topbella

Minggu, 22 Januari 2023

SENIN, 23 JANUARI 2023

Hari, tanggal : Senin, 23 Januari 2023
Kelas : 3A
Tempat : Masjid Al-Azhar
Waktu : 07.30-09.30


Pada hari ini anak anak akan mendengarkan tausyiah untuk memperingati Bulan Rajab. Siapa yang tau bulan Rajab itu apa? Iya bulan Rajab adalah 2 bulan sebelum bulan Ramadhan berarti sebentar lagi kita akan bertemu bulan yang penuh dengan rahmat Allah bulan suci Ramadhan. 
Oleh karena itu, bulan Rajab bisa dimanfaatkan sebagai momentum penting. 

Di bulan ini, kita bisa berlatih beribadah dengan lebih tekun sebelum bulan puasa. Mulai dari puasa Rajab, rutin berdoa, sampai rajin beristigfar. Bulan rajab adalah satu dari empat al asyhur al-hurum atau bulan-bulan haram, bulan-bulan yang suci dan mulia, yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Allah menyebut 4 bulan tersebut sebagai bulan-bulan haram karena pada awalnya peperangan di dalamnya diharamkan. Ada beberapa keutamaan dalam bulan Rajab ini, simak video berikut!

Keutamaan Bulan Rajab:

Di antara keutamaan bulan Rajab bahwa malam satu Rajab adalah salah satu malam yang mustajab bagi doa sebagaimana hal itu ditegaskan oleh Imam Syafi’i dalam kitab Al-Umm sebagai berikut: 
Telah sampai berita pada kami bahwa dulu pernah dikatakan: Sesunguhnya doa dikabulkan pada 5 malam: malam Jumat, malam hari raya Idul Adlha, malam hari raya Idul Fitri, malam pertama bulan Rajab dan malam nishfu Sya'ban.
Pada bulan Rajab ini, kita dianjurkan untuk memperbanyak amal kebaikan dan ketaatan. Salah satunya adalah memperbanyak puasa. Kita disunahkan untuk memperbanyak puasa di bulan Rajab seperti halnya juga disunahkan untuk memperbanyak puasa di 3 bulan haram yang lain, Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram.
Pada bulan Rajab, ada beberapa peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah umat Islam. Hal ini tentu bukanlah kebetulan semata, akan tetapi menunjukkan bahwa Rajab adalah salah satu bulan yang mulia. Salah satunya yaitu peristiwa Isra Mi’raj.  

Demikianlah penjelasan mengenai keutamaan bulan rajab, semoga bermanfaat dan dapat diamalkan pada bulan rajab ini keistimewaannya oleh anak sholih sholihah sekalian. 

 




0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku