Hari, tanggal : Selasa, 20 September 2022
Kelas : 3A
Tema/ Subtema : 3/1
Pembelajaran : 5
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan proses pengamatan, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang terbuat dari bahan kaca, logam, dan karet dengan tepat.
2. Dengan melengkapi tabel, siswa dapat menyusun informasi tentang benda-benda yang terbuat dari materi bahan kaca, logam, dan karet dengan tepat.
3. Dengan melakukan musyawarah, siswa dapat menceritakan pengalamannya melakukan musyawarah
1. Dengan proses pengamatan, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang terbuat dari bahan kaca, logam, dan karet dengan tepat.
2. Dengan melengkapi tabel, siswa dapat menyusun informasi tentang benda-benda yang terbuat dari materi bahan kaca, logam, dan karet dengan tepat.
3. Dengan melakukan musyawarah, siswa dapat menceritakan pengalamannya melakukan musyawarah
Media Pembelajaran : Video dan Buku Siswa
Apersepsi :
halo anak sholih sholihah sebelum kita mulai pembelajaran kita pagi hari ini kita cek dulu semangat pagi nya. Tepuk Semangat....
MasyaAllah semangat banget ya anak sholih sholihah, sudah siap untuk mulai belajarnya, coba kemaren kita belajar tentang apa ya materinya?
Ya benar kemarin kita belajar tentang benda benda yang terbuat dari bahan kertas dan plastik. Apa saja benda benda tersebut?
wahh hebat anak sholih-sholihah masih mengingatnya, sekarang kita lanjutkan ya materi pembelajaran kita.
Ayo Membaca
Bahan untuk membuat benda tidak hanya berasal dari kayu, kertas, dan plastik. Perhatikan benda-benda yang ada di rumahmu. Benda yang kamu gunakan sehari-hari. Adakah benda yang bukan berasal dari kayu, kertas, atau plastik? Tuliskan bahan yang digunakan untuk membuat benda-benda tersebut. Sebutkan nama benda-benda yang dihasilkannya!Benda dari Kaca
Ada benda-benda yang dibuat dari kaca. Benda tersebut, antara lain
gelas, piring, mangkuk, kaca mata,akuarium, jendela, dan peralatan
laboratorium. Kaca memiliki sifat kedap air dan tembus cahaya. Oleh karena itu, kaca digunakan untuk membuat benda yang tahan air.
Benda dari Logam
Coba amati benda yang ada di rumahmu! Adakah benda yang
dibuat dari logam? Benda-benda tersebut, antara lain panci, penggorengan, sendok sayur, sendok makan, kerangka mobil, dan pagar rumah.gelas, piring, mangkuk, kaca mata,akuarium, jendela, dan peralatan
laboratorium. Kaca memiliki sifat kedap air dan tembus cahaya. Oleh karena itu, kaca digunakan untuk membuat benda yang tahan air.
Benda dari Logam
Coba amati benda yang ada di rumahmu! Adakah benda yang
Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk
dan penghantar panas yang baik.
Benda dari Karet
Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet.
Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara
lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung
tangan. Bagaimanakah sifat karet? Diskusikan bersama temanmu!
Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet.
Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara
lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung
tangan. Bagaimanakah sifat karet? Diskusikan bersama temanmu!
Ayo Mencoba
Kamu telah mengamati benda-benda di sekitarmu. Lengkapilah bagan berikut ini!
A
Ayo Berdiskusi
Kamu telah mempelajari aneka bahan pembentukbenda. Setiap bahan pembentuk benda mempunyai
sifat yang khas. Perhatikan lingkungan kelas dan
sekolahmu! Sebutkan bahan yang biasa digunakan
untuk membuat tempat sampah!
Ya, plastik, kayu, bahkan logam seperti alumunium
dapat dibuat tempat sampah. Sekarang perhatikan
tempat sampah di kelasmu! Terbuat dari apakah
tempat sampah di kelasmu? Apakah jumlahnya
mencukupi? Apakah anak-anak sudah mempunyai
kesadaran dalam membuang sampah di
tempatnya?
Sekarang, musyawarahkan dengan teman
sekelasmu! Bagaimana cara meningkatkan
kebersihan di sekolahmu? Tuliskan hasil musyawarah berikut!
Kemudian, jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apakah setiap anak boleh memberikan pendapatnya saat musyawarah?
2. Mengapa kita harus memberikan pendapat saat bermusyawarah?1. Apakah setiap anak boleh memberikan pendapatnya saat musyawarah?
3. Apa yang terjadi jika hanya satu atau dua orang yang memberikan pendapat?
4. Apakah kita boleh memaksakan pendapat saat musyawarah?
5. Tuliskan pengalamanmu tentang musyawarah. Apakah menurutmu musyawarah sudah berjalan lancar?
Ayo Mencoba
Perhatikan bahan yang digunakan untuk membuat
penggaris! Plastik, kayu, dan alumunium (logam)
adalah bahan yang dapat digunakan untuk
membuat penggaris. Mengapa bahan kaca tidak
digunakan untuk membuat penggaris?
Coba perhatikan satuan yang tertera pada
penggaris. Kamu akan melihat lebih dari satu
satuan panjang.
Ada satuan meter (m), centimeter (cm), dan
milimeter (mm).
Ayo Berlatih
Ubahlah sesuai satuan yang diminta!
1. 200 cm = ... m
2. 500 cm = ... m
3. 6 m = ... cm
4. 400 cm = ... m
5. 7 m = ... cm
6. 2 m 45 cm = ... cm
7. 4 m 32 cm = ... cm
8. 8 m 79 cm = ... cm
9. 4 m 8 cm = ... cm
10. 70 m 9 cm = ... cm
Perhatikan gambar benda yang harus kamu
ukur!
1. Ukurlah bagian benda sesuai gambar!
2. Tuliskan perkiraanmu terlebih dahulu! (ukuran hasil tebakanmu tanpa menggunakan alat ukur)
3. Ukurlah dengan menggunakan alat ukur!
4. Lengkapilah tabel di bawah ini dengan hasil pengukuranmu!
0 komentar:
Posting Komentar