Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Tema 7 : Peristiwa dalam Kehidupan
Sub Tema 3 : Peristiwa Mengisi Kemerdekaan
Pembelajaran ke : 4
Muatan Terpadu : PPKn ( KD 3. 3, 4.3), Bahasa Indonesia (KD 3.9, 4. 9)
TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Setelah membaca materi peserta didik dapat mengetahui peristiwa lahirnya Pancasila dengan penuh tanggung jawab.
- Setelah membaca materi peserta didik dapat mengidentifikasi makna Pancasila dalam keragaman budaya bangsa dengan penuh kepedulian.
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Good morning my student 🤗
How are you today ?
Before studying let us pray
رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالإِسْلَامِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلًا رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا
1. Apersepsi
Alhamdulillah pada pelajaran sebelumnya kita sudah mempelajari kegiatan pembangunan untuk mengisi kemerdekaan dan karya seni rupa daerah, hari ini di pembelajaran yang ke 3 kita akan mempelajari mata pelajaran PPKN dan Bahasa Indonesia. Simak materi hari ini sampai selesai ya anak sholeh sholehah 🤗
Sebelumnya kita simak dahulu video di pembelajaran yang ke 3 dibawah ini ya
pemerintahan, perusahaan, atau organisasi yang ditujukan kepada lembaga.
Fungsi Surat Pribadi & Surat Dinas
Dari sisi fungsinya, surat pribadi maupun surat dinas relatif sama. Berikut ini merupakan fungsi dari surat dinas dan surat pribadi:
1. Sebagai pedoman pekerjaan, seperti surat instruksi, surat pemberian izin atau pun surat pengambilan keputusan.
2. Sebagai alat pengingat, karena surat ini dapat dijadikan arsip bagi instansi.
3.Sebagai bukti perkembangan suatu instansi atau lembaga.
4. Sebagai alat bukti, terutama surat perjanjian
Jenis Surat dinas :
1. Surat Panggilan Kerja: Surat resmi yang bertujuan untuk memanggil seorang calon pegawai untuk melakukan wawancara, pengujian, dan keperluan lainnya terkait panggilan kerja.
2. Surat Perintah Perjalanan Dinas: Surat resmi yang dikeluarkan oleh suatu instansi/ lembaga kepada pejabat tertentu untuk melakukan perjalanan dinas. Umumnya perjalanan dinas dilengkapi dengan fasilitas pembiayaan perjalanan dan fasilitas lainnya.
3. Surat Perjanjian Kerja: Surat resmi yang berisi kesepakatan untuk bekerja pada suatu perusahaan yang dilakukan dan ditandatangani oleh calon pekerja dan pihak perusahaan. Surat ini umumnya dilengkapi dengan ketentuan yang mengatur hubungan kerja antara perusahaan dan karyawan.
Ciri-ciri Surat Pribadi dan Dinas
Adapun ciri dari surat dinas, yang diantaranya sebagai berikut:
1. Adanya kop surat dan nama instansi atau pun lembaga.
2. Adanya nomer surat dan lampiran.
3. Adanya salam pembuka maupun salam penutup.
4. Menggunakan bahasa resmi, karena surat dinas merupakan surat resmi.
5. Adanya stempel instansi atau lembaga pada surat
Ciri Penggunaan Bahasa pada Surat Pribadi :
1. Pilihan kata sapaan bersifat pribadi (kata emosi dan ekspresif)
2. Bahasa surat pribadi tidak formal tetapi santun
3. Pilihan ragam bahasa tergantung siapa penerima surat
4. Menggunakan sapaan (seperti orang bercakap)
5. Menggunakan kata ganti orang pertama (untuk pengirim) dan kata ganti orang kedua untuk penerima
3. Contoh soal
Surat pribadi adalah bentuk komunikasi tertulis (surat-menyurat) yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain.
4. Evaluasi
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar dan tepat !
1. Perbedaan antara surat pribadi dan dinas adalah ?
2. Sebutkan jenis dan ciri-ciri surat dinas !
3. Sebutkan nilai - nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila !
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Teks untuk soal nomor 1 dan 2.
Sistem tanam paksa adalah sebuah aturan yang diperintahkan oleh gubernur Van den Bosch yang mewajibkan agar setiap desa menyisihkan tanahnya untuk ditanami tanaman ekspor.
Pencetus sistem tanam paksa adalah Johannes Van de Bosch. Pada tahun 1830 mulai diterapkan
aturan kerja rodi (kerja paksa) yang disebut Cultuur Stelsel.
Pencetus sistem tanam paksa adalah ....
a. Johannes Van de Bosch
b. Herman Willem Daendels
c. Boedi Oetomo
d. Douwes Dekker
Sistem tanam paksa adalah sebuah aturan yang diperintahkan oleh gubernur Van den Bosch yang mewajibkan agar setiap desa menyisihkan tanahnya untuk ditanami tanaman ekspor.
Pencetus sistem tanam paksa adalah Johannes Van de Bosch. Pada tahun 1830 mulai diterapkan
aturan kerja rodi (kerja paksa) yang disebut Cultuur Stelsel.
Pencetus sistem tanam paksa adalah ....
a. Johannes Van de Bosch
b. Herman Willem Daendels
c. Boedi Oetomo
d. Douwes Dekker
2. Aturan kerja rodi mulai diterapkan pada tahun ....
a. 1831
b. 1829
c. 1830
d. 1832
3. Surat undangan resmi ditulis dengan bahasa yang ....
a. lucu
b. santai
c. baku
d. indah
4. Penulisan kalimat penutup surat yang tepat adalah ....
a. Karena begitu pentingnya acara, kami sangat mengucapkan terima kasih.
b. Demikian surat ini kami buat, atas kerja samanya kami ucapkan banyak sekali terima kasih.
c. Demikian, atas kehadiran Bapak/Ibu orang tua/wali siswa sebelumnya kami ucapkan terima kasih.
d. Besar sekali harapan kami atas kehadiran Saudara pada ....
5. Ibu membeli obat sakit kepala di apotik.
Kata yang tidak baku dari kalimat di atas adalah ....
a. membeli
b. sakit
c. obat
d. apotik
6. Sebuah karangan yang disajikan secara kronologis sesuai dengan urutan waktu kejadiannya dan memiliki konflik dinamakan ....
a. narasi
b. eksposisi
c. deskripsi
d. persuasif
7. Negara Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil rempah-rempah, seperti lada, vanili, dan cengkeh.
Pertanyaan yang tepat untuk jawaban di atas adalah ....
a. Mengapa banyak negara asing yang tertarik untuk menjadikan Indonesia sebagai negara kekuasaan?
b. Siapa yang pertama kali memelopori pergerakan melawan penjajah?
c. Bagaimana Indonesia dapat lepas dari penjajahan Belanda?
d. Di mana letak negara Indonesia?
8. Kata tanya yang tepat untuk menanyakan penjelasan mengenai proses terjadinya sebuah peristiwa adalah ....
a. apa
b. kapan
c. mengapa
d. bagaimana
9. Berikut ini yang tidak terdapat di dalam teks narasi adalah ....
a. alur cerita
b. tokoh
c. konflik
d. pemanis cerita
10."Para atlit berangkat menuju tempat pertandingan menggunakan bus".
Kata tidak baku dalam kalimat di atas adalah ....
a. atlit
b. berangkat
c. tempat
d. bus
5. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga ananda sholeh sholehah sudah memahami surat pribadi dan dinas, besok kita masih belajar di tema 7 subtema 3 masuk ke pembelajaran 4, apabila ada pertanyaan tentang materi pelajaran 3 yang masih belum paham bisa langsung ditanyakan ke bu guru ya..
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
0 komentar:
Posting Komentar