topbella

Kamis, 16 Februari 2023

MATERI AJAR JUM'AT, 17 FEBRUARI 2023

Hari, tanggal : Jum'at, 17 Februari 2023
Kelas : 3A
Tema : Energi dan Perubahannya (6)
Subtema : Perubahan Energi (1)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PPKn
Pembelajaran : 2

Apersepsi :
Pada hari kemarin kita sudah belajar tema 6 subtema 2 tentang satuan waktu, perubahan energi. Hari ini anak anak akan masuk dengan tema 6 subtema 2 pembelajaran 2 tentang perilaku dalam perubahan energi.
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa mampu mengidentifikasi contoh benda yang mengalami perubahan energi dengan benar.
2. siswa mampu menentukan mengidentidikasi perilaku tidak baik dalam perubahan energi.


Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video
Perubahan energi bukan hanya terjadi di dalam tubuh manusia. Perubahan energi dapat dilihat pada peralatan yang kita gunakan sehari-hari. Pelajarilah lebih lanjut contoh perubahan energi.

a. Perubahan energi listrik menjadi energi panas 
Peristiwa perubahan energi ini dapat terjadi pada seterika listrik. Saat kabel seterika diberi aliran listrik, seketika itu energi listrik berubah menjadi energi panas. Peristiwa yang sama juga terjadi pada kompor listrik dan penanak nasi
listrik. contohnya setrika, mejikom
b. Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak 
Perubahan energi lainnya adalah perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Lihatlah alat-alat berikut. Saat menggunakan peralatan tersebut, terjadi perubahan energi listrik menjadi energi gerak.
contohnya: kipas, blender
c. Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Panas
Contoh perubahan energi kimia menjadi energi panas dapat dilihat pada kompor minyak tanah. Sebelum digunakan kompor diisi dengan minyak tanah terlebih dahulu. Kompor dinyalakan dengan api. Timbullah panas. Dengan energi panas itu kita dapat memasak nasi, memasak air, menggoreng ikan, dan lain-lain. Energi kimia lainnya adalah gas. Gas dapat digunakan untuk menyalakan kompor. Saat kompor gas menyala terjadi perubahan energi kimia menjadi energi panas. contoh: kompor gas

d. Perubahan Energi Gerak Menjadi Energi Bunyi
Contoh perubahan energi gerak menjadi energi bunyi dapat kita lihat saat seorang pemain drum memainkan alat musik drumnya. Ia menggunakan energi geraknya untuk membunyikan drum. Contoh lainnya yaitu saat kentongan dipukul. Energi gerak pemukul kentongan berubah menjadi energi bunyi.

Energi adalah nikmat Tuhan yang berguna bagi kelangsungan hidup. Semua orang berhak memanfaatkan energi yang sudah dianugerahkanNya. Kita berhak menggunakan energi tersebut. Tapi kita juga memiliki kewajiban terhadap energi. Kita wajib menggunakan energi dengan bijak. Energi di dalam tubuh harus digunakan untuk sesuatu yang baik dan bermanfaat.
Berikut ini adalah contoh seseorang yang memanfaatkan energi untuk hal yang bermanfaat. Contohnya seorang guru. Ia mengeluarkan energinya untuk
mengajar. Ia curahkan tenaga agar murid- muridnya menjadi cerdas
dan terampil. 
Guru berharap kelak murid-muridnya menjadi orang yang berguna.
Demikian juga seorang petani. Ia menggarap sawahnya dengan sekuat tenaga. Energinya digunakan untuk mencangkul dan menanam padi di sawah. Di bawah terik matahari yang menyengat dia tetap bekerja.
Bagaimana pendapatmu jika ada orang yang menggunakan energi untuk hal yang tidak baik? Apa yang akan kamu lakukan terhadap orang tersebut?
Tuliskan pendapatmu di bawah ini!
Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar Tema 6 Subtema 2 pb 2 tentang contoh perilaku dalam perubahan energi. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini besok kita akan belajar melanjutkan tema 6 dan masuk dengan subtema 2 pembelajaran 3 tentang contoh perubahan energi.

Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku