topbella

Rabu, 01 Februari 2023

MATERI AJAR KAMIS, 02 FEBRUARI 2023

Hari, tanggal : Kamis, 02 Februari 2023
Kelas : 3A
Tema : Cuaca (5)
Subtema : Cuaca, Iklim dan Musim (4)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PPKn
Pembelajaran : 4

Apersepsi : 
Pada hari kemarin kita sudah belajarTema 5 Subtema 4 Pembelajaran 3 tentang perbedaan Cuaca, Iklim dan Musim, pengurangan pecahan berpenyebut sama dan memahami teknik feston. Hari ini anak anak akan melanjutkan materi tentang Tema 5 Subtema 4 Pembelajaran 4 tentang Perbedaan Cuaca, Iklim dan Musim serta manfaat pentingnya keanekaragaman sikap bersatu.

Tujuan Pembelajaran :
Tujuan dari pembelajaran hari ini anak anak dapat menyampaikan informasi tentang perbedaan cuaca, iklim dan musim, dan siswa dapat memahami manfaat dan pentingnya sikap bersatu dalam keanekaragaman.
Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video
Perbedaan antara Cuaca, Musim, dan Iklim
Kita sering mendengar orang menyebutkan istilah cuaca , musim , dan iklim . Namun, banyak yang masih bingung tentang perbedaannya. Cuaca, musim, dan iklim merupakan keadaan udara di wilayah tertentu. Cuaca diamati pada suatu wilayah yang kecil dan waktu yang singkat. Cuaca ini diamati harian dan dapat berubah tiap harinya. Kadang-kadang pada hari yang sama, cuaca bisa berubah.
Cuaca harian biasanya dilambangkan dengan simbol berikut.
Musim adalah keadaan cuaca yang paling sering terjadi di waktu tertentu. Saat musim hujan adalah pada waktu tertentu cuaca hujan sering terjadi. Musim kemarau adalah waktu tertentu yang sedikit hujan. Musim terjadi dalam waktu yang lebih lama daripada cuaca. Musim diamati dalam hitungan bulan. Indonesia merupakan negara tropis. Hanya terdapat dua musim: musim kemarau dan
musim hujan. iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan aktu yang panjang. Iklim diamati dalam itungan tahun. 

Dari teks bacaan diatas, Buatlah percakapan dengan teman sebelahmu mengenai perbedaan cuaca, iklim dan musim

Setelah anak anak membuat suatu percakapan sekarang anak anak akan belajar mengenai PPKn tentang bersatu dalam keberagaman. Bersatu dalam keberagaman sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan persatuan pekerjaan menjadi cepat selesai. Selain itu dengan persatuan juga meningkatkan rasa persaudaaran.

Didalam lingkungan sekolah, kita pasti akan berbaur dengan siswa-siswa lain yang berasal dari daerah yang berbeda dengan tempat kita tinggal. Mereka juga memiliki latar belakang yang berbeda-beda seperti agama dan dan pekerjaan orang tua anak anak yang berbeda. Walau berbeda, penting untuk selalu hidup saling berdampingan dengan baik. Dengan begitu, Indonesia tidak akan mudah terpecah belah. 

Latihan Soal
Sebutkan manfaat sikap bersatu dalam suatu keberagaman?
1. Menumbuhkan sikap saling menghargai
2. .......................................................
3. .......................................................
4. .......................................................
5. .......................................................

Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah ternyata sudah belajar membuat percakapan mengenal perbedaan cuaca, iklim dan musim dan juga sudah belajar mengidentifikasi manfaat dan pentingnya bersatu dalam keberagaman. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, besok kita akan belajar tema 5 subtema 4 pembelajaran 5 mengenai yaitu membuat suatu kalimat dari kata kata yang berkaitan dengan cuaca, iklim dan musim serta belajar sikap bersatu dalam keanekaragaman dan pengurangan pecahan berpenyebut sama.

Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku