Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia ( KD 3. 8, 4.8), IPA ( 3.8 dan 4.8) dan SBdP (3.2 dan 4.2)
1. Apersepsi
Alhamdulillah kita kemarin sudah belajar tentang peristiwa dalam kehidupan di tema 7, hari ini kita akan memasuki tema 8 subtema 1 pembelajaran 2
Sebelumnya, tonton dulu vidio dibawah ini ya nak
2. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui kegiatan menyanyi, siswa mampu mengidentifikasi berbagai tangga nada dengan benar.
2. Melalui kegiatan pengamatan, siswa mampu menjelaskan terjadinya siklus air dengan baik.
3. Melalui kegiatan menggali informasi dari sumber bacaan, siswa dapat membuat bagan sederhana untuk menjelaskan siklus air.
4. Melalui kegiatan mengamati, siswa mampu mengidentifikasi urutan peristiwa dalam bacaan dengan benar.
3. Materi Ajar
Muatan IPA ( KD 3.8 dan 4.8)
Siklus Air
Tahapan Siklus air diantaranya :
1. Penguapan ( Evaporasi)
2. Pengembunan ( Kondensasi)
3. Hujan (Presipitasi)
Air di laut, sungai, dan danau menguap akibat panas dari sinar matahari. Proses penguapan ini disebut evaporasi. Tumbuhan juga mengeluarkan uap air ke udara. Uap air dari permukaan bumi naik dan berkumpul di udara. Lama-kelamaan, udara tidak dapat lagi menampung uap air (jenuh). Proses ini disebut presipitasi (pengendapan). Ketika suhu udara turun, uap air akan berubah menjadi titik-titik air. Titik-titik air ini membentuk awan. Proses ini disebut kondensasi (pengembunan).
Titik-titik air di awan selanjutnya akan turun menjadi hujan. Air hujan akan turun di darat maupun di laut. Air hujan itu akan jatuh ke tanah atau perairan. Air hujan yang jatuh di tanah akan meresap menjadi air tanah. Selanjutnya, air tanah akan keluar melalui sumur.
Air tanah juga akan merembes ke danau atau sungai. Air hujan yang jatuh ke perairan, misalnya sungai atau danau, akan menambah jumlah air di tempat tersebut. Selanjutnya air sungai akan mengalir ke laut. Namun, sebagian air di sungai dapat menguap kembali. Air sungai yang menguap membentuk awan bersama dengan uap dari air laut dan tumbuhan. Proses siklus air pun terulang lagi.
Muatan B. Indonesia (KD. 3.8 dan 4.8)
Teks fiksi adalah teks yang dibuat berdasarkan imajinasi pengarang. Sedangkan teks nonfiksi adalah teks yang dibuat berdasarkan fakta atau kenyataan.
Menuliskan peristiwa penting yang terdapat pada Teks Nonfiksi
Isi teks biasanya terdiri dari beberapa paragraf dan di dalam paragraf terdapat beberapa kalimat. Isi teks akan lebih mudah diingat dengan peta pikiran. Peta pikiran adalah suatu bagan yang digunakan untuk menggambarkan berbagai gagasan suatu teks. Untuk mencari informasi pada teks nonfiksi menggunakan 5 W + 1H.
(Muatan SBdP KD.3.2 dan 4.2)
Tangga nada mayor adalah tangga nada diatonis yang susunan nada-nadanya berjarak 1-1-1/2-1-1-1-1/2
2. Ciri-ciri lagu bertangga nada mayor
Ciri-cirinya adalah:
- Bersifat riang gembira
- Bersemangat
- Biasanya diawali dan diakhiri nada do
- Mempunyai pola interval 1, 1, 1/2, 1, 1, 1, 1/2
berikut ini adalah contoh lagu bertangga nada mayor
4. Contoh soal :
1. sebutkan ciri-ciri tangga nada mayor ?
- Bersifat riang gembira
- Bersemangat
- Biasanya diawali dan diakhiri nada do
- Mempunyai pola interval 1, 1, 1/2, 1, 1, 1, 1/2
5. Evaluasi
1. Hewan-hewan membutuhkan air di antaranya untuk ….
2. Memasak dan minum yang menggunakan air adalah contoh penggunaan air oleh manusia untuk kebutuhan ….
3. Proses penguapan air laut dan sungai paling banyak disebabkan oleh ….
4. Selain dari air sungai dan air laut yang mengalami penguapan pada siklus air, uap air juga berasal dari ….
5. Tangga nada diatonis dibagi menjadi dua yaitu tangga nada …. dan ….
6. Nada diatonis mayor mempunyai ciri-ciri antara lain adalah ….
7. Nada diatonis mayor memiliki interval ….
8. Nada diatonis minor memiliki interval ….
9. Contoh lagu tangga nada diatonis mayor adalah ….
10. Air di bumi mengalami siklus yang terus berputar, proses penguapan air laut dalam siklus air disebut juga dengan ….
6.Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga soleh soleha sudah memahami tentang tahapan siklus air dan tangga nada mayor , besok masuk ke pembelajaran 3 apabila ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan ke ibu/bapak guru ya..
0 komentar:
Posting Komentar