Hari, tanggal : Kamis, 15 September 2022
Kelas : 3A
Tema/ Subtema : 3/1
Pembelajaran : 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan
membaca teks berjudul Aneka Benda-benda di Sekitar Kita, siswa dapat
mengidentifikasi informasi dari teks.
2. Dengan
pengamatan terhadap alat ukur, siswa dapat menyatakan satuan panjang yang
digunakan dengan paling sedikit dua satuan baku dengan tepat.
3. Dengan
menirukan tepukan guru, siswa dapat mengidentifkasi
bentuk pola irama sederhana.
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
hallo class good morning, how are you today?
Okey class before starting our learning pray, dhuha, murojaah and listen tausiyah first
Apersepsi :
halo anak sholih sholihah sebelum kita mulai pembelajaran kita pagi hari ini kita cek dulu semangat pagi nya. Tepuk Semangat....
Oke sudah semangat sekali berarti sudah siap untuk mulai belajarnya, pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas peran tugas setiap profesi dan juga sudah belajar mengenai pecahan. Kita belajar apalagi selain keragaman profesi dan pecahan? Iya pintar anak sholih sholihah kita belajar bermain peran juga ya dan belajar membuat kreasi. Pada hari ini kita akan masuk ke tema baru yaitu tema 3 Benda di Sekitarku. Apa saja benda yang ada di sekitar kita? Iya ada banyak ya ada meja, kursi, papan tulis, buku dan lain sebagainya. Kita mulai ya pembelajarannya anak sholih dan sholihah.
Ayo Membaca
Benda-Benda di Sekitar Kita
Apakah benda itu? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda. Batu, gelas, dan buku juga benda. Dapatkah kamu melihat perbedaannya? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda hidup. Sementara batu, gelas, dan buku merupakan benda mati. Benda adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang. Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang. Benda-benda itu juga dapat ditimbang.
Bagaimana membedakan benda dengan bukan benda?
Apakah cahaya termasuk benda? Bagaimana dengan panas?
Cahaya dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan panas tidak dapat ditimbang.
Ayo Mengamati
Kamu telah membaca wacana tentang benda. Amati lah gambar-gambar di bawah ini. Lingkarilah pada gambar yang bukan ter masuk benda!
Ayo Berlatih
Kamu telah mempelajari tentang jenis, sifat fisik, dan ciri benda. Selanjutnya, lengkapilah tabel berikut ini!
Kamu telah mempelajari tentang jenis, sifat fisik, dan ciri benda. Selanjutnya, lengkapilah tabel berikut ini!
Apakah kamu pernah melihat benda-benda di bawah ini?
ukur lainnya. Tuliskan satuan panjang yang kamu ketahui di bawah ini!
Ayo Berlatih
Bagaimana cara menggunakan penggaris untuk mengukur? Perhatikan pengarahan dari gurumu. Tentukan hasil pengukuran pada gambar benda- benda di bawah ini!
Benda dapat dibuat dari bermacam-macam bahan. Ada benda yang terbuat dari batu, kayu, besi, kaca,plastik, dan lainnya. Setiap benda dapat menghasilkan bunyi yang khas jika diketuk. Benda-benda tersebut menghasilkan bunyi yang berbeda.
Ayo kita dengarkan bunyi-bunyian dari berbagai alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah
alat musik yang tidak bernada, namun dapat menghasil kan irama lagu. Ada berbagai macam
alat musik ritmis. Berikut ini beberapa contoh alat musik ritmis.
alat musik yang tidak bernada, namun dapat menghasil kan irama lagu. Ada berbagai macam
alat musik ritmis. Berikut ini beberapa contoh alat musik ritmis.
menggunakan tepukan tangan untuk mengiringi lagu. Mari kita berlatih membuat pola irama lagu. Caranya dengan menggunakan alat musik ritmis atau pun tepukan tangan.Apakah kamu pernah memainkan alat musik di atas? Selain menggunakan alat musik, kita dapat
0 komentar:
Posting Komentar