topbella

Kamis, 25 Mei 2023

MATERI AJAR JUM'AT, 26 MEI 2023

Hari, tanggal : Jum'at, 26 Mei 2023
Kelas : 3A
Tema : Perkembangan Teknologi (7)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PPKn, MTK
Review Materi


Apersepsi :

Pada hari kemarin anak anak sudah belajar tema 8 subtema 4 pembelajaran 5 dan 6 masih tentang menuliskan diagram batang, menentukan arah mata angin, sikap pada sila pancasila. Hari ini kita akan mereview kembali materi tema 7 (perkembangan teknologi)


Tujuan Pembelajaran :
1. siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari suatu bacaan dengan tepat
2. siswa dapat menjelaskan pengertian keliling bangun secara runtut dan tepat.
3. siswa dapat mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif dengan tepat. Melalui diskusi dalam kelas, siswa dapat menunjukkan kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif dengan tepat.


Rangkuman Materi Kelas 3 SD Tema 7 (Perkembangan Teknologi) : 

 Teknologi pangan adalah penerapan ilmu pengetahuan untuk mengolah bahan pangan. Teknologi pangan dilakukan agar bahan pangan selalu tersedia. Teknologi pangan dilakukan dengan cara mengolah, menyimpan, mengemas, dan mengawetkan bahan pangan. Perbedaan merupakan anugerah dari Tuhan. Kita harus menyikapi setiap perbedaan itu dengan sikap-sikap yang terpuji. Pola irama adalah panjang pendeknya bunyi. Setiap lirik lagu memiliki pola irama yang berbeda. Teknik paling dasar dalam renang adalah menahan napas di dalam air dan mengambang di atas permukaan air. Luas bangun datar dapat ditentukan dengan menggunakan persegi satuan.

Pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia. Pakaian digunakan untuk melindungi tubuh dari kotoran, debu, udara panas dan udara dingin. Pakaian dibuat dari bahan dasar alami dan sintetik. Bahan dasar pakaian alami misalnya kapas, bulu domba, dan kepompong ulat sutra. Pengolahan bahan sandang menjadi pakaian mengalami perkembangan dari cara tradisional (menggunakan alat tradisional) menjadi cara modern (menggunakan mesin). Kita harus menghargai keragaman yang ada di masyarakat. Gerak tari Pattenung menggambarkan kebiasaan perempuan Bugis menenun pakaian.

Komunikasi adalah proses penyampaian berita atau pesan kepada orang lain, baik secara langsung atau tidak langsung. Perkembangan teknologi komunikasi ditandai dengan semakin banyak alat komunikasi. Simbol atau rambu keselamatan di kolam renang merupakan bagian dari cara berkomunikasi.

Perkembangan transportasi menggunakan alat mulai berkembang dengan adanya penemuan roda. Kereta api merupakan alat transportasi massal yang umumnya terdiri dari lokomotif dan rangkaian kereta atau gerbong. Kereta api dapat digerakkan oleh uap kayu bakar, diesel (batubara), maupun listrik. Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari banyak suku bangsa. Salah satu alat transportasi air adalah kapal laut. Perkembangan kapal laut adalah kano atau sampan yang digerakkan oleh dayung, perahun layar, perahu uap, dan perahu motor.

Pesawat terbang merupakan alat transportasi udara paling diminati oleh banyak orang karena dapat menghemat waktu. Pesawat terbang dapat mengudara karena mendapat daya dorong mesin sehingga udara memberi gaya angkat terhadap sayap pesawat.


Diskusikan hal yang akan terjadi akibat adanya keberagaman sikap terhadap perkembangan teknologi.

Akibat dari adanya keberagaman sikap pada setiap orang terhadap perkembangan teknologi tertulis sebagai berikut!

Tuliskan kembali akibat yang baik (positif) dan tidak baik (negatif) dari perbedaan sikap setiap orang pada keranjang berikut!


Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah meriview Tema 7 perkembangan teknologi tentang informasi alat komunikasimasa kini, menentukan keliling bangun datar dan akibat dari sikap keberagaman. 

Jangan lupa belajar dirumah karena dihari Senin kita akan PAS 


Penutup:

Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 

Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku