topbella

Selasa, 01 Agustus 2023

MATERI AJAR RABU, 02 AGUSTUS 2023

 

TEMA  1                : Organ Gerak Hewan dan Manusia

SUBTEMA 2          : Manusia dan Lingkungannya

PEMBELAJARAN 3: IPS, PPKn dan B.Indonesia

HARI/TANGGAL   : Rabu, 02 Agustus 2023

1. Sapaan 

Hello, how are you my lovely student?
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yarobbalamin 
jangan lupa untuk mengerjakan solat duha dan murojaah ya nak...

2. Apersepsi 
Alhamdulillah kita kemarin sudah belajar tentang menuliskan ide pokok dalam teks bacaan dan nama nama tulang, hari ini kita akan belajar tentang persebaran penduduk Indonesia.

lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya..
pembelajaran 3

3. Tujuan Pembelajaran 
  1. Dengan mengamati peta, siswa mampu mengidentifikasi potensi kekayaan alam bangsa Indonesia secara seksama.
  2. Dengan mengamati peta, siswa mampu mengidentifikasi kepadatan penduduk tiap-tiap provinsi secara kritis.
  3. Dengan mengamati peta, siswa mampu menunjukkan asal suku-suku bangsa yang ada di Indonesia secara tepat
  4. Dengan diskusi, siswa mampu menunjukkan daerah-daerah persebaran agama di Indonesia pada peta secara benar. 

4. Materi Ajar
  • Materi IPS
Indonesia merupakan bangsa yang dikaruniai Tuhan dengan sumber daya alam yang sangat beragam dan melimpah. Mulai dari keragaman potensi alamnya, sampai keadaan penduduknya. Indonesia tidak hanya dikaruniai sumber daya alam saja, tapi juga kondisi kependudukannya, jumlah penduduk sekarang ini sekitar 254 juta jiwa. Kondisi Indonesia yang berupa kepulauan ternyata memengaruhi kepadatan penduduknya.  Biasanya kepadatan penduduk di suatu pulau atau wilayah itu dipengaruhi oleh banyak faktor. Seperi faktor pendidikan, kesehatan, transportasi, dan sebagainya. 

Pulau Manakah yang penduduk nya paling banyak?
Berdasarkan sebaran penduduk, Pulau Jawa menduduki posisi teratas dengan jumlah penduduk yang paling banyak yakni 55,94 persen, diikuti Sumatera 21,73 persen, Sulawesi 7,43 persen, Kalimantan 6,13 persen, Bali dan Nusa Tenggara 5,57 persen, Papua 2,02 persen, dan Maluku 1,17 persen.

Wilayah Indonesia yang sangat luas dan berupa kepulauan telah mengakibatkan
keberagaman penduduknya, salah satunya adalah keberagaman suku. Letak geografis Indonesia bisa jadi faktor penyebab keragaman masyarakat Indonesia.
Macam macam suku di Indonesia berdasarkan pulau:
1. Pulau Sumatera
a. Suku Aceh
Aceh merupakan wilayah yang pertama kali dimasuki ajaran Islam, oleh karenanya daerah ini memiliki sebutan Serambi Mekah. Suku bangsa Aceh terdiri atas Gayo dan Aceh itu sendiri.

b. Suku Batak
Suku Batak mendiami wilaya Sumatera Utara dan terbagi atas Batak Toba, Batak Karo, Batak Simalungun, Batak Pakpak, Batak Angkola, dan Batak Mandailing.
Karakteristik budaya Batak yakni adanya marga. Biasanya, marga orang Batak terlihat dari nama yang digunakannya, seperti Akbar Tanjung (berarti bermarga Tanjung) atau Abdul Haris Nasution (berarti bermarga Nasution).

c. Suku Minangkabau
Suku Minangkabau menempati wilayah Provinsi Sumatera Barat dan sering disebut suku bangsa Padang. Karakteristik dari tata kehidupan sosial budaya suku Minang terlihat dari bentuk rumah penduduknya yang dinamakan Rumah Gadang.

2. Pulau Jawa
a. Suku Betawi
Suku Betawi menempati wilayah DKI Jakarta dan merupakan penduduk asli daerah tersebut. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Betawi dengan dialek yang dipengaruhi budaya Cina, Arab, dan Eropa.

b. Suku Sunda
Selanjutnya ialah suku Sunda. Suku ini menempati hampir seluruh wilayah Provinsi Jawa Barat. Suku Sunda terbagi menjadi dua, yaitu Sunda Priangan dan Sunda Banten. Ciri khas dari suku Sunda dapat dilihat dari bahasa, bentuk rumah, sistem kekerabatan dan kesenian. Bahasa yang digunakan yaitu bahasa Sunda.

c. Suku Jawa
Suku Jawa mendiami wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Bahasa yang digunakan ialah bahasa Jawa dengan beberapa macam dialek seperti dialek Semarang, Surakarta, dan Surabaya. Mata pencaharian masyarakat suku Jawa cukup bervariatif, mulai dari bertani, industri, hingga sektor jasa.

3. Pulau Kalimantan
Di Kalimantan, suku bangsa yang utama ialah Dayak. Penduduknya menggunakan bahasa Dayak, mereka terkenal sebagai pengayam kulit rotan. Hasil kerajinan suku Dayak banyak tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, seperti tikar, keranjang, dan topi.

4. Pulau Bali
Sesuai dengan nama pulaunya, suku Bali menempati Pulau Bali. Tata budaya masyarakat suku Bali banyak diwarnai oleh pengaruh budaya Hindu dan Budha.
Masyarakat Bali mengenal sistem kasta, sebuah sistem yang dianut oleh mereka yang memeluk agama Hindu. Kasta tertinggi ke terendah terdiri atas Brahmana, Ksatria, Waisya, dan Sudra.

5. Papua
a. Suku Asmat
Suku Asmat merupakan suku yang menetap di Papua bagian selatan. Mereka terkenal dengan keuletannya membuat ukiran patung. Seni tersebut cukup terkenal di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.
Suku Asmat banyak tinggal di rumah-rumah panggung yang dinamakan tysem. Pemimpin suku Asmat dianggap sederajat dengan warga-warga lain, namun ia harus lebih pandai dan ahli dalam suatu aktivitas tertentu.

b. Suku Dani
Suku Dani banyak mendiami di wilayah Pegunungan Jaya Wijaya. Suku ini memiliki tradisi unik yang disebut Bakar Batu.

c. Suku Arfak
Suku lainnya yang ada di Papua ialah suku Arfak. Suku bangsa tersebut banyak menetap di Anggi Manokwari.

6. Kepulauan Maluku
a. Suku Ambon
Suku Ambon mendiami Provinsi Maluku. Suku ini dikenal aktif melaut karena kondisi geografis di wilayah Maluku berupa kepulauan.
Ciri khas suku Ambon adalah penggunaan alat musik tifa. Tifa mirip dengan gendang yang dimainkan dengan cara dipukul.

b. Suku Ternate
Suku Ternate banyak menetap di wilayah Pulau Ternate, Pulau Obi atau Pulau Bacan. Sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani atau nelayan.

7. Sulawesi
a. Suku Minahasa
Suku ini cukup terkenal dan mendapat sebutan orang Manado. Suku Minahasa mendiami seluruh wilayah Sulawesi bagian utara.

b. Suku Toraja
Suku Toraja banyak ditemukan di wilayah Sulawesi Selatan. Suku tersebut terkenal budayanya yang menyimpan jenazah di dalam gua-gua tebing.

Selain keberagaman suku Indonesia juga memiliki keragaman agama. 
Ada enam agama yang diakui oleh pemerintah di Indonesia, antara lain Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. 

  • Materi PPKn
Menjaga kerukunan beragama merupakan perilaku yang baik yang harus
dilakukan oleh siapa pun. Hal tersebut juga mencerminkan penerapan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila Pancasila, terutama Sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Setiap sila dalam Pancasila memiliki nilai-nilai luhur yang berbeda satu sama lain. 
Pancasila menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia, maka dari itu perilaku
dan sikap masyarakatnya haruslah mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila.
Meskipun demikian, sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari perilaku
orang-orang sekitar kita yang tidak mencerminkan nilai-nilai Pancasila.
Berikut beberapa contoh perilaku yang tidak mencerminkan nilai-nilai
Pancasila.

  • Materi B.Indonesia
Ide pokok/pikiran utama/gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Cara menentukan ide pokok: Membaca kalimat dalam paragraf satu demi satu, menentukan inti paragraf tersebut. Inti paragraf itulah yang disebut ide pokok/pikiran utama/gagasan utama.

- Kalimat utama/ kalimat topik
Kalimat utama/ kalimat topik ialah kalimat yang memuat pikiran utama/ide pokok/ gagasan utama.

- Kalimat penjelas/ kalimat pengembang
Kalimat penjelas/ kalimat pengembang adalah kalimat-kalimat yang isinya merupakan penjelasan, uraian, atau berupa rincian-rincian detail tentang ide pokok suatu paragraf.


5. Evaluasi 
Ayo Berlatih
1. Pasangkan antara pulau dengan suku bangsa yang tepat dengan
menarik garis. 

2. Tuliskan nilai nilai luhur yang terdapat dalam sila-sila Pancasila

6. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini tentang persebaran suku budaya dan agama di Indonesia dan nilai nilai Pancasila, semoga ananda sholeh sholeha memahami penjelasan dari ibu guru. Untuk pembelajaran selanjutnya, besok kita akan belajar tema 1 subtema 2 pembelajaran 4 tentang kenampakan alam di Indonesia yaitu persebaran flora dan fauna, apabila ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan ke ibu/bapak guru ya..

Wassalamualaikum.wr.wb.

0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku