topbella

Rabu, 18 Januari 2023

MATERI AJAR KAMIS, 19 JANUARI 2023

Hari, tanggal : Kamis, 19 Januari 2023
Kelas : 3A
Tema : Cuaca (5)
Subtema : Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia (3)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PKn
Pembelajaran : 2

Apersepsi : 
Pada hari kemarin kita sudah belajar perubahan cuaca, Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia dan penjumlahan dalam sebuah pecahan serta sudah membuat sebuah poster. Hari ini anak anak akan melanjutkan materi tentang Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 2 mengenai Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia tentang  tanaman dari daerah asal dan proses terjadinya hujan.

Tujuan Pembelajaran :
Tujuan dari pembelajaran hari ini anak anak dapat mengetahui informasi mengenai beragam tumbuhan dan sayur dari berbagai asal daerah anak masing-masing, dan dengan mengamati siswa dapat menuliskan memahami proses terjadinya hujan. 
Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video
Perhatikan percakapan berikut ini!
Setelah melihat percakapan diatas dapat kita ketahui di Sumatra Barat terdapat tanaman padi yang tumbuh dengan subur dan di Papua ada pohon sagu yang menjadi ciri khas daerahnya. Selanjutnya tugas anak anak tuliskan macam tanaman yang ada tumbuh dengan subur didaerah anak anak.
Tabel Tanaman yang Tumbuh Subur di Daerah Asal
Kekayaan daerah juga memberikan kekayaan hayati bagi kita. Berbagai hasil bumi dari tiap daerah dapat kita nikmati. Jadi mari kita semua bersyukur atas segala nikmat yang sudah Allah kasih ke bumi kita.

Selanjutnya anak sholih sholihah akan belajar mengenai proses terjadinya hujan.
Tahukah kamu dari mana asal hujan? Dan ke mana perginya air hujan?
Perhatikan gambar di bawah ini!
Hujan adalah kejadian turunnya air ke permukaan bumi. Hujan juga merupakan salah satu bagian dari siklus biologi yang berasal dari air laut dan air daratan.
 
Susunlah gambar sehingga menjadi urutan yang tepat! 
Jadi dapat disimpulkan bahwa Hujan mengalami proses penguapan membentuk uap air yang terangkat dan terbawa angin di atmosfer kemudian mengembun dan akhirnya jatuh kedaratan atau laut sebagai air hujan. Sebagian air hujan yang turun ke permukaan akan diserap oleh tanaman,sebagian lainnya akan menguap kembali ke atmosfer dan selebihnya akan mengalir di permukaan tanah, meresap ke dalam tanah lalu masuk kesungai dan mengalir menuju ke laut. 

Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah ternyata sudah belajar proses terjadinya hujan dan macam macam tanaman dari daerah asalSebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, besok kita akan belajar tema 5 subtema 3 pembelajaran 3 mengenai yaitu Pengaruh Perubahan cuaca bagi Kehidupan manusia tentang penjumlahan pecahan, menemukan kata kata yang berkaitan dengan hujan dan belajar membuat seni dekoratif.

Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 







0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku