topbella

Rabu, 06 September 2023

MATERI AJAR KAMIS, 07 SEPTEMBER 2023

 


Tema 2                : Udara Bersih Bagi Kesehatan

Sub tema 2         : Pentingnya Udara Bersih bagi Pernafasan

Pembelajaran   : 6 

Muatan pelajaran: PPKN KD 3.2 dan 4.2

Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2


 1. Sapaan 


Hello, how are you my lovely student?
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yarobbalamin 
jangan lupa untuk mengerjakan solat duha dan murojaah ya nak...

2. Tujuan pembelajaran
  1. Dengan membaca teks bacaan dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan tentang musyawarah.
  2. Dengan berdiskusi, siswa mampu menggali informasi dari teks berkaitan dengan pertanyaan apa, siapa, di mana, mengapa, dan bagaimana.
  3. Dengan berdiskusi siswa dapat menuliskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai peserta musyawarah. 
  4. Dengan membuat peta pikiran, siswa dapat menjelaskan unsur-unsur yang harus dipersiapkan untuk memperagakan suatu karya tari yang telah dipilih.
3. Apersepsi 
adakah yang masih ingat materi yang kemarin? ..... iya betul kemarin kita sudah membahas materi tentang penyakit yang terjadi pada sistem pernapasan, nah sekarang kita akan belajar terkait tentang mengambil keputusan dengan musyawarah di tema 2 subtema 2 pembelajaran 6

lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya..

4. Materi Ajar

PPKn

Apa yang dimaksud musyawarah? Apa yang harus kita lakukan sebagai peserta musyawarah? Nilai-nilai apa yang terkandung dalam kegiatan musyawarah? 
Ayo, bacalah uraian berikut.
Ciri-ciri musyawarah untuk mufakat antara lain sebagai berikut.
1. Sesuai dengan kepentingan bersama.
2. Usul atau pendapat yang disampaikan mudah dipahami dan tidak memberatkan.
3. Dalam musyawarah, pertimbangan moral lebih diutamakan dan bersumber dari hati nurani yang jujur.
4. Pembicaraan harus dapat diterima dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani.
Dalam pelaksanaan musyawarah untuk mencapai mufakat kita harus
berpedoman pada prinsip-prinsip dan aturan musyawarah, antara lain sebagai berikut.
1. Musyawarah dilandasi dengan akal sehat dan hati nurani yang luhur.
2. Musyawarah dilandasi semangat kegotongroyongan dan kekeluargaan.
3. Mengutamakan kepentingan umum.
4. Menghargai pendapat orang lain.
5. Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa.
6. Melaksanakan keputusan bersama dengan dilandasi itikad baik dan penuh rasa tanggung jawab.
Tata cara dan persyaratan musyawarah antara lain sebagai berikut.
1. Peserta musyawarah harus hadir sebelum musyawarah dimulai.
2. Musyawarah dimulai jika peserta musyawarah telah mencapai kuorum. Kuorum adalah penetapan jumlah minimum anggota yang harus hadir pada saat musyawarah.
3. Ada susunan kepanitiaan yang minimal terdiri dari: ketua, notulis, dan peserta musyawarah.
4. Setiap peserta musyawarah berhak menyampaikan pendapat.
5. Setiap peserta musyawarah harus menghargai pendapat orang lain.
6. Pendapat yang disampaikan harus dapat diterima akal sehat, tidak untuk kepentingan pribadi atau golongan, tidak menimbulkan perpecahan, sesuai dengan norma, dan tidak menyinggung perasaan orang lain.
Cara-cara mengeluarkan pendapat antara lain sebagai berikut.
1. Mengacungkan tangan sebagai tanda izin bicara.
2. Berbicara setelah dipersilakan.
3. Kalau ada yang berbicara menunggu sampai pembicaraan selesai.
4. Bersikap sopan.
5. Suara cukup jelas.
Sikap dalam musyawarah antara lain sebagai berikut.
1. Menghargai/menghormati pendapat orang lain.
2. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
3. Tidak boleh mencela pendapat orang lain.
4. Tidak boleh memotong pembicaraan orang lain

Bahasa Indonesia
Menjelaskan Informasi suatu teks

Kalian sudah mengetahui gangguan dan penyakit pada organ pernafasan. Kamu juga telah membuat daftar pertanyaan yang berisi informasi yang berkaitan dengan penyakit yang mengganggu organ pernafasan. 

Dari bacaan tentang musyawarah di atas, buatlah daftar pertanyaan dan jawaban.

Contoh:

Apa yang dimaksud dengan keputusan bersama? 
Keputusan bersama adalah suatu keputusan yang sudah ditetapkan berdasarkan pertimbangan, pemikiran, dan pembahasan yang matang.

6. Evaluasi
 Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar!
1. Beribadah merupakan contoh bentuk tanggung jawab manusia terhadap …………………...…………
2. Menyirami tanaman menunjukkan tanggung jawab terhadap …………………………………………….
3. Membuang sampah pada tempatnya merupakan tanggung jawab terhadap ………………………….. 
4. Sesuatu yang harus diterima disebut ………………………………………………………………………..
5. Pelaksanaan hak dan kewajiban yang dimiliki manusia harus dilandasi sIkap …………………….....
6. Menjaga kebersihan lingkungan adalah wujud .......................................... kita terhadap masyarakat.
7. Berbuat baik kepada orang di sekitar rumah termasuk kewajiban kita di lingkungan ………………….
8. Jika melihat teman mengalami kesulitan di jalan.tanggung jawab kia adalah …………….…………….
9. Menjaga kesehatan tubuh termasuk dalam tanggung jawab terhadap ………………………………….
10. Kerja bakti membersihkan selokan merupakan wujud tanggung jawab di lingkungan ……………….

7. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu ya nak

 8. Kesimpulan
Dalam pertemuan sebelumnya yaitu tema 2 subtema 2 pembelajaran 5 pada hari rabu, dapat disimpulkan, 12,5 % siswa yaitu sebanyak 3 orang siswa dari total 24 siswa kelas 5b masih belum memahami materi tentang gangguan dalam sistem pernapasan
Wassalamualaikum.wr.wb.

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku