topbella

Minggu, 25 September 2022

Materi Ajar Senin, 26 September 2022

Hari, tanggal : Senin, 26 September 2022

Kelas : 3A

Tema : Benda di Sekitarku (3)

Subtema : Wujud Benda (2)

Pembelajaran : 3 dan 4

Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengidentifikasi sifat benda padat dan benda cair.
2. Siswa mengenal konversi satuan panjang baku.
3. Siswa dapat mengidentifikasi gerakan lambat kaki saat menari. 
4. Siswa dapat mengidentifikasi kegiatan gotong royong di lingkungan sekitar dengan beragam.
5. Siswa dapat menirukan gerakan melempar dan memantulkan bola dengan tepat.

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
hallo good morning anak sholih sholihah 3A, how are you today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar ya
Okey class before starting our learning pray, dhuha, murojaah and listen tausiyah first

Apersepsi: 
Sebelum kita belajar hari ibu guru mau bertanya dulu dengan anak anak sholih-sholihah, Siapa yang hari ini shalat subuh? Masyaallah hebat anak anak sholih sholihah karena sudah melaksanakan kewajibannya dan yang belum besok harus shalat subuh yaa karena shalat itu kewajiban bagi setiap muslim yang mana kalau wajib itu jika dikerjakan akan mendapat pahala dan jika tidak kita kerjakan akan mendapat dosa. 
Oke pada pertemuan sebelumnya kita belajar tentang apa ya anak sholih-sholihah? Iya benar pada pertemuan lalu kita belajar tentang macam macam benda lebih tepatnya tentang sifat sifat dari wujud benda dan kita juga belajar tentang perilaku terpuji salah satunya yaitu tolong menolong terhadap orang lain yang mana perilaku tolong menolong merupakan cerminan dari sila Pancasila ke 2. 
Dan untuk hari ini kita melanjutkan ya materinya. Perhatikan baik baik anak sholih-sholihah..

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini!
Lets check this video


https://www.youtube.com/watch?v=pvRf5-Zxdy0 

Benda Padat
Salah satu wujud benda antara lain padat. Banyak contoh benda padat di sekitarmu. Batu, pensil, dan
kursi merupakan benda padat. Mengapa benda-benda tersebut digolongkan sebagai benda padat?
Yuk, cari tahu sifat benda padat tersebut! Lakukan pengamatan sebagai berikut!
1. Amatilah benda-benda padat di sekitarmu!
2. Tuliskan sifat benda padat berdasarkan pengamatanmu!  

Melihat Benda Cair Lebih Dekat
Seperti benda padat, benda cair juga banyak di sekitar kita. Sekitar 70% permukaan bumi tertutup
oleh air laut. Tubuh manusia hampir 2/3 bagian merupakan cairan. Air adalah benda cair yang sering ditemui. Sebutkan benda lainnya yang termasuk benda cair. Pernahkah kamu melihat air dalam gelas tumpah? Bagaimanakah bentuk air tersebut? Apakah bentuk air yang tumpah sama dengan air di dalam gelas?

Ayo Mencoba 
Sekarang, lakukan percobaan untuk mengetahui sifat benda padat dan sifat benda cair. 
 
Mengetahui Sifat Benda Padat
• Lakukan secara berkelompok. Kumpulkan benda-benda padat di sekitar sekolahmu.
• Alat dan Bahan
1. Ember
2. Gelas
3. Kantong plastik
• Langkah-Langkah Percobaan
1. Masukkan benda yang kamu kumpulkan ke dalam ember. Kemudian, ke dalam
gelas dan terakhir ke dalam kantong plastik.
2. Catatlah hasil percobaanmu ke dalam tabel di bawah ini. Lihat contoh nomor 1.













Mengetahui Sifat Benda Cair
• Lakukan secara berkelompok.
• Alat dan Bahan
1. Air dan minyak
2. Ember
3. Gelas
4. Kantong plastik
• Langkah-Langkah Percobaan
1. Masukkan air ke dalam ember. Kemudian, ke dalam gelas dan terakhir ke dalam kantong plastik.
2. Lakukan hal yang sama dengan minyak
3. Catatlah hasil pengamatanmu ke dalam tabel di bawah ini! 













Kamu telah melakukan percobaan. Dapatkah kamu menyimpulkan sifat benda padat dan benda cair?
Benda padat mempunyai sifat.....
Benda cair mempunyai sifat......

Setelah kalian mengetahui sifat sifat benda padat dan cair kita akan belajar kembali mengenai satuan panjang untuk mengukur suatu jarak. Apa nama satuan yang digunakan dalam mengukur suatu jarak? Iya hebat anak sholih sholihah satuannya yaitu km dan m. Coba benda yang digunakan untuk mengukur jarak dari rumahmu ke sekolah itu apa ya?
Berapakah jarak yang ditempuh dari rumahmu ke sekolah? Kamu dapat bertanya kepada orang
tuamu nanti. 
contoh soal:
Rumah Falah berjarak 6 km dari sekolah. Jarak dari sekolah ke pasar 7 km. Berapa jarak yang ditempuh Falah dari rumah ke pasar? 
= Jarak yang ditempuh Falah dari rumah ke pasar adalah 6 km + 7 km = 13 km 

Ayo berlatih
untuk mengetahui kalian sudah paham atau belum ayo kita selesaikan soal dibawah ini!
1. Udin dan Beni akan berlomba lari. Jarak yang akan ditempuh 350 m. Lomba pun segera
dimulai. Saat Udin telah sampai ke garis akhir, Beni baru menempuh 200 m. Berapa meter sisa
jarak yang harus ditempuh Beni sampai ke garis akhir?
2. Jarak rumah Edo ke sekolah 2.500 m. Jarak rumah Siti ke sekolah 4.740 m. Berapa meter
perbedaan jarak rumah Siti dan Edo dari sekolah?
3. Udin pergi ke sekolah dengan bersepeda. Jarak yang ditempuh Udin dari rumah ke sekolah 3 km.
Setelah menempuh jarak 2 km dari rumahnya, ban sepeda Udin bocor. Akhirnya, Udin menuntun sepedanya sampai ke sekolah. Berapa km jarak yang ditempuh Udin menuntun sepeda sampai ke sekolah?
4. Lani dan keluarganya pergi ke Bandung naik bus. Jarak Jakarta ke Bandung 130 km. Bus
telah menempuh jarak dari Jakarta ke Bandung sejauh 50.000 m. Berapa km sisa jarak yang
harus ditempuh bus tersebut? 

Setelah kita mengerjakan soal cerita tersebut kita refreshing sejenak dengan bernyanyi yuk..
Ayo Bernyanyi
Dalam bernyanyi diperlukan adanya musik agar terdengar indah dan bagus, Suara musik apakah termasuk dalam sebuah benda? Tentu bukan ya anak sholih-sholihah. Karena suara musik tidak mempunyai massa ataupun menempati ruang (volume).
Mari kita menyanyikan lagu “Barisan Musik”. 



Gerakkanlah kakimu dengan dua jenis gerakan.
Gerakan yang lemah lembut dan gerakan yang kuat!
Lakukan dengan iringan lagu di samping.
Lakukan gerakan kaki yang telah diajarkan sebelumnya!









Bacalah wacana di bawah ini!
Warga kampung tempat Siti tinggal sedang gotong royong. Mereka sedang menyiapkan lahan untuk
bermain anak-anak. Setiap warga membantu dengan caranya masing- masing. Bapak-bapak membantu membersihkan lahan. Ada yang membantu tenaga. Ada yang membantu menyediakan bahan-bahan yang diperlukan. Seperti pasir, semen, cat, dan lainnya. Ibu-ibu dan anak-anak juga tidak mau kalah. Ibu-ibu menyiapkan minuman dan makanan kecil. Anak-anak membantu membawakan makanan dan
minuman. Lahan tempat bermain dapat diselesaikan dengan cepat. Anak-anak bergembira. Karena anak-anak dapat bermain di lapangan. 

Kamu telah membaca cerita di atas! Diskusikan dengan temanmu! Apa yang menyebabkan
pekerjaan cepat selesai!
1.
2.
3.

Tubuh manusia, 2/3 bagian terdiri atas air. Kekurangan cairan akan membuat tubuhmu
lemas. Minumlah air putih sesuai takaran setelah bermain. Seperti habis bermain memantulkan dan
menangkap bola. Permainan diawali dengan melakukan pemanasan. 
Caranya, buatlah dua barisan dan pantulkanlah bola kepada teman di seberangmu! 
Setelah itu, lakukanlah permainan berikut!
Setiap kelompok harus memindahkan bola. Bola dipindahkan dari satu titik ke titik lainnya. Caranya
dengan memantulkan bola sambil berjalan. Siswa yang paling cepat memindahkan, dialah pemenang -
nya. 

Permainan bola diperlukan kerja sama antar-
anggota kelompok. Bentuk kerja sama contohnya
gotong royong. 


Demikian pembahasan materi pembelajaran ke 3 dan 4 hari ini bahwasanya :
Sifat benda padat memiliki berat dan volume serta memiliki sebuah bentuk sedangkan sifat benda cair bentuknya berubah-ubah sesuai dengan wadah/tempatnya dan mengalir dari tinggi ke rendah. Agar pekerjaan cepat selesai kita juga harus dapat bekerjasama dengan orang lain yaitu bergotong royong. 

Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. Silahkan yang hari ini berbuat salah dengan temannya saling memaafkan karena Allah sangat menyukai orang orang yang pemaaf. 
Jangan lupa murojaah dirumah agar hafalan nya tetap terjaga dan yang paling penting jangan lupa sholat 5 waktu karena itu merupakan suatu kewajiban. 
Wassalamualaikum warrahmatulahi wabarakatuh

Tetap semangat anak anak sholihah...

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku