topbella

Rabu, 12 April 2023

MATERI AJAR KAMIS, 13 APRIL 2023

Hari, tanggal : Kamis, 13 April 2023
Kelas : 3A
Tema : Perkembangan Teknologi (7)
Subtema : Perkembangan Teknologi Komunikasi (3)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, MTK, PPKn
Pembelajaran : 4 dan 5
Apersepsi :
Pada hari kemarin anak anak sudah belajar tema 7 subtema 3 pembelajaran 3 tentang alat komunikasi dan keliling bangun datar serta membuat suatu karya dekoratif. Hari ini anak anak akan lanjutkan materi tema 7 subtema 3 pembelajaran 4 dan 5 tentang informasi alat komunikasi tulisan, keliling bangun datar dan keragaman budaya indonesia.

Tujuan Pembelajaran :
1. siswa dapat mengidentifikasi informasi dari teks "Alat Komunikasi Tulisan"
2. siswa dapat menentukan suatu keliling bangun datar secara tepat.
3. siswa dapat membedakan kebergaman budaya Indonesia tentang makna Bhineka Tunggal IKa

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video

Dayu meminjam telepon kantor kolam renang untuk menelepon Ibu. Dayu minta izin kepada Ibu untuk mengerjakan tugas kelompok di rumah Siti. Dayu sangat bersyukur karena ada alat bantu yang memudahkan dalam berkomunikasi. Dengan telepon, Dayu dapat langsung berbicara dan mendengarkan suara ibu.
Telepon adalah alat komunikasi secara lisan. Selain alat komunikasi lisan, hingga saat ini alat komunikasi tulisan juga masih terus berkembang.

Bacalah teks berikut!
Lingkari jenis-jenis produk yang dihasilkan oleh teknologi komunikasi.

Setelah membaca teks tentang Alat Komunikasi Tulisan selanjutnya anak sholih sholihah belajar tentang keberagaman budaya Indonesia. 
Amati contoh ragam budaya Indonesia berikut!
Indonesia adalah Negara yang kaya. Indonesia memiliki sekitar 17.000 pulau. Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang memiliki adat dan kebiasaan berbeda.  Indonesia memiliki dasar Negara, yaitu Pancasila. Sila ketiga Pancasila menjadi landasan agar kita selalu hidup rukun.
Semboyan bangsa Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika. Artinya berbeda-beda, namun tetap satu. Semboyan ini kita temukan pada lambang negara Indonesia, Burung Garuda. Indonesia memiliki bermacam budaya yang berbeda, namun semua saling menghargai. Walaupun memiliki perbedaan dalam kebiasaan sehari-hari, pertengkaran dapat dihindari jika kita mau saling memahami. Hal tersebut merupakan pengamalan sila ketiga dari Pancasila.

Carilah informasi melalui kegiatan wawancara mengenai macam-macam suku bangsa teman- temanmu! 

Amati peta lokasi pameran berikut!

Setiap lokasi pameran ditandai dengan garis hijau pada kelilingnya. Garis hijau menunjukkan keliling lokasi pameran. Panggung pameran terletak di atas lantai keramik berbentuk persegi. Kotak-kotak persegi, dapat membantu menghitung
keliling suatu bangun.
Berdirilah pada lantai yang telah diberi tanda menggunakan tali oleh gurumu. Tali tersebut akan membentuk bangun datar. Tali yang membentuk bangun datar menunjukkan keliling dari bangun datar. 

Ayo Berlatih

Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar Tema 7 Subtema 3 pembelajaran 3 tentang informasi alat komunikasi tulisan, menentukan keliling bangun datar dan keberagaman budaya Indonesia. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini besok kita akan belajar tema 7 subtema 3 pembelajaran 6 dan 5 tentang informasi alat komunikasi masa kini dan akibat keragaman dan menentukan keliling pada bangun datar.

Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 
Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku