topbella

Senin, 30 Januari 2023

MATERI AJAR SELASA, 31 JANUARI 2023

Hari, tanggal : Selasa, 31 Januari 2023
Kelas : 3A
Tema : Cuaca (5)
Subtema : Cuaca, Iklim dan Musim (4)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PPKn
Pembelajaran : 2

Apersepsi : 
Pada hari kemarin kita sudah belajarTema 5 Subtema 4 Pembelajaran 1 tentang Cuaca, Iklim dan Musim mengenai membuat suatu karya seni dengan menjahit dan menempel. Hari ini anak anak akan melanjutkan materi tentang Tema 5 Subtema 4 Pembelajaran 2 tentang Perbedaan Cuaca dan Iklim serta keanekaragaman sikap bersatu.

Tujuan Pembelajaran :
Tujuan dari pembelajaran hari ini anak anak dapat membedakan informasi tentang cuaca dan iklim, dan siswa dapat memahami contoh sikap bersatu dalam kerja bakti.
Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video
Tanda-tanda datangnya musim hujan makin terlihat. Cuaca hujan dan berangin lebih sering terjadi. Penduduk desa sedang bersiap-siap menghadapi musim hujan. Semua warga akan melakukan kerja bakti pada hari Minggu. Kerja bakti dilakukan agar saat musim hujan tidak terjadi banjir di desa mereka. Ada beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan saat kerja bakti, yaitu:
• membersihkan saluran air dan bantaran sungai,
• menebang cabang pohon yang lebat agar tidak tumbang,
• membersihkan sampah di jalan desa.
Setiap warga boleh memilih jenis kerja bakti yang sesuai.
Udin dan teman-teman juga ikut dalam kerja bakti tersebut. Mereka memilih pekerjaan yang sama, yaitu menyapu dan membersihkan sampah di jalan desa. 
Terlihat Edo sedang memunguti sampah, sedangkan Udin memasukkan sampah-sampah ke tempat sampah. Sampah harus dibuang pada tempatnya. Jika sampah dibuang sembarangan, apalagi ke saluran air, maka bisa terjadi banjir.
Sambil bekerja, mereka pun bercakap-cakap.
Bacalah percakapan mereka berikut ini.
Dari cerita dan percakapan diatas, menurut anak-anak semua Apa pentingnya bersatu dalam keberagaman? 

Kerja bakti telah selesai. Udin dan teman-teman pulang ke rumah. Saat berjalan, Udin bercerita. Ia mendapatkan informasi tentang cuaca, musim, dan iklim dari buku yang dibawa oleh ayahnya. 
Berikut informasi yang diperoleh Udin.
Informasi apa saja yang dapat kamu temukan dalam teks bacaan tentang cuaca dan iklim? Diskusikan bersama teman disebelahmu. Identifikasi informasi dalam teks bacaan tersebut.
Lalu, tuliskan pokok-pokok informasinya pada kolom yang tersedia berikut.
Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah ternyata sudah belajar mengenal perbedaan cuaca, iklim dan musim dan juga sudah belajar pentingnya sikap bersatu dalam keberagaman. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, besok kita akan belajar tema 5 subtema 4 pembelajaran 3 mengenai yaitu informasi cuaca, iklim dan musim, pengurangan pecahan dengan berpenyebut sama dan tentang teknik foster. 

Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku