teknik kering? Setelah itu, persiapkan alat dan bahannya.
2. Menentukan Tema
Pemilihan tema akan menentukan gambar yang akan dibuat. Penentuan tema dapat dilakukan dengan melihat lingkungan sekitar atau pengalaman diri sendiri dan orang lain.
3. Pembuatan Sketsa
Setelah menentukan tema langkah selanjutnya yaitu membuat sketsa.Sketsa sebaiknya dibuat lebih dari satu agar kita dapat memilih yang terbaik.
4. Penyelesaian Gambar
Dari beberapa sketsa yang dibuat dapat dipilih satu yang menurutmu paling baik.Kemudian, sempurnakan dengan menghapus garis-garis yang tidak perlu dan menambah garis atau coretan yang dirasa perlu agar gambar tampak lebih hidup.Jika sudah mantap, warnai gambarmu dengan rapi.Kamu dapat mewarnai dengan teknik basah atau teknik kering.Pewarnaan dengan teknik basah menggunakan cat air, cat minyak, atau tinta.Sebaliknya, pewarnaan dengan teknik kering menggunakan pensil warna, krayon, atau oil pastel.
Tahap Mewarnai Gambar dalam Membuat Gambar Cerita
Setelah menentukan tema dan membuat sketsa sesuai tema, tahap berikutnya ialah mewarnai gambar.Ada dua macam teknik pewarnaan, yaitu pewarnaan basah dan pewarnaan kering.Teknik pewarnaan basah ialah pewarnaan menggunakan media yang memerlukan pengencer, misalnya tinta, cat air, atau cat minyak.Sebaliknya, teknik pewarnaan kering ialah pewarnaan
menggunakan media yang tidak memerlukan bahan pengencer, misalnya pensil warna, krayon, atau oil pastel. Gambar berikut merupakan gambar dari sebuah cerita tentang seorang anak yang tidak mau bekerja sama dengan temannya dalam menyelesaikan tugas mewarnai. Saat melihat teman-teman lain telah menyelesaikan tugas, si anak mau bekerja sama untuk segera menyelesaikan tugas. Perhatikan gambar sebelum diwarnai dan setelah diwarnai.
Perhatikan gambar-gambar tersebut.Gambar pertama merupakan gambar sketsa yang telah disempurnakan.Gambar berikutnya merupakan gambar yang telah diwarnai.
IPA (KD 3.8 dan KD 4.8)
Penghematan Air
Amatilah penggunaan air di rumahmu! Air digunakan untuk mandi, mencuci pakaian, memasak, dan mencuci piring.Berapa banyak air yang digunakan di rumahmu setiap hari?
Walaupun hingga saat ini air selalu tersedia di alam, tetapi kita harus menggunakan air secara bijaksana.Menghemat penggunaan air sangat bermanfaat, terutama jika air diperoleh melalui pompa air listrik atau PDAM. Semakin sering kita menghidupkan pompa tersebut, semakin besar
tagihan listrik yang harus kita bayar. Demikian juga jika kita menggunakan air dari PDAM.Semakin banyak air yang kita pakai, tagihan air per bulannya juga semakin besar.Mungkin kamu belum dapat membayangkan tentang pemborosan penggunaan air.
Latihan Soal
Soal Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3
1.Segala sesuatu yang berhubungan dengan perbedaan yang ada di masyarakat sering disebut…
a. perbedaan ras
b. perbedaan suku
c. keanekaragaman nusantara
d. keragaman sosial
2. Keragaman sosial dan budaya di negeri ini seharusnya dijadikan…
a. perbedaan yang mencolok
b. alat untuk pemecah belah
c. kekayaan bangsa
d. penghalang persatuan bangsa
Jawaban: kekayaan bangsa.
3. Keragaman budaya yang ada di Indonesia merupakan suatu anugrah dari…
a. pemerintah
b. orang tua
c. Tuhan Yang Maha Esa
d. leluhur
Jawaban: Tuhan Yang Maha Esa.
4. Bahasa yang menjadi pemersatu bangsa Indonesia adalah bahasa ….
a. daerah
b. Jawa
c. Melayu
d. Indonesia
Jawaban: Indonesia.
5. Berikut ini yang bukan termasuk contoh menghormati keragaman sosial budaya di Indonesia adalah…
a. suka memakai produk dalam negeri
b. lebih suka memakai barang impor
c. bangga menjadi bangsa Indonesia
d. senang mempelajari budaya Indonesia
Jawaban: lebih suka memakai barang impor.
Soal Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Bahasa Indonesia
6. Agar kita mendapatkan informasi yang cepat dari sebuah teks, maka kita bisa melakukan…
a. membaca nyaring
b. membaca seksama
c. membaca memindai
d. menulis ulang
7. Tempat dan waktu terjadinya suatu peristiwa di dalam cerita sering disebut…
a. tema
b. latar atau setting
c. alur
d. penokohan
8. Nama lain dari poin of view dalam sebuah cerita adalah…
a. tema
b. penokohan
c. alur
d. sudut pandang
9. Informasi yang terkandung dalam suatu bacaan nonfiksi berupa…
a. imajinasi pengarang
b. mitologi
c. fakta
d. khayalan pengarang
10. Berikut ini contoh judul cerita nonfiksi adalah…
a. Bertanam Cabai Rawit
b. Dongeng Kancil dan Buaya
c. Cerita Asal Mula Rawa Pening
d. Tikus Yang Serakah
Soal IPA Kelas 5 Tema 8 Subtema 3
11. Berikut ini yang bukan ciri ciri air yang sehat adalah…
a. bersih dan tidak keruh
b. berasa manis
c. tidak berbau
d. tidak meninggalkan endapan
12. Apabila air tercemar dengan bakteri E Colli dapat menyebabkan penyakit…
a. diare
b. diabetes
c. sakit jantung
d. patah tulang
13. Air cucian beras bisa kita gunakan untuk…
a. mencuci pakaian
b. menyirami tanaman
c. air minum
d. mencuci motor
14. Apabila kita mandi menggunakan air yang tercemar limbah…
a. kulit kita menjadi putih
b. menyebabkan sakit kulit
c. menyebabkan sakit perut
d. bisa menyembuhkan penyakit kulit
15. Tindakan berikut ini merupakan contoh menghemat air bersih adalah…
a. menutup kran air jika tidak digunakan
b. mencuci motor setiap hari
c. menyirami halaman rumah dengan air PDAM
d. mandi dengan berendam di bak mandi
16. Kegiatan membuat barang atau pun jasa sering disebut kegiatan…
a. ekonomi
b. distribusi
c. produksi
d. konsumsi
17. Orang atau pihak yang menyalurkan barang dan jasa sering disebut…
a. distribusi
b. distributor
c. konsumen
d. produsen
18. Kakak menikmati sepotong roti. Berarti kakak telah melakukan kegiatan ekonomi berupa ….
a. konsumsi
b. produksi
c. distribusi
d. inspirasi
19. Berikut ini yang termasuk kegiatan produksi adalah…
a. membeli baju di supermarket
b. menjual barang secara online
c. membuat keripik untuk dijual
d. menikmati secangkir kopi di warung
20. Berikut ini yang termasuk kegiatan di bidang jasa kecuali…
a. biro perjalanan
b. dokter
c. pabrik tahu
d. tukang cukur
0 komentar:
Posting Komentar