topbella

Minggu, 11 September 2022

Materi Ajar Senin, 12 September 2022

Hari, tanggal : Senin, 12 September 2022

Kelas : 3A

Tema/Subtema : 2/4

Pembelajaran : 3 dan 4

Tujuan Pembelajaran : 
1. Siswa dapat membuat pertanyaan mengenai cara cara perawatan hewan dengan kaidah EYD yang tepat dan menjawabnya. 
2. Siswa dapat menentukan penggambaran pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 dan 1/4 )  dengan tepat.  
3. Siswa dapat membuat karya keterampilan menggunakan macam-macam teknik potong (merobek dan menggunting) dengan tepat.
4. Siswa dapat menjelaskan tugas dari profesi sesuai perannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila” dengan baik. 
5. Siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan menarik dan mendorong sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengan tepat.


Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Hello good morning student, how are you today?

Okay before starting our learning pray, dhuha, murojaah and listen to tausiah first.

Apersepsi :

Anak anak sholih dan sholihah pada pertemuan sebelumnya kita sudah belajar cara merawat hewan melalui teks yang ada yaitu merawat hewan kelinci. Dan dalam merawat hewan juga diperlukan adanya kerjasama antara anggota keluarga contohnya keluarga dayu yang masing masing memiliki peran dan tugas merawat hewan peliharaannya sehingga dalam merawat hewan peliharaan menjadi ringan. Didalam kelas ini siapa saja yang memiliki hewan peliharaan dan apa peran serta tugas kalian dalam merawat hewan peliharaan kalian?

wahh hebaat anak sholih dan sholihah. Oke pada hari ini kita belajar kembali ya matei mengenai pecahan sederhana

Ayo Berlatih
Siti dan teman-teman mengerjakan tugas bersama
di rumah Udin. Ibu Udin menyiapkan kue untuk
mereka. Ibu memotong kue sama besar. 


Ibu memotong kue menjadi sepuluh bagian sama
besar. Dalam lambang pecahan, ditulis .
Edo memakan 4 potong kue bolu.
Kita dapat menuliskan banyaknya kue bolu yang
dimakan Edo dalam lambang pecahan biasa seperti
berikut. 
Tentukan bagian gambar yang diwarnai menggunakan pecahan biasa!
Pasangkan gambar dengan pecahan biasa yang sesuai dengan cara menarik garis!










Sekarang, cobalah mewarnai gambar sesuai lambang pecahan biasa!

















Ayo Mengamati
Perhatikan gambar berikut ini!
Apa yang sedang dilakukan Beni?

Buatlah cerita sesuai gambar disamping!













Beni suka memelihara ikan.
Ikan dipelihara dalam akuarium.
Sebutkan hal yang perlu diperhatikan dalam
merawat ikan peliharaan! 













Ayo Menulis 
Tahukah kamu apa sebutan untuk orang yang
profesinya menangkap ikan?
Nelayan adalah panggilan terhadap orang yang
bekerja menangkap ikan setiap hari. Mereka
biasanya tinggal di daerah pesisir pantai.
Nelayan menggunakan jaring untuk menangkap
ikan di laut. Lalu menjual hasil tangkapannya kepada
pedagang ikan.
- Apa saja profesi yang ada pada gambar tersebut?
- Tuliskan profesi yang kamu temui pada gambar dan jelaskan!
- Adakah profesi lainya yang berkaitan dengan gambar tersebut?
- Sebutkan dan jelaskan tugas profesi tersebut! 

Menangkap ikan sebaiknya menggunakan jaring agar hanya ikan besar saja yang tertangkap. Orang yang tidak menyanyangi hewan laut, terkadang menggunakan bahan peledak untuk menangkap ikan. Menangkap ikan menggunakan bahan peledak, akan merusak makhluk laut lainnya dan menangkap ikan yang masih kecil. Menangkap ikan sesuai kebutuhan, dan hanya menangkap ikan-ikan besar saja, termasuk sikap menyayangi makhluk hidup laut.

Ayo Mencoba
Perhatikan gambar jaring penangkap ikan berikut ini!
Ayo bermain menjaring ikan!
Lakukan kegiatan seperti petunjuk permainan berikut ini!
1. Buatlah kelompok, masing-masing terdiri dari 8 orang.
2. Setiap kelompok dibagi menjadi dua kelompok lagi. Satu kelompok terdiri dari 3 orang dan kelompok lainnya 5 orang.
3. Buatlah dua lapis lingkaran, lingkaran dalam terdiri dari kelompok yang berisi 3 orang. Lapisan lingkaran luar terdiri dari kelompok yang terdiri dari 5 orang.
4. Kedua kelompok berdiri secara berhadap-hadapan.
5. Siswa di setiap kelompok berpegangan tangan dan angkat tangan dan letakan di depan secara bersama-sama. 
6. Jika guru menyebutkan kata “Jaring”, maka siswa yang berada pada lingkaran luar maju bersama, mendorong tangan, memperkecil lingkaran, menyerupai sebuah jaring yang sedang menangkap ikan. sementara lingkaran dalam juga bergerak mundur, menarik tangan, dan mem perkecil lingkaran seakan-akan tertangkap jaring.


7. Jika guru menyebutkan kata “Ikan”, maka siswa yang berada pada lingkaran luar, menarik tangan
dan mundur bersama memperbesar lingkaran, seakan-akan jaring terbuka. Sementara lingkaran
dalam juga bergerak maju, mendorong tangan, dan memperbesar lingkaran seakan-akan ikan
akan keluar jaring. 



Bagaimana perasaanmu setelah bermain “Ikan dan Jaring”?
Manakah bagian yang paling kamu sukai?
Manakah bagian yang paling sulit kamu lakukan?





0 komentar:

Posting Komentar

About

Mengenai Saya

Foto Saya
Nur Aisyah, S. Pd.
Lihat profil lengkapku